5 Alasan Mengasah Soft Skill Itu Penting Sejak di Bangku Kuliah

#EdFunFact: Agar kamu gak perlu jadi pengangguran pasca kuliah

Banyak mahasiswa yang belum peduli dan serius untuk mengasah soft skill. Banyak diantaranya yang berpikir bahwa lulus cepat adalah akhir yang bahagia. Padahal, dunia yang sebenarnya baru saja dimulai. Hobi, kompetensi dan bakat yang muncul dalam diri mereka adalah modal paling berharga ketimbang nilai yang tertulis dalam ijazah. Bahkan, beberapa perusahaan bergengsi tidak mencantumkan ijazah sebagai syarat untuk diterima bekerja. Apa yang terpenting bagi mereka? Ya, kompetensi adalah hal utama yang mereka butuhkan. 

Nah, selain itu, berikut ini terdapat 5 alasan pentingnya mengasah soft skill sejak kamu masih menjadi mahasiswa. Apa saja? Yuk, simak!

 

1. Kamu hidup di era kompetitif super ketat

5 Alasan Mengasah Soft Skill Itu Penting Sejak di Bangku Kuliahunplash/MarkusSpiske

Di era digital, banyak bidang kehidupan yang mengalami disrupsi. Bisnis ritel yang awalnya membludak di pusat kota dan wilayah lainnya, mengalami kebangkrutan karena masyarakat lebih suka belanja via online. Bank-bank mulai menerapkan teknologi finansial. Pengaruh teknologi begitu besar sehingga memangkas peluang kerja dan standar pun tak selamanya berlaku sama. 

Pengangguran begitu banyak membuktikan bahwa perjuangan di kehidupan ini sangat ketat. Kalau kamu gak punya skill apapun, akan sulit diterima bekerja atau akan gamang dalam menjalani bisnis.

 

2. Kamu punya alasan yang kuat memilih pekerjaan tertentu

5 Alasan Mengasah Soft Skill Itu Penting Sejak di Bangku Kuliahunplash/ThoughtCatalogue

Semakin banyak kamu mencoba berbagai soft skill semasa kuliah, kamu akan merasakan beberapa keterampilan yang cocok untuk dikembangkan dan menopang pekerjaan atau bisnis. Jadi, kamu gak perlu bimbang dan bingung menentukan pekerjaan setelah lulus kuliah.

3. Punya banyak mentor

5 Alasan Mengasah Soft Skill Itu Penting Sejak di Bangku Kuliahunplash/Rawpixel.com

Mentor adalah orang yang sangat kamu butuhkan pasca kuliah nanti. Hal ini terkait dengan pekerjaan yang ingin kamu tekuni. Melalui mentor, kamu juga kan betemu dengan peluang jaringan yang luas. Jaringan itu sangat berguna untuk mewadahi tempat bekerja sesuai keinginanmu.   

4. Momen menghabiskan jatah gagal

5 Alasan Mengasah Soft Skill Itu Penting Sejak di Bangku Kuliahunplash/Guillaume

Kapan lagi kamu akan menghabiskan jatah gagal jika bukan di masa muda? Masa-masa kuliah akan membuktikan kemapananmu setelah lulus nanti. Tidak akan ada yang mempermasalahkan kegagalanmu dengan status mahasiswa. Pengangguran hanya akan tersemat pada orang yang belum bekerja tapi sudah lulus dari kampus. Semakin banyak kamu mencoba dan gagal, kesuksesanmu juga akan semakin cepat datang. 

5. Memperkuat mental yang ada dalam dirimu

5 Alasan Mengasah Soft Skill Itu Penting Sejak di Bangku Kuliahunplash/SamuelScrimshaw

Mengasah soft skill juga akan berpengaruh terhadap mental yang kamu miliki. Mental tekun, rajin dan pantang menyerah terlihat dari konsistensi yang ada. Kamu rutin mempelajari berbagai keterampilan tanpa berhenti dalam jeda waktu yang lama. Konsistensi itu akan memperlihatkan hasil berupa ketangguhan di masa mendatang. 

Nah, itulah 5 alasan pentingnya kamu mencoba berbagai keterampilan di masa-masa kuliah. Kamu akan merasakan dampaknya pasca kuliah nanti. 

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You