Comscore Tracker

5 Jurusan Langka yang Ada di Indonesia, Prospeknya Bagus Banget!

Kamu ingin jadi salah satu mahasiswanya? 

Tentunya setiap universitas memiliki program studi yang berbeda-beda dan siap ditawarkan untuk para calon mahasiswa di masa mendatang. Dari sekian banyak bidang ilmu yang menjadi jurusan dari suatu fakultas, beberapa di antaranya ternyata masuk ke dalam daftar yang langka, lho. Hal ini ternyata karena jurusan tersebut hanya ada beberapa jumlahnya di Indonesia atau bahkan hanya satu-satunya.

Apabila kamu mulai tertarik untuk menjadi mahasiswa di salah satu jurusan langka tersebut, sebaiknya cari tahu dulu yuk apa saja daftar jurusan tersebut dan disiplin ilmu apa yang dipelajari. Berikut lima daftarnya! 

1. Oseanografi

5 Jurusan Langka yang Ada di Indonesia, Prospeknya Bagus Banget!Unsplash/Sean O.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai segala hal berbau laut. Tidak hanya mempelajari mengenai ilmu kelautan, namun jurusan ini juga akan memperdalam ilmu yang berkaitan dengan lingkungan laut, pesisir, eksplorasi sumber daya laut, masalah-masalah yang kerap ditemukan di laut, dan lain sebagainya. Sebagai informasi bahwa jurusan oseanografi ini hanya terdapat di 4 perguruan tinggi:

  1. Universitas Diponegoro
  2. Universitas Hang Tuah
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut

2. Teknik nuklir

5 Jurusan Langka yang Ada di Indonesia, Prospeknya Bagus Banget!Unsplash/Johannes Plenio

Bila membahas mengenai senjata masa depan di dunia, tentu tidak lengkap bila melewatkan nuklir sebagai salah satunya. Pembahasan mengenai nuklir ternyata juga perlu dipelajari secara mendalam dan kamu dapat memperoleh ilmu ini bila mengambil jurusan teknik nuklir.

Jurusan ini akan membahas secara menyeluruh mengenai nuklir, radiasi, dan lain sebagainya. Namun, bila kamu tertarik maka siapkan mentalmu untuk bersaing dengan para calon mahasiswa lain sebab jurusan ini hanya terdapat di Universitas Gadjah Mada dan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir. 

3. Astronomi

5 Jurusan Langka yang Ada di Indonesia, Prospeknya Bagus Banget!Unsplash/Conner Baker

Bila kamu penggemar berat astronomi, maka jurusan yang satu ini tentu menjadi daftar wajib untuk melanjutkan pendidikan ya. Astronomi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai seputar tata surya, antariksa, beserta segala hal yang ada di ruang angkasa. Selain memang menarik, prospek kerja dari jurusan ini tentu sangat bagus.

Jurusan ini hanya ada satu-satunya di Indonesia, yaitu di Institut Teknologi Bandung sehingga kamu harus ekstra berusaha bila ingin lolos menjadi salah satu mahasiswanya. 

Baca Juga: Pilih Jurusan Kuliah! Perhatikan 5 Hal Krusial yang Wajib Kamu Ketahui

4. Teknobiomedik

5 Jurusan Langka yang Ada di Indonesia, Prospeknya Bagus Banget!Unsplash/Louis Reed

Sebagian dari kita mungkin masih cukup asing ketika mendengar nama dari jurusan yang satu ini. Memang bila dibandingkan jurusan lain, teknobiomedik masih merupakan salah satu disiplin ilmu yang sepi peminat.

Namun, apabila diseriuskan justru jurusan ini memiliki prospek jurusan yang baik ke depannya. Sayangnya, jurusan ini hanya terdapat di Universitas Airlangga dan merupakan satu-satunya jurusan di Indonesia. 

5. Kriminologi

5 Jurusan Langka yang Ada di Indonesia, Prospeknya Bagus Banget!Unsplash/niu niu

Bila kamu merupakan orang yang gemar membaca hal-hal misterius yang berkaitan dengan kriminalitas, maka kamu cocok menjadi salah satu mahasiswa di jurusan kriminologi. Jurusan ini mempelajari segala hal yang berhubungan dengan kriminal, baik itu dari aspek hukum, bahkan hingga aspek jurnalistiknya.

Bila kamu berminat, maka jurusan ini hanya terdapat di 3 universitas, yaitu Universitas Budi Luhur, Universitas Indonesia, dan Universitas Islam Riau. 

Nah, beberapa jurusan langka di atas dapat menjadi rekomendasi menarik untukmu yang akan melanjutkan pendidikan dan tentunya prospek kerja pun sangat terbuka tinggi, ya. Berminat? 

Baca Juga: 9 Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari di Tahun 2020, Bersiaplah! 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya