Comscore Tracker

Harus Mengerjakan Tugas Tapi Malas? Ini 5 Cara untuk Tetap Produktif!

Tugas harus tetap selesai meski sedang tidak mood

Ayo, siapa di antara kalian yang kalau mengerjakan tugas hingga menghabiskan waktu berjam-jam, tapi malah belum selesai juga karena malas? Banyak di antara kita yang ingin menyelesaikan tugas tapi entah inspirasi tercegat atau diganggu oleh aktivitas lain yang terlalu asyik dan mengalihkan fokus kita. Terus bagaimana ya solusinya?

Di sini kami merangkum hal-hal apa saja yang perlu kamu perhatikan agar bisa tetap fokus dan semangat menyelesaikan tugas. Mari disimak.

1. Putar musik instrumental

Harus Mengerjakan Tugas Tapi Malas? Ini 5 Cara untuk Tetap Produktif!pexels.com/elena buzmakova borisova

Musik instrumental? Apa bedanya nih sama musik biasa? Kenapa harus yang instrumental?

Mungkin beberapa di antara kalian akan bertanya-tanya. Well, musik instrumental adalah musik yang lebih fokus pada alunan alat musik instrumentalnya, jadi tidak ada lirik yang akan membuat kalian berpikir dan terusik fokusnya saat mengerjakan tugas, lho!

Ayo, lebih bagus kan daripada tiba-tiba terputar lagu galau di playlist lalu justru ingat si dia yang hatinya nun jauh di sana? Hihihi ....

2. Eiiits, itu ponselnya dijauhkan dulu ya!

Harus Mengerjakan Tugas Tapi Malas? Ini 5 Cara untuk Tetap Produktif!pexels.com/energepic com

Adalah sebuah rintangan yang besar untuk tidak mengecek ponsel di pagi hari begitu terbangun. Tantangan yang sama besarnya adalah untuk tidak mengecek notifikasi pesan dari ponsel saat sedang sibuknya mengerjakan tugas. Apalagi kalau yang nge-chat semacam si dia yang sangat special yang masih suka balas pesan seadanya dan lama, atau Mama yang nun jauh di sana akhirnya mengirimkan bala bantuan uang, atau si Ibu Kos yang akhirnya menagih uang bayaran dengan ancaman listrik dimatikan. Hal-hal ini pasti akan sangat mengganggu fokus, nih!

Jadi, sebelum justru makin pusing dengan kewajiban dan berita-berita mengejutkan yang lain, pastikan kamu sudah mengaktifkan mode silent di ponsel kamu ya!

Baca Juga: 7 Cara Memaksimalkan Otak dengan Keterampilan Menyelesaikan Tugas

3. Cari tempat yang sepi, tapi jangan yang gelap ya

Harus Mengerjakan Tugas Tapi Malas? Ini 5 Cara untuk Tetap Produktif!pexels.com/skitterphoto

Membuat tugas di tempat yang diisi oleh banyak percakapan, suara kendaraan, atau musik yang kencang dapat juga mengganggu konsentrasi dan kreativitasmu, lho. Jadi, ketika akan memulai tugas, sebaiknya dipilih juga tempat yang cukup tenang dan jauh dari keramaian.

Eits, tapi jangan yang gelap juga, ya. Selain akan mempersulit kamu untuk melihat keadaan, juga akan mempersulit untuk membaca dan juga tidak baik untuk kesehatan mata, lho.

4. Ditemani kopi? Coba teh aja yuk!

Harus Mengerjakan Tugas Tapi Malas? Ini 5 Cara untuk Tetap Produktif!pexels.com/thought catalog

Banyak orang yang terbiasa untuk mengerjakan tugas ditemani kopi panas yang dapat membuat kita tahan dari rasa kantuk. Namun, terlalu sering mengonsumsi kopi dapat membuat ketergantungan dan terlalu sering begadang tidaklah baik, lho!  

Di sisi lain, teh yang memiliki berbagai aroma yang menenangkan dan menyegarkan akan cocok untuk kegiatan berpikir seperti mengerjakan tugas.

 Jadi, ayo mulai latih diri kamu untuk mengerjakan tugas di siang atau sore hari, atau malah di pagi hari di hari libur juga pasti pikiran sedang fresh dan bisa mengerjakan dengan maksimal! 

5. Bingung mulai dari mana? Ayo buat alurnya!

Harus Mengerjakan Tugas Tapi Malas? Ini 5 Cara untuk Tetap Produktif!pexels.com/rawpixel

Memulai sesuatu dari awal merupakan hal yang sulit, hal yang sama juga berlaku untuk memulai membuat tugas. Entah itu bingung untuk memulai kalimat pembuka, atau kemalasan yang tak tertahankan. Tapi tidak usah khawatir, hal ini bisa diatasi dengan membuat alur dalam berpikir.

Loh, membuat tugas biasa saja sampai membuat alur berpikir? 

Tentu saja! Dalam membuat suatu tugas, akan sangat baik apabila kamu mencatat bagaimana kamu ingin tugas itu diselesaikan. Misalnya, kalau itu makalah resmi, kamu bisa membuat judulnya, memikirkan bagaimana informasi yang kamu ingin fokuskan dan proses mendapatkan data yang kamu inginkan, hingga pada analisis dan kesimpulannya. Sehingga saat kamu mengerjakan kamu tidak akan merasa kebingungan di pertengahan saat mengerjakannya.

Itu dia tipsnya. Semoga membantu ya!

Baca Juga: Bukan Beban, Ini 5 Alasan Kenapa Belajar itu Sebenarnya Seru!

Trisna Amitasari Photo Writer Trisna Amitasari

Sivitas akademika yang menjadi korban dari kekejaman praktik sosial.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya