Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Semangat Mengerjakan Skripsi

Lelah boleh, tapi jangan menyerah!

Bagi mahasiswa semester akhir, skripsi merupakan salah satu ujian yang mereka rasakan. Mereka harus melakukan riset, konsultasi pembimbing, dan berbagai macam kegiatan lain yang menunjang skripsinya. Jika dilihat secara sekilas, hal itu memang sungguh merepotkan dan cukup berat untuk dilakukan.

Biasanya banyak mahasiswa semester akhir yang lebih memilih untuk menunda mengerjakan skripsi karena kesulitannya. Apakah kamu termasuk mahasiswa seperti itu? Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar semangat mengerjakan skripsi tetap membara. Penasaran? Simak pembahasan ini, ya!

1. Rencanakan self-reward setiap kali kamu berhasil menyelesaikan satu bagian

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Semangat Mengerjakan SkripsiIlustrasi makan (pexels.com/sam lion)

Dalam skripsi, pasti ada beberapa bagian-bagian yang harus diselesaikan secara runtut. Kamu bisa banget menempatkan self-reward di salah satu bagian jika telah berhasil menyelesaikannya. Self-reward itu dapat berupa barang-barang kesukaan ataupun short-trip ke tempat impian. Dengan melakukan hal semacam itu, kamu pasti akan terdorong untuk lebih semangat dalam mengerjakan skripsi.

2. Jangan ragu untuk beristirahat jika tubuhmu merasa lelah

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Semangat Mengerjakan SkripsiIlustrasi beristirahat (pexels.com/andrea piacquadio)

Setiap orang pasti memiliki batasan energi di dalam tubuhnya. Ketika kamu merasa lelah, cobalah untuk beristirahat sejenak karena tubuhmu itu perlu istirahat. Jangan sampai kamu malah memaksakan diri karena hal tersebut pasti hanya akan menghilangkan semangat juangmu.

Namun jangan sampai kamu malah istitahat dengan waktu yang lama karena hal tersebut hanya menghambat skripsimu. Kasihlah batasan waktumu untuk beristirahat agar kamu bisa tetap fresh meskipun harus memikul beban berat.

3. Kerjakan skripsi di tempat-tempat cozy

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Semangat Mengerjakan SkripsiIlustrasi mengerjakan skripsi di kafe (pexels.com/andrea piacquadio)

Jika biasanya kamu mengerjakan skripsi di kamar kos, cobalah untuk mencari suasana baru. Kamu sesekali bisa pergi ke tempat-tempat yang nyaman untuk meredakan stres saat mengerjakan skripsi. Kamu bisa pergi ke kafe ataupun tempat-tempat yang dapat menyegarkan mata.

Lakukanlah hal tersebut secara sendirian agar kamu tidak diganggu teman yang mengajak untuk mengobrol. Namun jangan lakukan hal tersebut terlalu sering sebab hanya akan membuat dompetmu berlubang.

Baca Juga: 5 Rahasia Skripsi Antidrama Agar Lulus Tepat Waktu, Gak Molor! 

4. Berkumpul dengan orang-orang yang sama-sama mengerjakan skripsi

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Semangat Mengerjakan SkripsiIlustrasi diskusi (pexels.com/william fortunato)

Jika semangatmu untuk mengerjakan skripsi hilang, cobalah berkumpul dengan orang-orang yang melakukan hal serupa. Kamu bisa berkumpul dengan teman-teman seperjuangan yang mengerjakan skripsi. Mereka pasti akan memberi semangat jika kamu merasa lelah dengan semuanya. Hal itu karena mereka juga merasakan apa yang kamu rasakan.

5. Senantiasa pikirkan tentang masa depan setelah lulus

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Kamu Lebih Semangat Mengerjakan SkripsiIlustrasi merenung (pexels.com/andrea piacquadio)

Selepas kuliah, kamu pasti akan merasakan yang namanya kerja. Namun hal tersebut tidak akan segera tergapai jika kamu masuh stuck pada skripsimu. Yang harus kamu lakukan hanyalah menyelesaikannya agar pekerjaan impian bisa cepat diraih. Hal itu bisa dijadikan suntikan moral jika semangatmu tiba-tiba hilang.

Coba deh lakukan hal semacam itu sebab kamu berhak meraih masa depan secara tepat waktu. Jangan pernah menunda-nunda dalam mengerjakan skripsi sebab kesempatan tidak akan datang sebanyak dua kali.

Mengerjakan skripsi memang sebuah hal yang cukup memberatkan namun kamu diwajiblan untuk melakukannya. Jika rasa suntuk melanda, langsung praktikkan kelima hal di atas agar skripsimu cepat selesai, ya!

Baca Juga: 9 Judul Skripsi Kocak yang Bisa Jadi Inspirasimu

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya