Comscore Tracker

Gak Melulu Galak, Ini 5 Tips Jadi Guru yang Asyik

Otoriter itu sudah gak zaman, gaes!

Sebagai tenaga pendidik, guru memang kerap disebut sebagai panutan tanpa tanda jasa. Istilah itu rasanya sudah hafal di luar kepala ya, namun apakah kamu sudah yakin bahwa semua yang kamu lakukan sebagai guru sudah memenuhi kriteria sebagai guru ideal yang di idam-idamkan para murid? Nah, kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana yang bisa menjadikanmu sebagai guru yang paling asyik, seperti di bawah ini.

1. Berikan kesan yang menyenangkan di hari pertama sekolah

Gak Melulu Galak, Ini 5 Tips Jadi Guru yang Asyikunsplash.com/ Sebastián León Prado

Pada hari pertama sekolah, ada baiknya kamu beradaptasi kembali. Meski berada di lingkungan yang sama, setidaknya murid dan guru butuh penyegaran lagi. Sambut kedatangan murid dengan suka cita, berikan senyuman selamat datang dan ucapan penyemangat seperti, "Yuk, kita mulai lagi perjuangannya, ya." Hindari sikap kaku karena justru sikap ini akan menunjukkan kesan otoriter pada dirimu sebagai guru.

2. Tak hanya sebagai guru, jalinlah kedekatan dengan murid agar menciptakan suasana belajar yang asyik

Gak Melulu Galak, Ini 5 Tips Jadi Guru yang Asyikunsplash.com/Mimi Thian

Kamu bisa mulai menyapa dan bertegur sapa pada murid lama maupun murid baru. Ubah stigma guru itu harus ditegur lebih dulu, tunjukkan pada murid bahwa bersosialisasi tanpa pandang usia maupun jabatan itu penting. Murid akan merasa senang apabila seorang guru mengingatnya dengan baik. Misalnya, pujilah penampilan murid meskipun dia hanya potong rambut, berikan apresiasi atas persiapannya untuk kembali ke sekolah.

3. Berkomunikasi dengan jelas agar pelajaran bisa disampaikan dan diterima dengan baik

Gak Melulu Galak, Ini 5 Tips Jadi Guru yang Asyikunsplash.com/CoWomen

Tak sedikit murid yang merasa bosan ketika guru tidak bisa menyampaikan materi dengan baik. Oleh sebab itu, sebagai guru yang asyik kamu harus bisa menguasai dan memahami materi pelajaran agar bisa menyampaikannya dengan singkat dan jelas. Bangun komunikasi di dalam kelas secara rutin sehingga semua permasalahan bisa diselesaikan melalui diskusi.

4. Manfaatkan teknologi, jadi guru yang up to date itu penting

Gak Melulu Galak, Ini 5 Tips Jadi Guru yang AsyikIDN Times/Istimewa

Sekarang bukan zamannya lagi menulis di papan tulis sambil membelakangi murid. Kini saatnya kamu mengubah cara mengajar yang jadul menjadi lebih kekinian. Sebagai guru millennials, kamu bisa memanfaatkan teknologi sebagai bantuan proses belajar mengajar di kelas. Karena kecanggihan teknologi mampu menciptakan suasana aktif dan segar di kelas. Misalnya, gunakan proyektor, laptop, dan internet untuk memberikan materi melalui video atau gambar. Pada dasarnya, anak zaman sekarang lebih suka visual.

5. Jadilah sosok guru yang humoris tanpa mengurangi martabat seorang pengajar

Gak Melulu Galak, Ini 5 Tips Jadi Guru yang Asyikunsplash.com/Jao Silas

Ada dua tipe guru yang akan selalu dikenang dan dirindukan, yakni guru paling galak dan guru paling lucu. Jadilah guru yang humoris untuk meningkatkan semangat belajar murid. Melalui guyonan, hubungan kamu dengan murid akan lebih dekat. Penyampaian materi pelajaran juga bisa lebih mudah. Murid pun bebas berekspresi dan menyampaikan aspirasi di dalam kelas tanpa rasa takut.

Nah, itulah tips jadi guru yang asyik dan gaul. Yuk, semangat! Karena generasi penerus bangsa, ada di tanganmu.

Baca Juga: Bantu Guru Belajar Lagi, Tulus Berikan Dukungan Penuh untuk Pendidikan

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Elfida

Just For You