Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan agar Jago dalam Bernegosiasi

Negosiasi itu ada seninya, lho!

Negosiasi merupakan sebuah proses untuk mencapai suatu kesepakatan oleh kedua belah pihak. Dalam bernegosiasi, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar kamu berhasil membuat lawan bicara setuju dengan tujuanmu.

Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana strategi dalam bernegosiasi? Negosiasi itu memiliki langkah-langkah yang bisa membuatmu memenangkan kesepakatan.

Ada beberapa langkah cerdas yang bisa dilakukan agar kamu bisa jago dalam bernegosiasi. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini, ya!

1. Kamu harus paham cara meyakinkan orang lain lewat omongan

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan agar Jago dalam Bernegosiasiunsplash.com/Mimi Thian

Negosiasi merupakan sebuah proses meyakinkan orang lain terhadap tujuanmu lewat omongan. Maka dari itu, kamu harus belajar bagaimana cara menyampaikan pendapat agar diterima oleh orang lain.

Cobalah untuk amati lawan bicaramu terlebih dahulu agar bisa menemukan strategi jitu. Berbicaralah terkait sesuai yang hanya berhubungan dengan tujuanmu.

2. Kamu harus bisa merebut hati orang lain dengan kata-kata yang diplomatis

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan agar Jago dalam Bernegosiasipexels.com/august de richelieu

Mencapai sebuah kesepakatan yang diinginkan dalam bernegosiasi memang gampang-gampang susah. Kamu harus bisa merebut hati lawan bicara agar dia tertarik terhadap apa yang diucapkan olehmu. Cobalah untuk selalu menatap matanya agar dia bisa yakin terhadapmu.

Selain itu, jangan pernah menggunakan bahasa yang terlalu bertele-tele agar dia tidak meragukan setiap omonganmu. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk melatih skill dalam berbicara dua arah di hadapan orang lain.

Baca Juga: 5 Tips Negosiasi Agar Capai Kesepakatan Sesuai Keinginan

3. Kamu harus berusaha mendapatkan win-win solution

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan agar Jago dalam Bernegosiasiunsplash.com/sebastian herrmann

Sebuah negosiasi akan berhasil jika kedua belah pihak sama-sama mendapatkan keuntungan. Hal tersebut biasanya dinamakan win-win solution. Ketika sedang bernegosiasi, cobalah untuk mendengarkan apa yang dibutuhkan oleh lawan bicaramu.

Jika masih di sekitar batas wajar, cobalah untuk tidak kontra terhadapnya. Pastikan bahwa keinginanmu itu juga akan berpengaruh positif terhadap lawan bicaramu.

Ketika win-win solution didapatkan, orang tersebut pasti akan senang bernegosiasi denganmu. Saat ada proyek lagi, dia pasti tidak akan segan-segan untuk menghubungimu.

4. Siapkan argumen terbaik terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan agar Jago dalam Bernegosiasiunsplash.com/romain V

Menyiapkan bahan argumentasi terbaik merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan. Hal itu bertujuan agar kamu gak mudah belibet dalam menyampaikan sesuatu terkait produkmu. Ketika cara bicaramu lancar, percayalah bahwa lawan bicaramu pasti akan yakin terhadap apa yang kamu omongkan.

5. Berbicaralah dengan penuh keyakinan agar kesepakatan bisa terjadi

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan agar Jago dalam Bernegosiasiunsplash.com/NeONBRAND

Yang terakhir adalah kamu harus berbicara dengan penuh keyakinan agar kesepakatan bisa terjadi. Sebelumnya telah disebutkan bahwa dalam bernegosiasi itu kamu hanya membutuhkan cara komunikasi yang baik. Berbicara secara lugas dan lugas merupakan salah satu kunci utamanya.

Ketika kamu sudah bisa menarik perhatiannya, cobalah untuk yakinkan kepadanya dengan cara berkata secara tegas dan lugas. Yakinkan kepadanya bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan itu akan memberikan dampak positif baginya maupun dirimu.

 

Kelima cara di atas wajib kamu lakukan jika ingin memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik. Teruslah melatih cara berkomunikasi agar kamu bisa jago dalam bernegosiasi.

Baca Juga: Kecerdasan Emosional, Ini 5 Tips dalam Memenangkan Negosiasi ala FBI

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya