Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Rasa Stres Berlebih saat Kuliah, Jangan Dibawa Beban!

Seimbangkan kesehatan dengan aktivitas sehari-hari

Proses perkuliahan memang sering kali menjadi momen yang cukup menyita pikiran dan tenaga. Hal ini semakin didukung apabila ada banyak sekali tugas-tugas kuliah yang sudah menunggu.

Terkadang sangat sulit untuk menghindari rasa stres berlebihan pada saat menjalani perkuliahan. Oleh sebab itu, kamu harus menemukan cara tersendiri dalam mengatasi rasa stres sehingga tidak sampai mengganggu aktivitas. Kamu dapat mengatasinya dengan melakukan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Sempatkan untuk beristirahat dengan cukup

5 Tips Mengatasi Rasa Stres Berlebih saat Kuliah, Jangan Dibawa Beban!ilustrasi tidur (unsplash.com/@luxgraves)

Tips pertama adalah dengan selalu menyempatkan diri untuk beristirahat dengan cukup. Kesalahan yang kerap dilakukan banyak orang adalah terlalu menyepelekan urusan istirahat. Padahal, itu justru membuat kondisi tubuh menjadi tidak bugar dan sulit fokus.

Melalui pola istirahat yang tepat, tentunya kamu jadi dapat melakukan aktivitas perkuliahan dengan baik. Dengan begitu, semuanya dapat berjalan sesuai seperti apa yang diharapkan.

2. Melakukan manajemen waktu dengan baik

5 Tips Mengatasi Rasa Stres Berlebih saat Kuliah, Jangan Dibawa Beban!ilustrasi membagi waktu (unsplash.com/@lukechesser)

Satu hal yang mungkin terdengar sederhana tapi sulit dilakukan adalah manajemen waktu. Manajemen waktu bagi para mahasiswa tentu menjadi salah satu poin yang harus diperhatikan dengan cermat.

Kesalahan dalam membagi waktu hanya akan membuat segala tanggung jawab menjadi berantakan. Oleh sebab itu, kamu harus dapat belajar untuk membagi waktu dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Banyaknya Tugas Kuliah agar Tidak Mudah Stres

3. Lakukan kegiatan positif yang menyenangkan

5 Tips Mengatasi Rasa Stres Berlebih saat Kuliah, Jangan Dibawa Beban!ilustrasi berolahraga (unsplash.com/@aloragriffiths)

Rasa stres yang kerap muncul pada saat menjalani perkuliahan merupakan hal yang wajar. Tentunya kamu dapat memilih banyak hal untuk dapat meredakan rasa stres tersebut, salah satunya dengan melakukan kegiatan positif.

Kegiatan positif yang tentu menyenangkan dapat membantu menurunkan rasa stres tersebut. Dengan begitu, urusan perkuliahan jadi tidak terasa menyita pikiran.

4. Lakukan konsultasi dengan dosen pembimbing

5 Tips Mengatasi Rasa Stres Berlebih saat Kuliah, Jangan Dibawa Beban!ilustrasi konseling (unsplash.com/@benwhitephotography)

Semua mahasiswa biasanya memiliki dosen pembimbing akademik tersendiri. Dosen pembimbing akademik tidak hanya memiliki tugas untuk membimbingmu dalam urusan akademik, tapi juga dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan kuliahmu.

melakukan konsultasi tentunya dapat membantu dalam mencari solusi dari persoalan kuliah. Dengan cara demikian, kamu jadi dapat menjalani proses perkuliahan secara lebih baik.

5. Menjaga pola makan dengan sehat

5 Tips Mengatasi Rasa Stres Berlebih saat Kuliah, Jangan Dibawa Beban!ilustrasi makan (unsplash.com/@pablomerchanm)

Hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa tentunya bukan hanya mengenai istirahat, melainkan juga soal makan. Ada banyak mahasiswa yang mungkin menyepelekan pola makan sehingga berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Padahal, menjaga pola makan dapat membantu menurunkan rasa stres dan memberikan kebugaran pada tubuh. Tentunya melalui hal tersebut, kamu dapat menjalani proses perkuliahan dengan baik.

 

Nyatanya memang ada banyak sekali hal yang harus diseimbangkan pada saat menjalani aktivitas kuliah. Kesehatan tubuh dan manajemen stres menjadi hal-hal yang tidak boleh disepelekan. Jangan sampai mengganggu proses kuliahmu, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Membuatmu Tersenyum Lebih Banyak, Bisa Kurangi Stres!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya