Comscore Tracker

5 Perbedaan Jurusan SI dan TI yang Masih Banyak Orang Salah Paham

Jurusan TI dan SI memiliki konsentrasi ilmu yang berbeda

Di zaman yang sudah modern ini, jurusan komputer mulai digemari oleh banyak orang. Jurusan komputer sudah banyak ditemukan di berbagai kampus. Jurusan komputer yang terkenal saat ini adalah Teknik Informatika (TI) dan Sistem Informasi (SI). Banyak orang yang beranggapan kalau kedua jurusan tersebut merupakan jurusan yang sama.

Padahal dari namanya saja sudah jelas kalau kedua jurusan tersebut berbeda. Selain itu kurikulum pelajaran kedua jurusan tersebut jugalah beda. Lalu apa yang membedakan antara Teknik Informatika dan Sistem Informasi? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Konsentrasi jurusan

5 Perbedaan Jurusan SI dan TI yang Masih Banyak Orang Salah Pahamwww.itstarterseries.com

Dilihat dari konsentrasi jurusannya, Teknik Informatika berkonsentrasi terhadap perancangan dan pengembangan suatu perangkat lunak dan aplikasi. Selain itu, mahasiswa jurusan Teknik Informatika dituntut untuk memiliki kemampuan dalam algoritma komputasi.

Sedangkan Sistem Informasi berkonsentrasi terhadap pengembangan pada sebuah sistem informasi. Di sini, mahasiswa jurusan Sistem Informasi dituntut untuk memiliki kemampuan dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sebuah sistem informasi.

2. Mata kuliah

5 Perbedaan Jurusan SI dan TI yang Masih Banyak Orang Salah Pahamwww.thebalancecareers.com

Untuk mata kuliah, kebanyakan mata kuliah Teknik Informatika bersifat teknis. Misalnya seperti mata kuliah perhitungan, bahasa pemprograman, dan mata kuliah yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi dan perangkat lunak.

Sedangkan untuk mata kuliah Sistem Informasi terdapat pula bahasa pemprograman. Cuman yang membedakannya ialah terdapat mata kuliah yang bersifat pada pengembangan sistem dan mata kuliah manajemen.

Baca Juga: 7 Prospek Karier Lulusan Jurusan Filsafat 

3. Kompetensi lulusan

5 Perbedaan Jurusan SI dan TI yang Masih Banyak Orang Salah Pahamwww.earnmydegree.com

Lulusan Teknik Informatika diharapkan memiliki kompetensi keahlian seperti pemprograman, pembuatan aplikasi, pembuatan sistem operasi dan pengembangan perangkat lunak.

Lalu, lulusan Sistem Informasi diharapkan memiliki kompetensi keahlian seperti pemprograman, pemahaman dalam pengembangan sistem informasi, maintenance sistem informasi, dan pengelolaan database.

4. Gelar yang dimiliki

5 Perbedaan Jurusan SI dan TI yang Masih Banyak Orang Salah Pahamnext.bncollege.com

Lulusan Teknik Informatika umumnya akan mendapatkan gelar S.T. (Sarjana Teknik) atau S.TI. (Sarjana Teknologi Informasi). Sedangkan untuk lulusan Sistem Informasi umumnya akan mendapatkan gelar S.SI. (Sarjana Sistem Informasi).

Tapi terkadang ada beberapa kampus yang memberi gelar yang sama pada lulusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi yaitu S.Kom. (Sarjana Komputer).

5. Ranah pekerjaan

5 Perbedaan Jurusan SI dan TI yang Masih Banyak Orang Salah Pahamwww.forbes.com

Dalam ranah pekerjaan, lulusan Teknik Informatika biasanya akan ditempatkan pada bagian pemprograman, pembuatan aplikasi, pengembangan aplikasi, bahkan pengembangan artificial intelligence.

Sedangkan untuk lulusan Sistem Informasi biasanya akan ditempatkan pada bagian pengembangan sistem, implementasi sistem informasi, dan maintenance sistem.

Namun pada praktiknya, lulusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi bisa bekerjasama pada bidang pekerjaan yang sama.

Sekarang sudah tahu kan perbedaan antara jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi? Jika kamu berkeinginan menjadi seorang programmer, maka kamu bida memilih jurusan Teknik Informatika. Tapi apabila kamu ingin mempelajari sistem, Sistem Informasi merupakan pilihan yang tepat. Jadi jurusan mana yang menjadi pilihanmu?

Baca Juga: 5 Hal yang akan Kamu Pelajari Saat Mengambil Jurusan Teknik Lingkungan

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You