Comscore Tracker

Raih Kesempatan Beasiswa Kuliah di Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021

#IDNTimesLife Khusus untuk siswi kelas 12 SMA/SMK

Brand perawatan kulit wajah wanita "Fair & Lovely" baru saja bertransformasi menjadi "Glow & Lovely". Di tahun ini, mereka akan kembail menggelar program beasiswa pendidikan bertajuk "Bintang Beasiswa".

Pada press conference yang digelar pada Kamis (28/1/2021) pukul 13.00 WIB, para narasumber membagikan pandangan mereka tentang pentingnya pendidikan bagi setiap perempuan.

Apa saja persyaratan dan kisah menarik di balik program bantuan dana pendidikan ini? Simak artikel berikut!

1. Bintang Beasiswa sudah diselenggarakan sejak tahun 2017. Dan, tahun ini daerah cakupannya meluas

Raih Kesempatan Beasiswa Kuliah di Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021Press conference virtual “Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021” pada Kamis (28/1/2021). IDN Times/Tyas Hanina.

Program "Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021" akan kembali digelar di tahun ini. Ada 60 peluang beasiswa untuk perempuan muda berprestasi di Indonesia. Selain itu, kesempatan beasiswa ini juga sudah bisa dijangkau oleh siswi asal Provinsi Lampung, Riau, dan Aceh. 

Felix Winarta selaku Senior Brand Manager Glow & Lovely Indonesia menyampaikan komitmen brand kecantikan ini di dunia pendidikan.

Ia mengatakan, "Kami ingin mendukung perempuan muda indonesia untuk memiliki inspirasi, aspirasi, dan juga semangat juang agar bisa tetap dekat dengan mimpinya".

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa animo masyarakat yang tinggi juga memungkinkan perluasan cakupan beasiswanya yang kini sudah mencapai total 19 provinsi di tanah air. Bagi Lintang Gustika sebagai Project Manager Hoshizora Foundation, ada banyak tantangan sosial yang dihadapi oleh para perempuan muda untuk meraih impiannya.

"Saya pun perempuan dan pernah muda. Kita tahu sendiri bahwa perempuan punya banyak peran. Dan dari sana kita juga menemukan banyak sekali tantangan," tuturnya. Adapun tantangan yang dimaksud Lintang melingkupi tantangan ekonomi dan lingkungan sosial yang kurang suportif.

2. Persyaratan dan tahapan pemberian beasiswa

Raih Kesempatan Beasiswa Kuliah di Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021Press conference virtual “Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021” pada Kamis (28/1/2021). IDN Times/Tyas Hanina.

Di tengah situasi pandemik Covid-19, Glow & Lovely juga membuka platform kelasberbagicerah.com. "Di kelas ini kami menyediakan fitur-fitur khusus yang bisa dipraktikkan di kehidupan nyata. Mulai dair tes minat karier, kursus online, kursus bahasa Inggris, dan pembuatan CV profesional," pungkas Felix.

Kelas daring ini menjadi salah satu tahapan pendaftaran Beasiswa Bintang 2021. Hal ini dijelaskan oleh Lintang,

"Terdapat 4 step, yang pertama mereka masuk ke kelas online. Lalu, interview dan home visit untuk tahu lingkungan sosial mereka. Dan, terakhir adalah verifikasi".

Sedangkan, untuk persyaratannya beasiswa ini bisa diikuti oleh para siswi kelas 12 SMA/SMK sederajat yang bisa mendaftar diri untuk mengikuti seleksi masuk PTN. Mulai dari jalur SNMPT dan SBMPTN.

"Mereka juga harus membuat esai dan punya potensi akademik dan non akademik. Sehingga kita bisa lihat keinginannya untuk maju dan gimana mereka bisa berkontribusi di masyarakat," tambah Felix.

3. Pemberdayaan perempuan juga bisa memengaruhi kesuksesan bangsa

Raih Kesempatan Beasiswa Kuliah di Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021Press conference virtual “Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021” pada Kamis (28/1/2021). IDN Times/Tyas Hanina.

Pendidikan menjadi salah satu faktor penting untuk meraih kesuksesan. Sayangnya, permasalahan stereotip dan bias gender di Indonesia membuat banyak perempuan muda gak diproritaskan untuk meraih pendidikan tinggi.

Bahkan, berdasarkan data World Economic Forum tertulis bahwa skor kesenjangan gender global adalah 0,68. Di man Indonesia sendiri menempati peringkat ke-85 dengan skor 0,70.

Dr. Devie Rahmawati, M.Hum selaku pengamat sosial UI berpendapat, "Ketika kita memberdayakan perempuan, kita tuh bukan cuma memberdayakan 1-2 orang saja. Tapi, kita memberdayakan peradaban Indonesia".

Menurut Devie, perempuan punya banyak kontribusi penting di setiap peran yang ia jalankan. Dalam konteks yang mikro, ia pun memberikan contoh tentang tingginya jumlah prestasi anak-anak perempuan di sekolah.

"Satu hal lagi yang sering kita lupakan kalau perempuan itu punya tiga kekuatan suci. Satu, membesarkan anak, dan sekaligus mengelola rumah tangga. Ketiga, menghasilkan income buat keluarga," pungkasnya.

 

Hal yang serupa juga dituturkan oleh Jessica Milla selaku brand ambassador dari Glow & Lovely. Aktris muda ini menuturkan, "Menurut aku, pendidikan memegang peranan yang sangat penting, karena itu perempuan harus tetap semangat. Dan, pendidikan itu juga bisa jadi bekal untuk mendidik anak di masa depan".

Baca Juga: Beasiswa Sea Hadir di 6 Kampus Ternama, Tawarkan Peluang Magang Juga!

4. Glowing dari dalam juga bisa diraih dengan menempuh pendidikan tinggi

Raih Kesempatan Beasiswa Kuliah di Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021Press conference virtual “Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021” pada Kamis (28/1/2021). IDN Times/Tyas Hanina.

Selaku figur publik, Jessica Mila juga tetap punya impian di bidang pendidikan. Seraya tersenyum ia menceritakan mimpinya, "Sebenarnya aku tuh pengen sekali melanjutkan pendidikan S2 atau short course di luar negeri. Supaya bisa lebih pandai di dunia entertainment dan bisnis".

Bagi Jessica, kecantikan perempuan bisa dilihat dari kepercayaan diri yang terpancar di dalamnya.

Ia pun mengatakan, "Mereka harus mensyukuri apa yang mereka punya dan terus memberdayakan dirinya dengan menambah wawasan. Sehingga mereka gak cuma cantik dari luar aja, tapi juga dari dalam".

 

Menurut Felix, hal tersebut juga jadi salah satu goals yang coba diraih brand kecantikan ini. "Kami memang ingin mendorong perempuan Indonesia untuk tampil cantik dengan definisi positif," tambahnya.

Dalam sesi konferensi pers virtual, Devie pun beropini bahwa pendidikan itu punya peranan yang sangat penting untuk diri perempuan.

Ia menuturkan, "Pendidikan adalah perhiasan diri yang paling abadi. Dan, ini jadi harta yang gak mungkin direbut oleh siapa pun".

5. Cerita menarik di balik Bintang Beasiswa

Raih Kesempatan Beasiswa Kuliah di Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021Press conference virtual “Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021” pada Kamis (28/1/2021). IDN Times/Tyas Hanina.

Setelah 5 tahun mengabdi di dunia pendidikan, ada banyak cerita menarik dari proses Glow & Lovely Bintang Beasiswa".

Salah satunya adalah cerita unik di lapangan yang ditemukan oleh Lintang. Ia bercerita, "Ada seorang penerima beasiswa dari Ponorogo. Kemudian, di tahun berikutnya ada 12 adik angkatannya yang bisa masuk tahap interview".

Menurut Lintang, sosok peraih beasiswa ini juga bisa menjadi role model di lingkungan sosial mereka. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa ada banyak progress baik dari kelanjutan studi mereka. Dari mulai meraih IPK yang tinggi sampai berprestasi di kancah internasional.

Itu dia rangkuman informasi penting dari Glow and Lovely Bintang Beasiswa 2021. Apakah kamu tertarik untuk mendaftar?

Baca Juga: 5 Beasiswa Fully Funded yang Harus Kamu Tahu, Sarjana Sampai Doktor!

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya