Comscore Tracker

5 Penyesalan 'Terberat’ Anak SMA yang Akan Ujian Nasional Tahun Depan

Duh, jangan sampai nyesel seumur hidup!

Namanya juga penyesalan, pasti selalu datang di akhir deh. Kita memang bukan cenayang yang bisa memprediksi apakah yang kita lakukan ini nantinya akan membuat kita menyesal atau justru sebaliknya. Tenang, setidaknya kamu bisa kok untuk menghindarinya. Buat kamu anak SMA yang tahun depan akan mengikuti ujian
nasional, coba pikir-pikir lagi 6 hal ini. Jangan sampai menyesal ya!

1. Salah mengambil tempat bimbingan belajar

5 Penyesalan 'Terberat’ Anak SMA yang Akan Ujian Nasional Tahun DepanUnsplash.com/akson

"Eh les di sana aja yuk, ada si A.. "

"Eh kita les di sana aja deh, soalnya yang lain juga di sana.."

Jangan sampai dua hal di atas menjadi pertimbanganmu saat memilih tempat bimbingan les. Memilih tempat bimbingan les bukan perkara ada teman yang kamu kenal, atau hanya sekedar dekat dari rumah. Pilihlah tempat yang memang berkualitas. Cara paling mudah untuk memilihnya adalah dengan melihat seberapat hebat alumni dari tempat itu.

2. Salah memilih kampus dan jurusan perkuliahan

5 Penyesalan 'Terberat’ Anak SMA yang Akan Ujian Nasional Tahun DepanUnsplash.com/AliYahya

Saat kuliah kamu diberi kebebasan untuk memilih kampus dan jurusan yang ingin dipelajari. Jangan sampai ini malah menjadi bumerang bagimu. Pilihlah kampus yang memang terbukti mendapat akreditasi. Dan juga pilihlah jurusan yang memang kamu suka agar bisa jadi modalmu di dunia kerja nanti.

Salah satu kampus yang bisa menjadi piihan terbaikmu adalah Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR). Kampus yang terletak di Bandung ini, dinobatkan sebagai perguruan tinggi yang berhasil meningkatkan status klasternya menjadi klaster mandiri lho. Dengan peningkatan klaster ini, UNPAR selangkah lebih maju untuk mewujudkan universitas berbasis riset tingkat dunia. 

3. Dulunya nggak pernah aktif di ekstrakurikuler dan juga organisasi siswa

5 Penyesalan 'Terberat’ Anak SMA yang Akan Ujian Nasional Tahun DepanUnsplash.com/MuhammadFaizZulkeflee

Gak sedikit yang bilang kalau ikut organisasi di sekolah menyita banyak waktu. Namun, itu sebanding dengan banyaknya pelajaran yang bisa kamu dapatkan. Dengan aktif di organiasasi, kamu akan belajar arti tanggung jawab, problem solving hingga kemampuan berkomuniasi. Beberapa skill di atas itu, nyataya sangat membantumu saat kuliah dan di dunia pekerjaan lho!

Kalau pas SMA gak pernah ikut organisasi, ya .. nyeselnya belakangan deh.

4. Berteman dengan orang yang itu-itu saja

5 Penyesalan 'Terberat’ Anak SMA yang Akan Ujian Nasional Tahun DepanUnsplash.com/AliYahya

Memang sih berteman dengang yan match sama kita itu menyenangkan. Apalagi punya kesukaan dan pola pikir yang sama. Tapi hal itu jangan sampai membatasimu untuk berteman dengan banyak orang, ya.

Jika berteman dan baik dengan semua orang, kamu akan menuai banyak manfaat kok. Bisa bikin kamu gak merasa kesepian, bisa memahami beragam sifat orang, dan yang paling penting selalu mendapat bantuan dalam hal apapun. 

5. Takut mencoba hal baru

5 Penyesalan 'Terberat’ Anak SMA yang Akan Ujian Nasional Tahun DepanUnsplash.com/SeanKong

Jika setiap hari kamu melakukan hal yang sama, pasti kamu takut untuk mencoba hal baru. Sebaiknya ketakutan-ketakutan itu kamu singkirkan sebelum menjadi penyesealan.
Nah masa-masa SMA adalah waktu yang tepat untukmu mencoba berbagai bari. Karena, dengan mencoba hal baru, banyak kemampuan dari dirimu yang akan terasah. Mulai memicu kreativitas, mendapat teman baru, sampai lebih mengenal diri sendiri.

Itulah 5 hal yang kudu banget kamu perhatikan, khususnya saat masa SMA. Jangan sampai malah menjadi penyesalan seumur hidupmu!

YLR YLR Photo Verified Writer YLR YLR

Seringnya main gadget. Kebiasaanya duduk deket colokan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya