Comscore Tracker

Organisasi Kampus Bikin Jenuh? Pompa Semangatmu Lagi dengan 5 Hal Ini

Comeback dengan semangat dan rencana baru

Bagi sebagian mahasiswa, bergabung ke organisasi adalah hal yang begitu dia cari. Namun, sebagian lainnya lagi mungkin saja tidak menginginkan hal yang sama. Mereka cenderung asyik dengan komunitas pertemanannya sendiri ataupun menghabiskan waktu menyendiri di kamar kos. Pada umumnya, begitulah situasi yang terjadi di kampus-kampus. 

Namun, tidak semua mahasiswa yang gabung ke organisasi bisa menikmati peran dan aktivitasnya di sana. Sebagian mahasiswa bisa merasakan kejenuhan kala rutinitas seperti itu. Tentu, kejenuhan akan membuat roda eksistensi organisasi jadi kaku dan minim kreasi.

Apa yang harus kamu lakukan jika kejenuhan menghampirimu? Tentu saja, memompa semangat adalah hal yang wajib kamu lakukan agar keberadaanmu di sana tidak sia-sia.

Yuk, simak tips berikut!

1. Tetapkan tujuan yang jelas

Organisasi Kampus Bikin Jenuh? Pompa Semangatmu Lagi dengan 5 Hal Inipixabay/Athree23

Apa yang membuat kamu mudah bosan dan jenuh dengan rutinitas organisasi yang hanya tidak lepas dari kegiatan rapat, diskusi dan merancang serta realisasi program? Mungkin saja kamu tidak pernah tahu apa tujuanmu berada di sana. Kamu bergabung di sana hanya sebatas ikut-ikutan dan termakan pesona atau citra yang tidak sesuai ekspektasi. 

Nah, bahaya banget kalau kamu membiarkan dirimu terombang-ambing dalam arus yang diciptakan orang lain. Atur kembali tujuanmu sebelum kembali ke sana. Pertanyakan terus menerus apakah hal yang kamu dapatkan di organisasi menunjang tujuanmu atau tidak.

2. Ketahui dulu potensi dirimu

Organisasi Kampus Bikin Jenuh? Pompa Semangatmu Lagi dengan 5 Hal Iniunsplash/BennoKlandt

Organisasi adalah tempat kolaborasi kekuatan individu yang besar. Berada di sana sesungguhnya menjadi hal yang menyenangkan karena kamu punya tempat untuk memberdayakan potensi diri.

Nah, menjadi sebuah anomali jika kamu merasa bosan dan jenuh. Jangan-jangan, kamu masih belum mengetahui potensi dirimu dan malah mengerjakan peran yang tidak ada hubungannya dengan jati dirimu. Penting sekali bagimu untuk mengecek potensi diri yang seharusnya kamu munculkan berorganisasi. 

Baca Juga: 10 Tipe Orang yang Sering Ada dalam Organisasi, Kamu Termasuk Gak Ya?

3. Membuka diri untuk menerima wawasan baru

Organisasi Kampus Bikin Jenuh? Pompa Semangatmu Lagi dengan 5 Hal Iniunsplash/ToaHeftiba

Berikutnya, bisa jadi hal yang membuatmu bosan saat berkecimpung di organisasi adalah kurang merasakan manfaatnya. Jikalaupun organisasi selalu menyuplai acara yang sarat dengan wawasan, konten tersebut malahan tidak relatable dengan dirimu. 

Nah, cobalah untuk membuka diri sebesar-besarnya dengan wawasan baru. Apapun jenis dan ragamnya. Sadarilah bahwa kamu tidak boleh membatasi pengetahuan diri dengan hal-hal baru yang berkembang di luar sana. Sebab, wawasan global akan membantumu menentukan sikap dengan matang. 

4. Ambil peran di posisi yang memungkinkan kamu bersemangat menebar karya

Organisasi Kampus Bikin Jenuh? Pompa Semangatmu Lagi dengan 5 Hal Iniunsplash/icon8team

Hal berikutnya yang mungkin membuatmu mudah bosan dan jenuh dengan organisasi adalah hilangnya kesempatanmu untuk berkarya dan dihargai secara profesional. Kamu bekerja untuk membesarkan lembaga namun tidak berdampak pada kepuasan batinmu sendiri. 

Nah, kasus semacam ini biasanya disebabkan tidak relevannya bidang yang kamu tekuni di organisasi dengan kompetensi dirimu. Ketimpangan yang berlanjut seperti ini akan membuatmu rendah semangat. 

5. Ungkapkan ide-ide yang kamu harapkan

Organisasi Kampus Bikin Jenuh? Pompa Semangatmu Lagi dengan 5 Hal Iniunsplash/Kaledeico

Banyak kepala akan memunculkan banyak pemikiran dan potensi masalah internal dalam organisasi. Itu adalah sebuah kewajaran. Itu sebabnya, sistem di dalamnya memungkinkan manajemen manusia yang banyak bisa lebih teratur dan rapi. 

Hal yang bisa jadi membuat kamu bosan dan jenuh adalah karena tidak memiliki kesempatan untuk mengungkap ide-ide. Hasrat yang tertahan akan membuat seseorang tidak nyaman. Penting bagimu untuk mengatakan segala keresahan dan solusi yang kamu pikirkan selama ini. 

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menyalakan kembali semangat dan antusias di organisasi kampus. Bagaimanapun juga, kelangsungan organisasi sangat penting demi menyalakan intelektualitas mahasiswa dari sisi non akademik. 

Baca Juga: Baru Lulus SMA? 7 Hal Ini Pasti Jadi Bayanganmu tentang Dunia Kampus

arnadh arnadh Photo Verified Writer arnadh arnadh

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya