Comscore Tracker

5 Cara Bermain Gitar yang Mudah buat Pemula, Pasti Cepat Bisa!

Pahami kunci-kunci dasar dalam bermain gitar

Musik sering dijadikan ungkapan rasa yang tak sanggup diucapkan oleh bibir. Mendengarkan musik dan bermain musik menjadi salah satu aktivitas yang sangat disukai banyak orang. Salah satu instrumental musik yang paling disukai adalah gitar, terlebih lagi di kalangan anak muda.

Hampir semua genre akan terasa indah alunannya ketika dimainkan oleh gitar. Makanya tak heran bila banyak sekali orang yang ingin belajar bermain gitar. Lalu, gimana sih caranya bermain gitar dan bisa mendapatkan alunan nada yang indah? Yuk, kita simak.

1. Berkenalan dengan seluruh bagian body gitar

5 Cara Bermain Gitar yang Mudah buat Pemula, Pasti Cepat Bisa!unsplash/42 North

Tak kenal maka tak sayang, istilah ini sepertinya tepat mewakili keinginan seorang pemula yang ingin mempelajari teknik bermain gitar. Sebelum menciptakan susunan nada-nada yang indah, sebaiknya kamu lebih dulu mengenal bagian-bagian dari body gitar. Misalnya, head, neck bridge, fret, grip, penyetelan senar, leher gitar, lubang resonansi, body bridge, dan pastinya senar.

2. Memahami kunci gitar dasar pada senar gitar

5 Cara Bermain Gitar yang Mudah buat Pemula, Pasti Cepat Bisa!pexels/pixabay

Hal utama yang harus kamu pahami adalah kunci dasar bermain gitar. Tak perlu khawatir kalau gak punya gitar karena untuk belajar gitar bisa dari mana saja. Kamu harus tahu bahwa senar gitar ada 6, mulai dari paling bawah hingga paling atas.

Setiap senar memiliki nada yang berbeda, jadi perhatikan dengan teliti. Kunci utama yang paling sering digunakan adalah C mayor, G mayor, A mayor, E mayor, dan D mayor, jarimu harus lincah berpindah dari senar satu ke senar lainnya.

3. Gitar terbagi atas dua jenis yang berbeda

5 Cara Bermain Gitar yang Mudah buat Pemula, Pasti Cepat Bisa!unsplash/Adi Goldstein

Pada umumnya gitar terbagi dalam dua jenis, yakni gitar akustik dan gitar elektrik. Kebanyakan orang memiliki gitar akustik yang terbuat dari kayu. Harga yang ditawarkan juga relatif lebih rendah, makanya cocok untuk kamu si pemula.

Sedangkan gitar elektrik didominasi dari bahan kayu dan logam, sehingga menghasilkan nada-nada yang lebih keras dan khas.

Baca Juga: 5 Tipe Gitar yang Dipakai Billie Joe Armstrong, Frontman Green Day

4. Referensi lagu yang kamu sukai mempermudah proses belajar main gitar

5 Cara Bermain Gitar yang Mudah buat Pemula, Pasti Cepat Bisa!unsplash/Kelly Sikkema

Mendengarkan lagu yang disukai mampu memberikan respons dan semangat yang luar biasa untuk memahami tiap langkah-langkahnya.

Misalnya kamu sangat suka dengan Sheila On 7, cobalah untuk memperhatikan aksi Eross Candra. Kelincahan jarinya sanggup menaklukkan semua kunci pada gitar dan menghasilkan musik yang indah.

5. Berlatih kekuatan otot tangan

5 Cara Bermain Gitar yang Mudah buat Pemula, Pasti Cepat Bisa!pexels/freestocks.org

Sebagai pemain gitar pemula kamu harus siap dengan gerakan berulang naik dan turun pada senar. Sehingga penting sekali berlatih kekuatan otot dari sekarang. Kamu bisa memulainya dengan meremas-remas benda yang empuk seperti bola atau busa tebal selama 5 menit. Lakukan hal ini secara rutin, dijamin saat berhadapan langsung dengan gitar jemarimu tak akan kaku.

Nah, itulah 5 cara bermain gitar yang mudah dan harus dipersiapkan oleh pemain pemula. Jangan patah semangat teruslah belajar main gitar, ya.

Baca Juga: 5 Game Android Bertema Gitar Ini Uji Kemampuan Bermusikmu

Topic:

  • Elfida
  • Wendy Novianto
  • Pinka Wima
  • Jumawan Syahrudin
  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya