Comscore Tracker

Biar Gak Gampang Lupa, Ini 5 Cara Mudah Mengasah Pikiran & Ingatanmu

Jangan sampai tumpul ya

Mungkin kamu pernah dengar kalau pikiran itu kayak pisau yang kalau gak diasah bakal tumpul. Kamu pun mungkin pernah dengar kalau pikiran dan ingatan yang tajam penting untuk beraktivitas dan memecahkan beragam persoalan hidup. Hal terebut berkaitan dengan ide, intelegensi, dan kreativitas. Terus gimana cara mudah untuk mengasahnya? Berikut di antaranya.

1. Menimba ilmu dan menyerap informasi dengan banyak membaca  

Biar Gak Gampang Lupa, Ini 5 Cara Mudah Mengasah Pikiran & Ingatanmuunsplash.com/Ben White

Rekaman informasi paling kuno berasal dari tulisan. Sampai sekarang pun tulisan masih menyumbang informasi terbesar yang mencakup pengetahuan dunia. Untuk itu, kamu harus bisa membaca. Gak sekadar bisa membaca saja, namun juga membaca aktif. Coba kamu tanyakan pada dirimu sendiri, berapa banyak bacaan yang kamu habiskan dalam sehari?

Dengan teknologi yang telah maju, kamu bisa membaca dari beragam sumber, gak sekadar dari buku. Meski begitu, kamu pun perlu memilah-milah bacaanmu ya. Jangan melulu status teman-temanmu di media sosial yang kamu baca. Cobalah cari bacaan yang lebih berbobot dan informatif.

2. Belajar keahlian baru, seperti melukis, menulis, main musik, atau bahkan akting  

Biar Gak Gampang Lupa, Ini 5 Cara Mudah Mengasah Pikiran & Ingatanmuunsplash.com/Calum Macaulay

Gak cuma pendidikan saja, cobalah asah pikiranmu dengan belajar keahlian baru. Kamu perlu yakinkan pada dirimu sendiri kalau gak ada istilah terlalu tua untuk belajar hal yang baru. Kamu bisa mencoba beragam keahlian dalam bidang seni, seperti melukis, menulis, main musik atau berakting. Gak menutup kemungkinan juga untuk bidang-bidang lain, seperti olahraga, komputer, dan game.

Dengan mencoba belajar hal baru, pikiranmu akan terbuka dan semakin memahami arti keberagaman. Kamu pun bisa memperluas koneksi dan informasimu agar gak melulu tentang itu-itu saja. Selain itu, bisa jadi kamu akan menemukan hobi barumu dari sini.

3. Asah pikiran dan ingatanmu dengan menghafal rencana hidup jangka pendekmu  

Biar Gak Gampang Lupa, Ini 5 Cara Mudah Mengasah Pikiran & Ingatanmuunsplash.com/Thought Catalog

Dalam sehari kamu bisa menyelesaikan banyak tugas. Untuk memaksimalkan tugasmu, buatlah catatan secara menyeluruh apa-apa yang akan kamu kerjakan. Gak hanya sehari, kamu bisa membuatnya secara mingguan bahkan bulanan.

Jika sudah kamu buat, coba jauhkan catatanmu dan mulai mengingat-ingat apa saja prioritas dan hal-hal penting yang harus kamu kerjakan. Kamu akan takjub bagaimana pikiranmu bisa mengingat segalanya. Mungkin kamu akan membuat kesalahan di awal, namun lama-kelamaan pikiranmu akan makin terbuka atau bahkan lebih baik dan efisien daripada kamu menuliskan semua rencanamu dalam buku catatan.

4. Jangan lupa makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan berolahraga  

Biar Gak Gampang Lupa, Ini 5 Cara Mudah Mengasah Pikiran & Ingatanmuunsplash.com/Jay Wennington

Apa jadinya pikiranmu kalau gak didukung dengan raga yang sehat. Belum lagi untuk berpikir dan beraktivitas kamu memerlukan gizi yang cukup. Untuk itu, pastikan kebutuhan primermu tercukupi. Makanlah dengan teratur dan perhatikan asupan gizi yang masuk dalam tubuhmu. Perhatikan juga waktu istirahatmu, jangan sampai kamu ngantuk saat beraktivitas. Terakhir dan gak kalah penting adalah berolah raga. Jangan sampai lupa dan terlewat ya!

5. Berikan waktu untukmu merenung dan mengevaluasi diri  

Biar Gak Gampang Lupa, Ini 5 Cara Mudah Mengasah Pikiran & Ingatanmuunsplash.com/Brooke Cagle

Dalam sehari saja, banyak aktivitas dan informasi yang kamu dapatkan. Meski begitu, gak semuanya bisa dicerna dan diingat begitu saja. Berikan waktu untukmu barang beberapa menit saat menjelang tidur untuk merenung dan mengevaluasi diri. Apa saja yang terjadi seharian? Apa yang sebaiknya kamu lebih pikirkan? Mana yang gak jadi prioritas? Hal itu untuk menjaga agar pikiranmu terasah dengan cukup, bukan justru tereksploitasi sehingga menimbulkan stres dan depresi.

Pada akhirnya, usaha untuk mempertajam pikiran dan ingatanmu bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan mencapai kebahagiaan. Itu karena arti dari hidup adalah untuk belajar. Untuk apa berdiam diri dan bermalas-malasan. Itu sama saja dengan gak hidup.

Line IDN Times

Topic:

  • Yudha
  • Tania

Just For You