Comscore Tracker

Kenapa Seragam Sekolah Kita Warnanya Seperti Itu?

#EdFunFact Kenapa gak pakai motif bunga-bunga?

Masa remaja adalah masa yang paling indah, kata orang. Masa remaja dan puberty emang ga bisa lepas dari yang namanya sekolah. Kelas yang rame ga pernah sepi, selalu jadi kenangan. Dimarahin guru karena lupa bikin tugas, malah lucu kalau diingat-ingat lagi. Upacara setiap Senin pagi yang bikin kangen. Memori di sekolah adalah kenangan yang sulit dilupakan. Mulai dari temen yang bikin rindu, crush sama kakak kelas sampai acara kelulusan yang corat-coret seragam.

Oke, kali ini kita bukan bahas kekesalan waktu dimarahin guru atau gimana rasanya crush sama kakak kelas, tapi, tentang seragamnya. Jarang orang memperhatikan pentingnya warna seragam, bahkan ada yang ga pake seragam ke sekolah. Padahal dibalik ketiga warna yang kita pernah pake waktu sekolah dulu, dari merah, biru sampai abu-abu punya tujuan yang baik. Berikut alasan pemerintah membuat kebijakan untuk warna seragam sekolah di negara kita tercinta ini.

1. Warna merah untuk Sekolah Dasar (SD)

Kenapa Seragam Sekolah Kita Warnanya Seperti Itu?bobo.grid.id

Sekolah Dasar (SD) jadi kenangan pertama buat kita belajar formal. Ketemu teman sebaya (peer group) sebagai agen sosialisasi kita, guru-guru yang ramah, bikin kita ga bosen buat datang ke sekolah enam hari dalam seminggu. Ditemani atasan putih dan bawahan merah, jadi simbol buat anak SD.

Warna merah menurut psikolog memberikan rasa semangat/excited, kekuatan dan keberanian, sehingga cocok untuk digunakan anak-anak usia 6-12 tahun. Merah juga membantu mereka untuk lebih percaya diri dan mudah berbaur dengan lingkungannya. Warna ini digunakan agar anak-anak bisa termotivasi untuk menuntut ilmu dan excited untuk bersekolah.

2. Warna biru untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Kenapa Seragam Sekolah Kita Warnanya Seperti Itu?tribunnews.com

Baca Juga: 6 Tips Pendidikan Karakter Sederhana dari Sekolah di Jepang

Setelah mengalami awal puberty di akhir Sekolah Dasar (SD), masa ini dilanjutkan ke waktu dimana kita memakai bawahan biru, atau biasa disebut donker. Masa peralihan yang sering bikin deg-degan ga bakal pernah terlupakan. Di masa ini hampir semua remaja jadi lebih moody-an, pencarian jati diri, katanya. Sehingga warna biru yang ditetapkan sebagai warna seragam SMP membantu kita untuk lebih stabil. Selain itu, biru juga melambangkan kecerdasan, hubungan dengan sesama, kepercayaan diri. Oleh karena itu, warna biru dipilih untuk remaja yang akan beranjak dewasa ini.

3. Warna abu-abu untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)

Kenapa Seragam Sekolah Kita Warnanya Seperti Itu?Dokumen Pribadi

Masa putih-biru sudah berakhir dan masa yang ditunggu-tunggu semua remaja telah datang. Yaitu, putih-abu. Dari 12 tahun wajib belajar, tingkat inilah yang paling berkesan dan terkenang. Show off tentang jati diri, kedewasaan dan perencanaan masa depan yang matang telah dilakukan di waktu ini. Kearifan untuk bertindak juga dituntut untuk bisa. Untuk itu, seragam untuk murid SMA adalah abu-abu.

Abu-abu mencerminkan kemandirian, keseriusaan dan kedewasaan bagi orang yang memakainya. Sehingga seragam putih-abu ini menurut pemerintah cocok bagi remaja tanggung seperti kita.

Itulah alasan dari pemilihan warna untuk seragam tingkatan sekolah di Indonesia. Semoga hal ini dapat membantu bagi murid, guru serta orang tua untuk membantu Proses Belajar Mengajar (PBM) di sekolah. Dan membentuk generasi penerus bangsa yang cemerlang.

Baca Juga: Ternyata Begini Penampilan 8 Musisi Tanah Air Saat Sekolah, Lucu Abis!

miuqiqu Photo Writer miuqiqu

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya