Comscore Tracker

5 Hal Negatif Terjadi Jika Kamu Terlalu Pelit Berbagi Ilmu

Siapa nih yang suka menolak untuk berbagi ilmu?

Bisa dikatakan bahwa berbagi ilmu merupakan sebuah hal yang mulia. Bukannya tanpa alasan, hal ini disebabkan karena mendapatkan sebuah ilmu itu sangat sulit. Diperlukan adanya keteguhan dan konsistensi sehingga ilmu tersebut bisa tertanam di dalam diri.

Ketika sudah memiliki ilmu yang cukup, sebaiknya kamu membagikannya ke orang-orang terdekatmu. Apalagi jika mereka meminta tolong banget kepadamu, cobalah untuk memberikannya beberapa pelajaran fundamental.

Namun, jika hal itu tidak dilakukan, tentunya pasti akan berdampak buruk bagimu, lho! Ada beberapa hal negatif yang akan terjadi jika kamu terlalu pelit untuk berbagi ilmu ke orang-prang terdekat. Simak pembahasan berikut ini untuk penjelasan lebih mendetail.

1. Kamu akan dicap buruk oleh orang lain

5 Hal Negatif Terjadi Jika Kamu Terlalu Pelit Berbagi Ilmuilustrasi menolak (pexels.com/Keira Burton)

Pertama, orang lain pasti akan mengecap jelek dirimu. Meskipun kedengarannya sepele, hal semacam ini wajib kamu pertimbangkan sebab akan berdampak buruk pada kehidupan sosialmu. Memang sih kamu mendapatkan sebuah ilmu itu tidak gratis, namun alangkah baiknya jika kasih spoiler kepada mereka.

Hal semacam ini bisa menjaga citramu agar tetap baik di mata orang lain. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk memberikan mereka beberapa hal fundamental saja terkait ilmu yang kamu miliki. Jangan berpikir tentang kerugian jika berhubungan dengan teman sendiri.

2. Kehidupan sosialmu pasti akan menjadi kacau

5 Hal Negatif Terjadi Jika Kamu Terlalu Pelit Berbagi Ilmuilustrasi bertengkar (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Selanjutnya, kehidupan sosialmu pasti akan menjadi kacau. Hal semacam ini merupakan buntut dari citramu yang sudah jelek seperti sebelumnya. Sebenarnya, kamu tidak diwajibkan untuk berbagi ilmu ke teman-temanmu. Namun, jika mereka meminta tolong, jangan menolak untuk mengajari sedikit saja.

Contohnya jika kamu memiliki ilmu perihal pasar modal, arahkan kepadanya terkait hal-hal dasar yang harus dipelajari. Untuk lebih lanjut, kamu juga bisa merekomendasikan beberapa akun media sosial ataupun Youtube yang dapat menjadi acuan pembelajaran. Hal seperti ini sangatlah membantu, lho!

3. Suatu saat kamu pasti akan diperlakukan sama

5 Hal Negatif Terjadi Jika Kamu Terlalu Pelit Berbagi Ilmuilustrasi bertengkar (pexels.com/SHVETS production)

Dalam menjalani hidup, kamu harus memegang prinsip bahwa hukum timbal balik pasti berlaku. Hal semacam ini bisa diterapkan sebelum kamu menolak permintaan tolong orang lain perihal berbagi ilmu. Terkadang, kamu harus menurunkan ego dan idealisme ketika berada di lingkungan sosial.

Hal ini karena nantinya hukum timbal balik pasti akan terjadi. Jika saat ini kamu enggan memberikan advice kepada orang-orang terdekatmu perihal ilmu yang dimiliki, suatu saat nanti hal serupa bakal terjadi. Maksudnya di sini adalah nantinya kamu akan kesusahan mendapatkan ilmu baru sebab orang tersebut berperilaku sama denganmu yang saat ini.

Baca Juga: 5 Ilmu Parenting yang Harus Diketahui oleh Para Orangtua Baru

4. Kamu akan cenderung menjadi sosok yang susah bekerja sama

5 Hal Negatif Terjadi Jika Kamu Terlalu Pelit Berbagi Ilmuilustrasi bertengkar (pexels.com/Mikhail Nilov)

Berbagi ilmu merupakan sebuah hal dasar yang harus dilakukan dalam sebuah pekerjaan. Jika saat ini kamu terbiasa enggan membagikan ilmu, nantinya hal buruk pasti akan terjadi. Kamu akan menjadi sosok yang kurang bisa bekerja sama sehingga keberlangsungan kariermu bakal terancam'.

Agar hal buruk itu tidak terjadi, cobalah untuk menjadi seseorang yang lebih dermawan dalam berbagi ilmu. Lambat laun, kamu pasti akan terbiasa gampang bekerja sama sebab sudah memiliki kemampuan komunikasi yang oke ketiak memberikan advice kepada kolega.

5. Kamu akan susah mendapatkan relasi baru

5 Hal Negatif Terjadi Jika Kamu Terlalu Pelit Berbagi Ilmuilustrasi mengobrol (pexels.com/SHVETS production)

Terakhir, kamu pasti akan susah mendapatkan relasi baru jika enggan berbagi ilmu. Ingatlah bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat berkenalan dengan orang baru. Berbagi ilmu merupakan sebuah hal sederhana yang bisa kamu lakukan jika ingin menjalin hubungan enggan sosok stranger.

Tetapi, jika hal ini enggan dilakukan, kamu pasti bakal susah untuk mendapatkan teman baru. Penyebabnya adalah kamu sudah punya sifat pelit yang tertanam dalam diri. Alhasil, orang lain pasti akan was-was jika ingin menjalin hubungan pertemanan denganmu.

Setelah membaca kelima hal di atas, apakah kamu masih ingin tetap pelit dalam berbagi ilmu? Mulai sekarang cobalah untuk berbuat baik kepada siapapun sebab hal tersebut pasti akan berdampak positif bagimu nanti.

Baca Juga: 7 Podcast untuk Menambah Ilmu, Topik Makanan hingga Politik

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya