Comscore Tracker

5 Strategi Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak, Jangan Sampai Salah!

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu

Mendidik anak bukanlah sebuah persoalan yang mudah, sebab ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Tentunya bukan hanya sebatas bagaimana memenuhi kebutuhan sehari-harinya, namun juga untuk memastikan mereka memperoleh pendidikan yang lebih baik.

Salah satu hal yang perlu dipenuhi adalah dengan menentukan opsi sekolah yang tepat untuk anak menuntut ilmu nantinya. Sayangnya tidak mudah dalam menentukan sekolah yang ideal untuk anak. Untuk mensiasati hal tersebut, kamu dapat mencari sekolah untuk anak dengan beberapa strategi penting yang berikut ini.

1. Jarak yang cukup strategis untuk dicapai

5 Strategi Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak, Jangan Sampai Salah!Ilustrasi menaiki bus sekolah (Pexels/Mary Taylor)

Pertimbangan untuk memilih sekolah kadang kala bahkan dimulai sejak anak masih berada di taman kanak-kanak. Tentunya setiap jenjang pendidikan memiliki pertimbangan yang jelas berbeda-beda.

Salah satu hal yang patut yang diperhatikan adalah mengenai soal jarak. Sebaiknya kamu dapat mencari sekolah yang memiliki jarak strategis untuk dicapai, sehingga tidak merepotkan dan membutuhkan banyak biaya.

2. Biaya yang cocok di kantong

5 Strategi Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak, Jangan Sampai Salah!Ilustrasi menghitung uang (Pexels/Karolina Grabowska)

Biaya pendidikan seiring berjalannya waktu memang tidak lah murah. Hal ini semakin dipertambah apabila kamu memilih sekolah dengan kualitas yang sangat baik.

Tentunya kamu perlu mempertimbangkan urusan biaya sebelum memilih sekolah. Jangan sampai justru memberatkanmu dalam meneruskan sekolah anak nantinya.

Baca Juga: 9 Pantun Bertema Pendidikan untuk Motivasi Belajar Anak di Sekolah

3. Pertimbangkan keinginan anak juga

5 Strategi Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak, Jangan Sampai Salah!Ilustrasi anak di sekolah (Pexels/Anastasia Shuraeva)

Anak-anak juga memiliki hak untuk berpendapat mengenai sekolah idamannya. Hal ini jelas bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum akhirnya menentukan sekolah ideal untuk anak.

Jangan sampai kamu justru memaksa anak untuk bersekolah dalam suatu instansi pendidikan formal, namun mengabaikan keinginannya. Hal ini dapat menimbulkan rasa tak nyaman pada anak selama bersekolah.

4. Menentukan sekolah berdasarkan nilai atau kualitasnya

5 Strategi Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak, Jangan Sampai Salah!Ilustrasi anak sedang menulis (Pexels/Andrea Piacquadio)

Para orangtua tentu memiliki harapan yang terbaik mengenai masa depan pendidikan dari anak-anaknya. Hal ini biasanya berkaitan dengan bagaimana nilai-nilai dan kualitas yang ada di sekolah tertentu.

Tentu saja para orangtua juga perlu mempertimbangkan kualitas dan nilai yang ada di sekolah sebelum akhirnya memutuskan untuk mendaftarkan anak-anaknya. Dengan cara yang demikian, maka masa depan pendidikan anak dapat terjamin secara utuh.

5. Mencari informasi mengenai sekolah tersebut terlebih dahulu

5 Strategi Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak, Jangan Sampai Salah!Ilustrasi sosial media di ponsel (Pexels/Tracy Le Blanc)

Banyak orangtua yang keliru dalam menentukan sekolah untuk anak-anaknya kelak. Ada orangtua yang minim informasi, sehingga memilih sekolah yang bahkan tidak cukup baik kualitasnya.

Itulah yang membuat orangtua perlu mencari tahu perihal sekolah tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai menyesal sebab salah memilih sekolah.

Semua hal di atas tentunya dapat menjadi bahan pertimbangan penting sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih sekolah anak. Jangan sembarangan memilih, ya!

Baca Juga: 7 Cara Mengajarkan Anak Belajar Aksara Lampung, Mudah Kok!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya