Comscore Tracker

Agar Gak Stres, Stop Melakukan 5 Hal Ini Ketika Sedang Kuliah

Siapa nih yang gampang stres ketika tugas kuliah numpuk?

Ketika menjalankan tugas kuliah, setiap orang pasti rentan stres karena banyaknya tugas yang harus dikerjakan. Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi karena setiap orang pasti memiliki kapasitas energi yang cukup terbatas. Namun jangan jadikan hal tersebut sebagai penghambatmu untuk serius dalam melakukan kuliah.

Sebenarnya ada beberapa hal yang wajib dilakukan agar kamu tidak gampang stres ketika menjalankan kuliah. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait hal apa saja yang wajib dilakukan, simak pembahasannya berikut ini.

1. Berhentilah menunda-nunda dalam mengerjakan tugas

Agar Gak Stres, Stop Melakukan 5 Hal Ini Ketika Sedang Kuliahpexels.com/Buro Millennial

Momok sebagian besar seorang akademisi adalah rasa malas ketika akan mengerjakan tugas. Hal tersebut harusnya dihilangkan karena dapat memicu timbulnya pikiran stres akibat banyaknya tugas yang menumpuk. Usahakan mengerjakan segala tugas di awal waktu agar selesai dengan cepat.

Meskipun rasa malas adalah hal yang susah dilawan, namun mau tidak mau kamu wajib melakukannya jika gak ingin beban terasa lebih berat. Maka dari itu mulai sekarang cobalah langsung mengerjakan tugas tanpa berpikir untuk menundanya.

2. Jangan pernah lupa untuk meluangkan waktu untuk mengapresiasi diri sendiri

Agar Gak Stres, Stop Melakukan 5 Hal Ini Ketika Sedang Kuliahpexels.com/Artem Beliaikin

Ketika beban semakin berat, kamu pasti akan merasa bahwa tidak ada waktu luang untuk bersantai-santai. Padahal hal tersebut sebenarnya wajib dilakukan agar pikiranmu bisa segar kembali sehingga tidak menjadi stres. Jangan pernah lupa meluangkan waktu untuk mengapresiasi diri sendiri.

Sekadar bermain game kesukaan atau melakukan hobi merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap diri sendiri. Luangkan waktu di akhir pekan untuk tidak memikirkan tugas selama seharian agar kamu dapat terhindar dari pikiran yang kalut.

Baca Juga: 5 Keuntungan Kuliah Berbeda dengan Profesi Impian, Kariermu Kompetitif

3. Carilah circle pertemanan yang sehat dan sefrekuensi

Agar Gak Stres, Stop Melakukan 5 Hal Ini Ketika Sedang Kuliahpexels.com/andrea piacquadio

Lingkungan sosial merupakan salah satu hal yang sangat berdampak terhadap diri sendiri. Ketika memiliki circle pertemanan toxic, pikiran stres tersebut pasti akan lebih menjadi-jadi. Apalagi di bangku kuliah, banyak tipe orang yang wajib kamu hindari.

Jangan ragu untuk pilih-pilih dalam mencari teman karena hal tersebut wajib dilakukan agar tidak ada keburukan yang terjadi. Jika saat ini terjebak di lingkaran pertemanan yang toxic, gak usah ragu untuk meninggalkan mereka karena kamu berhak hidup tenang dan damai.

4. Jangan terlalu berlebihan dalam mengikuti kepanitiaan maupun organisasi

Agar Gak Stres, Stop Melakukan 5 Hal Ini Ketika Sedang Kuliahpexels.com/fox

Dalam dunia kuliah, kamu pasti berambisi untuk mendapatkan banyak relasi dengan cara mengikuti kepanitiaan maupun organisasi. Namun kamu juga harus ingat bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik. Begitupula dalam ikut organisasi, kamu gak boleh memaksakan diri untuk mengikuti semuanya.

Ingatlah bahwa tanggungan utamamu dalam menjalani masa kuliah adalah untuk belajar. Tidak ada salahnya kamu mengikuti organisasi maupun kepanitiaan apapun asalkan hal tersebut gak membebani pikiran dan tenagamu secara berlebihan.

5. Jangan pernah lupa untuk menyempatkan tidur sejenak ketika ada kesempatan

Agar Gak Stres, Stop Melakukan 5 Hal Ini Ketika Sedang Kuliahpexels.com/ketut subiyanto

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang pasti memiliki batasan energi masing-masing. Ketika banyak tugas yang datang silih berganti, jangan pernah lupa menyempatkan waktu untuk tidur. Memaksakan diri untuk mengerjakan tugas secara non-stop adalah hal yang tidak baik.

Ingatlah bahwa kamu adalah manusia dan bukan robot. Pikiran stres biasanya muncul ketika kamu tidak pernah menyempatkan diri untuk istirahat. Maka dari itu mulai sekarang jangan pernah lupa untuk tidur meskipun hanya sejenak ketika ada kesempatan.

Jangan pernah lupa untuk memanjakan diri sendiri meskipun banyak tugas yang membebani. Ingatlah bahwa kamu adalah manusia biasa yang juga memiliki rasa lelah.

Baca Juga: Patut Dicontoh, Ini 8 Habit Positif Mahasiswa Luar Negeri saat Kuliah

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya