Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari di Sastra Indonesia, Gak Melulu Puisi

Belajar sejarah juga, lho. Seru banget!

Jurusan sastra Indonesia memang kurang diminati para calon mahasiswa. Terbukti dari data jumlah peminat jurusan ini yang lebih kecil dibandingkan jurusan lain. Pagu jurusan di setiap universitas pun terbilang lebih kecil dari jurusan lain. Saat mendengar jurusan ini, kamu pasti merasa asing dan bertanya, kuliah jurusan sastra Indonesia belajar apa? Puisi kah?

Memang saat mendengar kata "sastra" kebanyakan orang akan mengaitkannya dengan puisi. Itu tidak salah, karena puisi memang bagian dari karya sastra. Namun, kuliah di jurusan sastra Indonesia tidak melulu mempelajari puisi. Ada bidang-bidang lain yang tentu tidak kalah menarik untuk dipelajari. Berikut ini ulasannya.

1. Kamu akan bertemu dengan ilmu bahasa atau linguistik

5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari di Sastra Indonesia, Gak Melulu Puisipexels.com/Pixabay

Bahasa menjadi bagian penting yang membentuk suatu karya sastra. Dengan mempelajari ilmu sastra, kamu juga akan mempelajari ilmu bahasa atau linguistik. Linguistik memiliki beberapa cabang, mulai dari fonologi sampai semantik. Mempelajari ilmu bahasa memang tidak semudah yang kamu kira, tetapi cukup mengasyikkan, kok!

2. Kamu juga akan belajar sejarah

5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari di Sastra Indonesia, Gak Melulu Puisipexels.com/Andrea Piacquadio

Jurusan sastra Indonesia juga mempelajari sejarah, lho. Sejarah yang dibahas tentu berkaitan dengan sastra atau sejarah sastra. Kamu akan mempelajari bagaimana sejarah sastra Indonesia mulai dari Angkatan Balai Pustaka sampai karya sastra terbitan era reformasi seperti sekarang. Kamu pun dapat mengenal tokoh-tokoh sastrawan yang berpengaruh pada masanya.

Baca Juga: 7 Penulis Hebat yang Tidak Pernah Memenangkan Nobel Sastra, Miris!

3. Gak cuma bahasa Indonesia, kamu pun akan belajar bahasa asing

5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari di Sastra Indonesia, Gak Melulu Puisipexels.com/Olya Kobruseva

Meskipun namanya sastra Indonesia, jurusan ini tidak hanya mempelajari bahasa Indonesia kok. Kamu pun akan belajar bahasa asing, seperti bahasa Arab, bahasa Jawa kuno, dan bahasa Sanskerta. Dengan mempelajari bahasa-bahasa tersebut, nantinya kamu akan dimudahkan untuk meneliti naskah-naskah kuno yang kebanyakan mengunakan bahasa arab, bahasa Jawa kuno, dan bahasa Sanskerta.

4. Ada drama juga lho!

5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari di Sastra Indonesia, Gak Melulu Puisipexels.com/Maria Silvestre

Drama merupakan salah satu jenis karya sastra juga, lho! Jadi gak heran kalau di jurusan ini kamu akan mempelajari drama, mulai dari mengapresiasi drama, membuat naskah drama, sampai menampilkan sebuah pertunjukan drama. Gak cuma menulis, kan? Ternyata jurusan sastra Indonesia juga ada praktiknya.

5. Ekranisasi, cocok untuk kamu yang hobi nonton film

5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari di Sastra Indonesia, Gak Melulu Puisipexels.com/Andrea Piacquadio

Ekranisasi adalah pelayarputihan pengubahan dari novel ke film. Nantinya kamu akan mengaji sebuah film yang diangkat dari novel. Ekranisasi merupakan bagian jadi kajian sastra. Cocok nih buat kamu yang suka nonton film. Bisa sekalian refreshing, deh!

Itulah hal-hal yang dipelajari di jurusan Sastra Indonesia. Gak melulu puisi kok. Ternyata, kamu juga mempelajari ilmu bahasa, sejarah, bahasa asing, drama, dan film. Jadi, kuliah di jurusan sastra Indonesia bisa mempelajari banyak hal. Gimana, tertarik untuk kuliah di jurusan ini?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memilih Jurusan Sastra 

Wahyu Amanatullah Photo Writer Wahyu Amanatullah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya