Comscore Tracker

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!

Punya makna yang unik, bisa menambah koleksi vocabularymu

Mempelajari bahasa asing memang suatu kegiatan yang menyenangkan. Mempelajari bahasa asing dapat mengasah kemampuan dalam mengingat dan mengucapkan suatu kalimat. Mempelajari bahasa asing juga hal yang sangat penting buat kamu yang ingin belajar atau bekerja di dunia internasional.

Namun, pasti ada beberapa kosakata yang belum kita mengerti. Inilah 12 kosakata asing yang jarang digunakan, padahal memiliki makna yang unik dan keren. Penasaran? Let's check this out!

1. Epoch

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!pixabay.com/tigerlily713

Epoch (noun) berarti suatu periode hidup tertentu dalam hidup manusia. Contohnya seperti periode masa jabatan suatu kepemimpinan. Dapat juga diartikan dengan suatu kejadian yang sangat berkesan di hati kita. Jadi, jika kita mengalami suatu kejadian, dan kejadian tersebut sangat membekas di hati kita, hal itu disebut epoch.

2. Epiphany

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!pixabay.com/athree23

Kamu pasti pernah kan, gabut di rumah, bingung mau ngapain, terus muncul ide untuk ngelakuin sesuatu. Nah, itu disebut epiphany. Epiphany yaitu suatu keadaan di mana kamu tiba-tiba memahami sesuatu atau tiba-tiba sadar akan sesuatu yang penting. Jadi, kalau kamu tiba-tiba menyadari sesuatu, itulah yang disebut epiphany.

3. Euphoria

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!pixabay.com/JillWelington

Pernah nggak sih kamu tuh merasa bahagia banget. Rasanya kayak habis ditembak doi gitu. Nah, rasa bahagia seperti itu disebut euphoria. Euphoria adalah suatu keadaan di mana kamu merasa sangat senang, bahagia, atau gembira.

4. Evanescent

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!pixabay.com/heymatthew

Kamu pasti pernah kan lihat pelangi sehabis hujan? Nah, evanescent itu artinya cepat sekali berlalu dan membekas dalam ingatan. Contohnya adalah adanya pelangi setelah hujan. Dan juga kalau misalnya kamu lagi jalan sama gebetan, rasanya cepat banget berlalu kan? Dan kenangan itu membekas banget di memori kamu, itu juga bisa disebut evanescent.

5. Halcyon

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!pixabay.com/Pexels

Pernah nggak sih, kamu merasa tenang dan damai banget. Kayak lagi nggak mau diganggu. Nah, itulah makna halcyon. Halcyon artinya tenang dan damai. Dapat juga diartikan dengan mengingat kenangan indah di masa lalu. Seperti flashback kangen dengan suasana kelas atau kejadian-kejadian menyenangkan di masa lalu.

6. Ineffable

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!pixabay.com/sasint

Bermain kembang api memang hal yang menyenangkan. Apalagi kalau bisa melihat pertunjukkan kembang api secara langsung, pasti indah! Saking indahnya, lalu kamu kagum sampai tidak bisa berkata-kata. Itulah arti dari ineffable. Yaitu, saking hebatnya, sampai tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Ineffable memiliki persamaan kata dengan indescribable, tapi coba deh kamu pakai kata ineffable, pasti lebih keren.

Baca Juga: 11 Kosakata Bahasa Indonesia dan Persia yang Mirip Serta Bermakna Sama

7. Limerence

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!pixabay.com/Free-Photos

Jatuh cinta itu hal yang wajar bagi setiap manusia. Dan kamu pasti pernah merasa tergila-gila pada seseorang. Entah itu gebetanmu atau idolamu. Itulah arti kata limerence, tergila-gila. Jadi jika kamu sedang tergila-gila dengan seseorang, maka hal yang kamu rasakan disebut limerence.

8. Mellifluous

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!pixabay.com/Pexels

Mellifluous (adj) berarti suara yang halus dan lembut. Jadi jika kamu sedang mendengarkan musik, dan umumnya yang bergenre ballad atau sedih, dan suara yang kamu dengar itu halus dan lembut di telinga kamu, suara tersebut disebut mellifluous. Tapi, tidak berlaku untuk semua suara ya. Omelan emak kamu nggak termasuk mellifluous.

9. Petrichor

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!pixabay.com/StockSnap

Untuk orang-orang pluviophile atau pencinta hujan, aroma tanah yang terkena hujan tentu meninggalkan kesan tersendiri. Tapi apakah kamu tahu disebut apa bau khas hujan? Yup, bau itu disebut petrichor. Petrichor atau aroma hujan biasanya muncul saat hujan pertama kali pada musim kemarau. Baunya khas ya.

10. Sempiternal

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!pixabay.com/Monoar_CGI_Artis

Sempiternal (adj) artinya tidak akan berakhir, yang berarti kekal atau abadi. Sesuai artinya, kata ini digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang abadi seperti Tuhan. Atau seperti cintamu padanya?

11. Serendipity

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!pixabay.com/QuinceCreative

Hmm, pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan kata ini. Tapi apakah kamu tahu makna serendipity

Serendipity berarti keberuntungan yang tidak pernah kamu sangka sama sekali. Contohnya, kamu lagi pulang sekolah atau pulang kerja, eh tiba-tiba kamu nemuin uang di jalan. Bisa juga disebut rezeki nomplok!

12. Querencia

Jarang Digunakan, Inilah 12 Kosakata Asing yang Perlu Kamu Tahu!pixabay.com/5688709

Querencia (noun) berarti sebuah tempat, di mana kamu bisa sangat merasa aman dan nyaman di tempat tersebut seperti rumah sendiri. Contohnya kalau di rumah kerabat atau rumah teman, saking nyamannya bisa-bisa lupa waktu sampai dimarahin sama emak.

Nah, itu tadi 12 kosakata asing beserta maknanya. Mungkin sebagian besar kamu sudah pernah mengalaminya. Walaupun kamu belajar bahasa asing, tapi tetap jangan lupakan bahasa nasional dan bahasa daerah ya! Karena keberagaman adalah suatu keindahan.

Baca Juga: 9 Kosakata Ramadan dari Serapan Bahasa Arab, Jangan Sampai Salah!

Asyifa Halimah Photo Writer Asyifa Halimah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya