Comscore Tracker

Gelar Ruangguru Champion 2019, Ruangguru Siap Cetak Pelajar Idola 

Adakah sekolahmu bertanding di sini?

Lagi-lagi, Ruangguru tidak pernah berhenti berinovasi. Setelah melewati ulang tahun kelima dengan sejumlah fitur seperti Smart Recommendation, Live Teaching, serta Social Learning, aplikasi bimbingan belajar online ini menggelar Ruangguru Champion 2019. Apa itu? Yuk, simak penjelasan Ruangguru Champion 2019 yang siap cetak pelajar idola berikut!

1. Ruangguru Champion 2019 adalah ajang cerdas cermat tingkat nasional yang diikuti siswa berprestasi dari jenjang SMP dan SMA

Gelar Ruangguru Champion 2019, Ruangguru Siap Cetak Pelajar Idola IDN Times/Febriyanti Revitasari

Ruangguru Champion 2019 adalah ajang cerdas cermat tingkat nasional yang digelar oleh Ruangguru, aplikasi bimbingan belajar online terbesar di Indonesia. Ada 110 siswa berprestasi, yang mana terdiri dari 66 siswa SMA dan 44 siswa SMP. Semuanya dipilih berdasarkan peringkat rata-rata sekolah dalam Ujian Nasional.

2. Menurut Iman Usman (pendiri Ruangguru), ajang ini diadakan untuk menciptakan idola-idola baru, khususnya di bidang pendidikan

Gelar Ruangguru Champion 2019, Ruangguru Siap Cetak Pelajar Idola IDN Times/Febriyanti Revitasari

"Kami percaya bahwa Indonesia memiliki anak bangsa yang memiliki prestasi, khususnya di bidang pendidikan. Melalui Ruangguru Champion 2019, kamu berharap dapat memunculkan tokoh pelajar yang menjadi inspirasi semua pelajar di Indonesia," ujar Iman.

Dikatakannya lagi, selama ini idola anak muda berasal dari dunia musik atau akting. Bukan tidak mungkin jika nantinya akan ada idola juga dalam dunia pendidikan, khususnya pelajar.

3. Putaran pertama Ruangguru Champion 2019 diadakan pada 18 Agustus, di mana merupakan tahap Regional Final

Gelar Ruangguru Champion 2019, Ruangguru Siap Cetak Pelajar Idola IDN Times/Febriyanti Revitasari

Berlokasi di Universitas Podomoro, Jakarta, kompetisi putaran pertama ini akan menggunakan sistem gugur. Dari sistem inilah, akan dihasilkan juara dari 20 siswa SMA/sederajat dan 20 siswa SMP/sederajat.

Pada putaran ini juga, jenjang SMA hanya akan memperebutkan seorang pemenang. Sedangkan itu, setiap ronde pada jenjang SMP akan memperebutkan dua orang pemenang. Semua pemenang ini akan mendapatkan tiket menuju National Final dan mendapat hadiah sebesar Rp 2.500.000,00.

"Peserta dikelompokkan menjadi empat wilayah besar, yaitu Sumatera & Indonesia Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat & Banten, serta DIY & Jateng," tutur Iman.

Baca Juga: Pertamina Gandeng Ruang Guru Berikan Pelatihan Karyawan

4. Sementara putaran kedua adalah National Final yang bisa kamu saksikan di layar kaca pada Agustus-Oktober 2019

Gelar Ruangguru Champion 2019, Ruangguru Siap Cetak Pelajar Idola IDN Times/Febriyanti Revitasari

Untuk putaran ini, kamu dapat menyaksikannya di stasiun televisi GTV. Finalis yang lolos hingga tahap tersebut, akan memperebutkan hadiah utama senilai Rp100 juta rupiah baik untuk jenjang SMP dan SMA. "Pemenang dari setiap pertandingan akan maju ke babak Grand Final pada 24 September 2019," tambah rekan Belva Devara tersebut.

Uniknya, penonton dapat mendukung finalis favorit melalui aplikasi Ruangguru. Peserta terfavorit nantinya akan mendapat hadiah berupa pentas seni atau acara sekolah yang dibiayai oleh Ruangguru.

5. Diikuti sejumlah sekolah dari hampir semua pulau di Indonesia, mata pelajaran yang akan dilombakan adalah Matematika, IPA, hingga IPS

Gelar Ruangguru Champion 2019, Ruangguru Siap Cetak Pelajar Idola IDN Times/Febriyanti Revitasari

Untuk jenjang SMP, mata pelajaran yang dijadikan kompetisi adalah Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum. Materi tersebut dimulai dari kelas 6 SD-9 SMP (K13 Revisi).

Untuk SMA, mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris yang jadi materi kompetisinya. Semua dimulai dari materi yang telah didapat dari kelas 9 SMP-11 SMA.

Itulah sekilas informasi tentang Ruangguru Champion 2019. Ternyata, rajin belajar banyak manfaatnya, ya? Selain nilai yang apik, kamu juga berkesempatan mengikuti ajang seperti Ruangguru Champion 2019. Siapa yang akan tahu kalau tahun depan kamu yang maju ke kompetisi itu? Makanya, ayo belajar!

Baca Juga: 10 Fakta Belva Devara, Sang CEO Ruangguru Idola Baru Para Cewek

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Elfida

Berita Terkini Lainnya