Comscore Tracker

Beasiswa Untuk Kamu yang Tertarik Menempuh Pendidikan di Korea Selatan

Yuk, kuliah di Korea Selatan!

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, Korea Selatan dapat menjadi pilihan. Korea selatan pun menjadi salah satu negara favorit bagi siswa Indonesia untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke dunia perkuliahan. Kabar baik bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Korea Selatan, berikut ini beberapa beasiswa yang bisa membantu proses kamu memperoleh gelar sarjana.

1. Korean Goverment Scholarship Program

Beasiswa Untuk Kamu yang Tertarik Menempuh Pendidikan di Korea Selatanpexels/Hai Nguyen

Ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintahan Korea Selatan kepada mahasiswa internasional. Beasiswa ini diberikan secara penuh, yaitu biaya perkuliahan, biaya hidup berupa uang saku per bulan,  biaya akomodasi, dan biaya bantuan-bantuan lainnya. Jika mahasiswa internasional menerima program beasiswa ini, maka harus mengikuti proses kursus bahasa terlebih dahulu selama setahun. 

Selain S1, beasiswa ini pun menyediakan program beasiswa hingga pendidikan S3. Kamu dapat memperoleh informasi lebih lanjut melalui situs http://idn.mofa.go.kr atau email ke: koremb_in@mofa.go.kr

Baca Juga: 5 Langkah Tepat Daftar Beasiswa Biar Gak Panik Duluan

2. Korea National University of Arts (K’ARTS)

Beasiswa Untuk Kamu yang Tertarik Menempuh Pendidikan di Korea SelatanUnsplash/Vidar Nordli-Mathisen

K’ARTS membuka program The Objective of the Art Major Asian (AMA) Scholarship Program bagi mahasiswa di negara tertentu. Indonesia adalah salah satunya. Beasiswa ini sangat menarik bagi kalian para pecinta seni karena program ini memberikan beasiswa untuk perkuliahan seni seperti musik, teater, akting, multimedia, dan lain sebagainya. 

Beasiswa ini memberikan kamu pendidikan secara gratis dan uang saku tiap bulannya, akomodasi, serta asuransi kesehatan. Informasi selanjutnya dapat kamu peroleh melalui email ini: goama@karts.ac.kr . 

3. Beasiswa di UNIST Korea untuk MS dan PhD

Beasiswa Untuk Kamu yang Tertarik Menempuh Pendidikan di Korea SelatanBusiness Insider

Ulsan National Institute of Science and Technology memiliki penawaran beasiswa dalam dua jenjang, yaitu Master of Science selama dua tahun dan Doctor of Philosophy (PhD) selama empat tahun. Dalam program beasiswa UNIST, kamu dapat memperoleh biaya kuliah, uang saku, dan biaya konferensi tahunan.

Program beasiswa ini juga menawarkan untuk program riset yang terkait "teknik struktur". Pendidikan ini ditempuh selama dua tahun untuk program master dan empat tahun untuk PhD. Dapat juga ditempuh dengan mendapatkan dua gelar selama enam tahun. Informasi selanjutnya dapat kamu peroleh melalui situs ylee.unist.ac.kr atau email: ylee@unist.ac.kr.

4. Beasiswa Asia Fellowship

Beasiswa Untuk Kamu yang Tertarik Menempuh Pendidikan di Korea Selataninstagram.com/kampusindonesia

POSCO TJ Park Foundation merupakan yayasan di bawah perusahaan baja korea yaitu POSCO. Di Indonesia, POSCO bekerja sama dengan Krakatau Steel. Setiap tahunnya, POSCO TJ Park Foundation membuka program beasiswa untuk pascasarjana dan doktoral untuk bidang science, ekonomi, sosial, dan sastra.  

Program ini hanya berlaku bagi mahasiswa Asia saja. Para peserta beasiswa tidak diharuskan untuk sekolah Bahasa Korea terlebih dahulu karena program ini dilakukan dalam Bahasa Inggris. Namun jika kamu ingin belajar Bahasa Korea terlebih dahulu, maka kamu harus mengeluarkan biaya sendiri.  Beasiswa yang diberikan berupa biaya kuliah dan uang saku setiap bulannya. Informasi selanjutnya dapat kamu peroleh melalui situs www.postf.org

5. Program dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Republik Indonesia

Beasiswa Untuk Kamu yang Tertarik Menempuh Pendidikan di Korea SelatanPexels.com/Pixabay

Program beasiswa LPDP merupakan program dari lembaga resmi negara Indonesia dan juga membuka peluang bagi kamu yang ingin kuliah di Korea Selatan. Peluang beasiswa dibuka untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan lanjutan untuk S2 dan S3 di beberapa nama-nama kampus besar, seperti Seoul National University, Yonsei University, Korea University.

Program LPDP mengajak mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan untuk menjadi pemimpin Indonesia di masa mendatang. Informasi selanjutnya mengenai proses seleksi dan berbagai syarat yang harus dipenuhi dapat kamu akses melalui situs www.lpdp.kemenkeu.go.id

Kira-kira, mana yang akan kamu coba? Selamat berjuang, ya!

Baca Juga: 5 Hal Kegalauan Penerima Beasiswa yang Telat Lulus dan Sisi Positifnya

Topic:

  • Yolanda Vania
  • Elfida

Just For You