Comscore Tracker

Inilah 7 Prospek Karier Lulusan Administrasi Publik, Gak Hanya PNS Lho

#EdFunFact Kamu bisa jadi perencana kebijakan yang baik

Tak sedikit orang mengira lulusan program studi administrasi publik hanya berkarir sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau yang kini disebut aparatur sipil negara (ASN). Perkiraan tersebut sebenarnya gak salah karena lulusan administrasi publik banyak sekali dibutuhkan di pemerintahan.

Namun, bagi kamu yang mungkin enggan berkarier sebagai ASN, tidak perlu merasa bingung. Prospek karier lulusan administrasi publik itu luas. Simak artikelnya agar tahu peluang kariernya.
 

1. Kamu bisa menjadi seorang akademisi

Gurutanotofoundation.org

Bagi kamu yang enggan berkarier sebagai pegawai pemerintahan, ada prospek untuk menjadi akademisi. Melalui profesi itu, kamu bisa membagikan ilmu-ilmu administrasi publik kepada anak didikmu.
 

2. Konsultan pengembangan sumber daya manusia

flexjobs.com

Jumlah ASN di Indonesia itu banyak banget lho, tapi kuantitas perlu diimbangi kualitas agar mereka bisa melayani publik dengan baik. Pemerintah biasanya memerlukan bantuan para profesional di bidang manajemen sumber daya manusia. Kamu bisa memilih menjadi konsultan manajemen sumber daya manusia kalau kamu tertarik.
 

3. Suka tulis menulis? Yuk, jadi jurnalis

Reporterign.com

Siapa bilang lulusan administrasi publik nggak bisa jadi jurnalis, khususnya pos politik dan pemerintahan. Dengan menjadi jurnalis yang paham soal administrasi publik, kamu bisa bersikap kritis terhadap kebijakan publik yang digodok pemerintah.
 

4. Tertarik advokasi dan mengawasi pemerintah? Jadilah aktivis LSM!

feminisminindia.com

Administrasi publik itu lingkupnya luas, bisa tentang keuangan daerah, lingkungan hidup, hingga pelayanan publik. Tak sedikit organisasi non pemerintahan yang bergerak di sektor tersebut.

Kamu bisa mengimplementasikan semua teori yang kamu pelajari saat kuliah ketika berkarir sebagai aktivis LSM. 
 

5. Anggota partai politik

thehill.com

Salah satu yang materi yang dipelajari dalam administrasi publik adalah proses pembuatan kebijakan. Lembaga legislatif berperan besar dalam bidang ini. Cobalah untuk menjadi anggota parpol untuk membuat kebijakan yang berpihak pada publik.
 

6. Suka melahap buku-buku teori? Menjadi peneliti di lembaga riset saja!

ox.ac.uk/news

Pemerintahan pasti punya kendala dalam menjalankan proses kebijakan publik. Mereka perlu masukan untuk menjadikan pelayanan birokrasi lebih baik. Dalam memperbaiki birokrasi, pemerintah biasanya menggandeng lembaga riset untuk memberikan masukan-masukan berharga.
 

7. Terakhir, lulusan administrasi publik banyak terserap di pemerintahan

PNSbreakingnews.co.id

Coba deh kamu perhatikan kualifikasi pendidikan saat seleksi calon PNS (CPNS) berlangsung. Kualifikasi pendidikan administrasi publik atau administrasi negara banyak banget dibutuhkan. Buat kamu yang tertarik jadi ASN, inilah kesempatanmu untuk menjalankan roda administrasi negara.

Itulah peluang karier yang bisa dimanfaatkan oleh lulusan administrasi publik. Sekarang tergantung kamu nih, nanti lulus kuliah mau berkarier sebagai apa.
 

Line Ads

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You

I Want More !