Comscore Tracker

Jangan Sampai Keteteran! Ini lho 10 Strategi untuk Tuntaskan SBMPTN

Tinggal di depan mata, lho!

Seringkali banyak peserta SBMPTN yang gagal masuk perguruan tinggi yang mereka impikan, entah karena kurangnya persiapan atau cara belajar yang kurang efektif. Di samping itu, padatnya aktivitas di kelas 12 juga terkadang membuat mereka kesulitan untuk membagi waktu antara belajar dengan kegiatan atau ujian yang lain.

Sehingga mereka akan kehilangan fokus untuk belajar dalam mempersiapkan tes masuk perguruan tinggi. Maka dari itu, agar persiapanmu menghadapi SBMPTN lebih matang, yuk, cari tahu bagaimana strategi belajar yang lebih efektif.

1. Tetapkan targetmu

Jangan Sampai Keteteran! Ini lho 10 Strategi untuk Tuntaskan SBMPTNPinterest.com

Buatlah target materi yang harus kamu kuasai dalam jangka waktu tertentu. Contohnya kamu dapat menetapkan target 3 hari per materi yang artinya dalam waktu 3 hari tersebut kamu harus telah menguasai materi tersebut.

2. Tentukan tipe gaya belajar terbaikmu

Jangan Sampai Keteteran! Ini lho 10 Strategi untuk Tuntaskan SBMPTNWeheartit.com

Menentukan tipe gaya belajar kamu juga merupakan hal yang penting, ya. Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, kamu tinggal menentukan gaya belajar yang cocok dengan kamu. Hal ini akan memudahkan kamu untuk memahami materi.

3. Buatlah jadwal belajar

Jangan Sampai Keteteran! Ini lho 10 Strategi untuk Tuntaskan SBMPTNLearnsignal.com

Menetapkan jadwal belajar akan membuat belajar kalian lebih efektif, karena jeda waktu yang terbilang cukup singkat antara UN dengan SBMPTN sehingga kalian harus mampu membagi waktu untuk belajar semaksimal mungkin.

4. Kupas tuntas bahan materi untuk SBMPTN

Jangan Sampai Keteteran! Ini lho 10 Strategi untuk Tuntaskan SBMPTNUnsplash.com

Kalian dapat mulai belajar dari materi di kelas 10 karena itu merupakan dasar dari materi kelas 11 dan 12. Pelajari meteri secara mendalam dan jangan terburu-buru, karena percuma saja jika tidak memahami konsep kalian juga akan kesulitan mengerjakan tes SBMPTN.

5. Jangan menghafal materi tetapi pahami konsep

Jangan Sampai Keteteran! Ini lho 10 Strategi untuk Tuntaskan SBMPTNUnsplash.com

Inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh pelajar, mereka hanya menghafalkan rumus dan materi tanpa tahu konsepnya. Sehingga, mereka dengan mudah melupakan materi yang telah mereka pelajari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Langkah Lulus SBMPTN 2020 dengan Mudah, Wajib Tahu Peta Persaingan!

6. Buatlah rangkuman materi

Jangan Sampai Keteteran! Ini lho 10 Strategi untuk Tuntaskan SBMPTNUnsplash.com

Sediakan buku catatan untuk mencatat hal-hal yang penting dan buatlah semenarik mungkin agar kalian tidak merasa jenuh saat mempelajarinya kembali. Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa mencatatan akan lebih efektif dan efisien daripada hanya sekadar membaca.

7. Kerjakan banyak latihan soal

Jangan Sampai Keteteran! Ini lho 10 Strategi untuk Tuntaskan SBMPTNWeheartit.com

Kamu perlu memperbanyak latihan soal-soal, agar kamu tahu seberapa jauh materi yang telah kamu kuasai, sehingga kamu dapat mengevaluasi di mana kesalahanmu. Banyak buku-buku latihan untuk SBMPTN yang bisa kamu dapatkan untuk meningkatkan kemampuanmu

8. Berilah waktu dirimu untuk beristirahat

Jangan Sampai Keteteran! Ini lho 10 Strategi untuk Tuntaskan SBMPTNUnsplash.com

Jangan terlalu memberikan tekanan pada dirimu sendiri untuk terus belajar. Biarkan dirimu beristirahat sejenak, jangan sampai belajarmu sejauh ini hanya akan menemukan kegagalan karena kondisi tubuhmu yang kurang fit.

9. Mulailah mempersiapkan sedini mungkin

Jangan Sampai Keteteran! Ini lho 10 Strategi untuk Tuntaskan SBMPTNPinterest.com

Tak usah menunda belajar, karena kamu tidak bisa belajar untuk SBMPTN hanya dalam waktu seminggu atau bahkan semalam. Toh, nantinya jika berhasil kamu akan bangga pada dirimu sendiri dengan kerja keras yang telah kamu lakukan.

10. Berdoa dan percaya pada dirimu sendiri

Jangan Sampai Keteteran! Ini lho 10 Strategi untuk Tuntaskan SBMPTNDesiringgod.org

Selalu percaya pada kemampuan dirimu sendiri jika kamu bisa melakukannya. Dan jangan lupa berdoa dan minta restu pada orang tua. Karena selalu ada jalan bagi orang yang mau bersungguh-sungguh.

Itulah persiapan yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi SBMPTN. Jangan lupa untuk selalu berusaha dan bekerja keras agar hasil yang kamu dapat maksimal.

Baca Juga: Sebentar Lagi SBMPTN, Ini Saran dari Kemdikbud dan Quipper

Salsabila Iffah Photo Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya