Comscore Tracker

6 Kegiatan di Pagi Hari dalam Bahasa Jepang, yuk Pelajari Bersama!

Tim bangun tidur langsung banyak kegiatan, angkat tangan!

Kegiatan apa saja, nih, yang biasa kamu lakukan di pagi hari? Tentu tidak sedikit, terlebih lagi jika kamu menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Di bawah ini adalah enam kalimat yang bisa dipakai untuk mengungkapkan kegiatan di pagi hari dalam bahasa Jepang. 

Sebelum itu, untuk pola kalimat yang digunakan adalah KB (kata benda atau objek) o (を) KK (kata kerja bentuk-masu)ます. Pola kaimat ini digunakan untuk menyatakan kegiatan yang disertai dengan objek, yuk dicoba!   

1. Membasuh wajah 

6 Kegiatan di Pagi Hari dalam Bahasa Jepang, yuk Pelajari Bersama!ilustrasi membasuh wajah (unsplash.com/Tadekl)

Agar rasa kantuk berkurang, langsung membasuh wajah ketika bangun tidur adalah pilihan yang tepat. Dalam bahasa Jepang, kamu bisa mengatakan dengan kalimat kao o araimasu (かお を あらいます). Kao (かお) dalam bahasa Indonesia adalah wajah, menggunakan partikel, o (を), dan disambung dengan kata kerja araimasu (あらいます) yang artinya membasuh.

2. Menggosok gigi 

6 Kegiatan di Pagi Hari dalam Bahasa Jepang, yuk Pelajari Bersama!ilustrasi menggosok gigi (unsplash.com/Diana_pole)

Selain membasuh wajah, menggosok gigi juga kegiatan yang penting untuk dilakukan di pagi hari. Menggosok gigi dalam bahasa Jepang bisa kamu ungkapkan dengan kalimat, ha o migakimasu (はを みがきます). Ha (は) yang memiliki arti gigi dan migakimasu (みがきます) artinya menggosok.  

3. Meminum teh 

6 Kegiatan di Pagi Hari dalam Bahasa Jepang, yuk Pelajari Bersama!ilustrasi meminum teh (unsplash.com/Anthonytran)

Kalimat ocha o nomimasu (おちゃを のみます), bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan kegiatan kamu ketika sedang meminum teh. Ocha (おちゃ) dalam bahasa Indonesia merupakan sebutan dari teh hijau, sedangkan kata kerja yang digunakan adalah nomimasu ( のみます) yang artinya meminum. 

Baca Juga: 9 Singkatan Bahasa Jepang Ini Sering Muncul di Media Sosial

4. Membaca koran 

6 Kegiatan di Pagi Hari dalam Bahasa Jepang, yuk Pelajari Bersama!ilustrasi membaca koran (unsplash.com/Tranmautritam)

Di rumah kamu, siapa nih yang paling suka baca koran di pagi hari? Koran dalam bahasa Jepang sering di sebut shinbun (しんぶん), sedangkan membaca dalam bahasa Jepang adalah yomimasu (よみます). Jadi untuk membaca koran kamu bisa mengatakan kalimat, shinbun o yomimasu (しんぶんを よみます). 

5. Mendengarkan musik 

6 Kegiatan di Pagi Hari dalam Bahasa Jepang, yuk Pelajari Bersama!ilustrasi mendengarkan (unsplash.com/Jizhidexiaohailang)

Mendengarkan musik di pagi hari memang memiliki keseruan tersendiri, salah satunya membuat lebih bersemangat. Tahu tidak, musik dalam bahasa Jepang sering disebut ongaku (おんがく). Kikimasu (ききます) sendiri memiliki arti mendengarkan, jadi jika di rangkai dalam bentuk kalimat akan menjadi ongaku o kikimasu (おんがくを ききます). 

6. Menonton TV

6 Kegiatan di Pagi Hari dalam Bahasa Jepang, yuk Pelajari Bersama!ilustrasi menonton TV (unsplash.com/Glenncarstenspeters)

Siapa nih di rumah kamu, yang sukanya nonton TV saat pagi hari? Biasanya ada banyak kartun yang di tayangkan di TV, ketika pagi hari. Menonton TV atau dalam bahasa Jepang terebi o mimasu (テレビを みます) adalah salah satu kegiatan menyenangkan, terlebih ketika waktu luang. Terebi (テレビ) adalah bahasa Jepang dari TV dan mimasu (みます) berarti melihat. 

Tidak hanya menyenangkan, merangkai kalimat dari kosakata yang baru dipelajari juga akan membuat kamu lebih mudah untuk mengingat. Kamu ingin membuat kalimat untuk mengungkapkan apa lagi, selanjutnya? 

Baca Juga: 15 Kosakata dalam Bahasa Thailand Ini Serapan dari Bahasa Sanskerta

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Semoga ada hal baik yang bisa diambil!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya