Comscore Tracker

Djarum Persembahkan Beasiswa Indonesia Menuju Broadway, Ini Hasilnya!

Indonesia dikenal di panggung Amerika!

Broadway adalah istilah yang digunakan untuk merujuk sejumlah teater profesional yang ada di New York, Amerika Serikat. Dikenal menghasilkan bagi pemeran dan segenap kru yang terlibat, tidak mengherankan Broadway menjadi sebuah standar dan impian pekerja seni di dunia.

Kabar baiknya, Djarum persembahkan beasiswa Indonesia Menuju Broadway. Penasaran?

1. Indonesia Menuju Broadway adalah beasiswa pelatihan untuk seniman yang memungkinkan mereka mendapat ilmu sekelas panggung dunia

Djarum Persembahkan Beasiswa Indonesia Menuju Broadway, Ini Hasilnya!IDN Times/Febriyanti Revitasari

Indonesia Menuju Broadway adalah program beasiswa pelatihan bagi seniman muda, di mana mereka akan mendapatkan ilmu panggung dengan standar Broadway. Beasiswa ini berada di bawah naungan program Ruang Kreatif dari Bakti Budaya Djarum Foundation.

Tidak hanya itu, Indonesia Menuju Broadway bekerja sama dengan organisasi peraih Premiere Award-Winning Global Arts Education StudentsLive dan Passport to Broadway, New York. Organisasi ini didirikan oleh sutradara artistik Amy Weinstein dan memang sudah terbiasa memberikan pelatihan setaraf Broadway untuk orang dari luar Amerika.

"Ini merupakan kerjasama perdana Bakti Budaya Djarum Foundation dengan StudentsLive dan Passport to Broadway yang memberikan program pelatihan Broadway intensif bagi seniman muda dari seluruh Indonesia dalam pendidikan teater musikal," ungkap Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

2. Dari angkatan pertamanya, lahirlah 13 orang penerima beasiswa yang berhasil melakukan pementasan pada Juli lalu di Amerika Serikat

Djarum Persembahkan Beasiswa Indonesia Menuju Broadway, Ini Hasilnya!IDN Times/Febriyanti Revitasari

Setelah menempuh proses panjang dari awal tahun 2019, terpilihlah 13 peserta berkualitas. Keseluruhannya memang telah memiliki bakat yang mumpuni, bahkan beberapa di antaranya adalah selebriti yang kerap mengisi layar kaca. Sebut saja Adyla Rafa Naura Ayu (penyanyi cilik Naura) dan Galabby Thahira (penyanyi jebolan ajang kompetisi Indonesia Mencari Bakat).

Proses seleksi ini, awalnya diikuti oleh 672 peserta di masa pendaftarannya. Kemudian, tersaring lagi 243 orang yang dipanggil audisi. Terpilihlah lagi 70 orang untuk mendapatkan pelatihan selama lima hari. Dari 70 tersebut, akhirnya hanya 13 saja yang dapat lolos ke Amerika dan berkolaborasi dengan tim Broadway pada 8-12 Juli lalu.

"Peserta terpilih ini, mendapatkan pengalaman interaktif melalui program teater yang diajarkan oleh ahli Broadway terbaik. Mereka mengikuti pelatihan intensif dari para aktor, tim produksi, dan tim kreatif Broadway yang terlatih dan disiplin," tambah Renita.

3. Pagelaran berjalan sukses, 13 orang tersebut menunjukkan hasil karyanya kepada khalayak Indonesia lewat "What I Did for Love"

Djarum Persembahkan Beasiswa Indonesia Menuju Broadway, Ini Hasilnya!IDN Times/Febriyanti Revitasari

Harus diakui, proses seleksi yang ketat memang memakan waktu dan tenaga. Banyak tangis yang turut bercucuran di balik kerasnya latihan. Mereka yang lolos dalam beberapa tahap, ada yang akhirnya mengundurkan diri lantaran tidak bisa mengikuti rangkaian pelatihan. Ada juga tinggal melangkah ke Jakarta, namun gagal lantaran VISA ditolak.

Meski begitu, pagelaran di Broadway tetap bisa berjalan sukses berkat keuletan dan kedisiplinan peserta. Bahkan, tim tersebut mendapatkan apresiasi dari pelatih serta penontonnya. Untuk membuktikan serta menceritakan bagaimana pengalaman ketiga belas orang tersebut, maka digelarlah pementasan Indonesia Menuju Broadway "What I Did for Love" pada Selasa lalu (27/8).

Diiringi dentingan piano dari Seth Weinstein, seluruh anggota tim bernyanyi, bermain mimik, hingga menyuguhkan atraksi yang tidak semua pemeran akting di dunia menguasai. Pertunjukan berakhir dengan standing applause dari hampir seluruh penonton di Soehanna Hall, The Energy Building.

"Peserta Indonesia yang hadir di New York ini, datang dengan latar belakang seni teater musikal yang minim dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Namun, hal itu tak menurunkan semangatnya untuk belajar dengan tekun dan giat untuk ikut broadway masterclass dari artis Broadway terbaik," kata Renita.

Baca Juga: Sudah Go Internasional, 4 Lagu Agnes Monika Ini Hits Sejak Tahun 90an!

4. Naura (penyanyi remaja) dan Galabby Athira (jebolan kompetisi bakat) berbagi kisahnya menjadi angkatan pertama Indonesia Menuju Broadway

Djarum Persembahkan Beasiswa Indonesia Menuju Broadway, Ini Hasilnya!IDN Times/Febriyanti Revitasari

"Perasaan terpilih, luar biasa. Tidak menyangka bisa menyentuh tanah Amerika. Tidak menyangka bisa berkarya membawa nama Indonesia ke sana. Bersyukur banget pastinya," tutur Galabby. Rasa bahagia perempuan yang disapa Abby itu, dapat dimaklumi. Sedari awal, memang ia sudah terjun dalam dunia pertunjukan musikal dan kerap mengikuti audisi.

Sementara Naura, memang menyenangi musik dan pertunjukan Broadway. Namanya yang sudah cukup besar di dunia hiburan pun, tak membuatnya mudah berpuas diri. "Aku bawain peran ada tiga. Satunya lagi diri sendiri. Totalnya empat karakter. Ikut bangga akhirnya ada orang Indonesia dapat pelatihan seperti di Broadway gitu," papar anak kedua Nola B3 tersebut.

5. Perpanjang kerja sama hingga 2021, program beasiswa ini rencananya dibuka setiap dua tahun sekali. Apakah kamu yang selanjutnya?

Djarum Persembahkan Beasiswa Indonesia Menuju Broadway, Ini Hasilnya!IDN Times/Febriyanti Revitasari

Melihat suksesnya Indonesia Menuju Broadway angkatan pertama, Bakti Budaya Djarum Foundation pun tidak tinggal diam. Hingga 2021 nanti, lembaga ini telah memperpanjang kerja sama dengan StudentsLive dan Passport to Broadway.

Lewat kerja sama tersebut, pekerja seni dapat mengikuti kursus online. Kursus ini disusun secara khusus oleh tim kreatif StudentsLive - Passport to Broadway dan pelatih profesional pada 2020 mendatang. Dengan begitu, mereka sudah mendapatkan dasar pelatihan sebelum mengikuti audisi Indonesia Menuju Broadway pada tahun 2021.

"Audisi Indonesia Menuju Broadway menunjukkan atensi besar generasi muda untuk mengenal Broadway. Kami memutuskan untuk memperpanjang kerja sama dengan StudentsLive dan Passport to Broadway sehingga memberikan kesempatan pada pekerja seni di Indonesia guna meningkatkan kemampuan mereka dalam pertunjukan musikal," tutup Renita.

Ia pun berharap, akses pekerja seni berkualitas dari Indonesia untuk tampil di Broadway semakin bertambah. Dan lagi, dapat menembus teater di Amerika Serikat suatu saat nanti.

Itulah dia hasil dari Djarum persembahkan Beasiswa Indonesia Menuju Broadway! Kamu yang memang bekerja dan menikmati dunia seni, yakin mau melewatkan kesempatan ini dua tahun ke depan? Tidak mau bersaing di dunia seni kancah internasional? Coba, pikirkan dua kali!

Baca Juga: Bikin Bangga, 6 Film Horor Indonesia Ini Berhasil Go International

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You