Comscore Tracker

Tanpa Kuliah, Kursus Ini Cocok untukmu yang Ingin Punya Gaji Sendiri

Tak memiliki gelar? Kursus juga bikin kamu berpenghasilan!

Pendidikan tidak selalu harus berlangsung secara formal. Ada pula pendidikan yang bersifat nonformal. Kursus adalah salah satunya. Kamu yang kurang menyukai pendidikan formal, bisa menjadikannya pilihan untuk melanjutkan pendidikan.

Layaknya sekolah, kursus pun berjalan dengan proses belajar mengajar. Hanya saja, ia lebih menekankan kepada keterampilan tertentu saja. Di samping itu, materinya banyak mengarah kepada praktik. Hasil kursus pun bisa lebih dipercaya jika kamu mengikuti kursus yang memberikan sertifikat secara resmi.

Sertifikat yang diperoleh tadi, dapat dijadikan modal berkarya dan mengembangkan diri ke depannya. Baik itu di dunia kerja atau pun wirausaha. Kursus akan mengajakmu mengutamakan praktik daripada sekadar pengetahuan hafalan. Berikut jenis-jenis kursus yang cocok untukmu, yang ingin punya gaji sendiri. Simak, yuk!

1. Pertama, ada tata boga. Kursus ini amat cocok buatmu yang tertarik dalam bidang kuliner

Tanpa Kuliah, Kursus Ini Cocok untukmu yang Ingin Punya Gaji SendiriPexels/Elle Hughes

Buat yang hobi atau memiliki kemampuan dalam tata boga, kursus ini sangat cocok untukmu. Dengan kursus, kamu memiliki kemampuan setara dengan mereka yang menempuh pendidikan di bangku kuliah. Namun, kursus punya jadwal yang lebih fleksibel. 

Saat belajar sendiri, kemampuanmu akan sulit berkembang. Jika mempelajari dari internet, hal yang didapat pun tidak sama seperti ikut kursus. Setelah kursus tata boga, kamu bisa langsung berbisnis dan memiliki penghasilan sendiri. Misalnya, membuka katering, rumah makan, bakery, dan lainnya. 

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis dengan antusiasme paling besar. Setiap hari, manusia membutuhkan bahan pangan. Karena itu, mulailah dari bisnis kecil dengan sistem pre-order. Bermula dari teman-teman terdekat, nantinya berkembang ke lingkungan luar. Bahkan, dapat membuka rumah makan atau toko kelak. 

2. Hobi berbicara tetapi bingung menyalurkannya? Kursus public speaking dapat kamu jadikan pilihan

Tanpa Kuliah, Kursus Ini Cocok untukmu yang Ingin Punya Gaji SendiriUnsplash.com/@productschool

Hobi berbicara tetapi bingung bagaimana menyalurkannya? Kursus public speaking cocok untukmu! Dalam kursus ini, kamu akan diajarkan cara menjadi pembicara yang baik serta berkomunikasi di depan audiens.

Dengan mengikuti kursus ini, caramu berkomunikasi semakin terasah dan bisa digunakan dalam bidang apa pun. Ini karena kemampuan tersebut dapat membuatmu lebih percaya diri menghadapi banyak hal. Peluang pekerjaan yang bisa didapatkan dari kursus ini adalah menjadi presenter, MC, pembicara seminar, dan lainnya. 

3. Tertarik dengan banyak bahasa di dunia? Kursus bahasa asing dapat membawamu bertemu dengan orang-orang di negara yang berlainan

Tanpa Kuliah, Kursus Ini Cocok untukmu yang Ingin Punya Gaji Sendirieducation.japantimes.co.jp

Saat ini, Indonesia sedang cukup berkembang lantaran menjalin kerja sama dengan berbagai negara. Oleh karena itu, bukan hanya orang yang mengerti bahasa Inggris saja yang dibutuhkan. Tetapi juga bahasa Korea, Jepang, Mandarin, dan lainnya. 

Dengan ikut kursus bahasa asing, kamu dapat menjadi penerjemah bagi perusahaan, perseorangan, atau pemerintahan. Tarif yang dipasang untuk seorang penerjemah pun, tidak kecil. Toh, keahlian khusus ini hanya dimiliki sebagian orang saja. 

Memiliki kemampuan dalam bidang ini, akan membawamu bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai negara. Hal tersebut akan memperbesar lingkungan dan relasi untuk mengembangkan karier ke depannya. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea yang Bisa Bikin Mahir Tanpa Kursus

4. Kursus tata rias memungkinkanmu menjadi Make Up Artist (MUA), sebuah profesi yang selalu dibutuhkan perempuan

Tanpa Kuliah, Kursus Ini Cocok untukmu yang Ingin Punya Gaji SendiriPexels/agnes talalaev

Ini dia profesi yang sedang menjamur di Indonesia. Dengan mengikuti kursus tata rias, kamu bisa mendapatkan ilmu tentang cara menjadi MUA profesional. Gak main-main, jasa ini akan selalu dibutuhkan bagi kehidupan perempuan. Baik itu untuk acara pernikahan, undangan formal, hingga kebutuhan syuting.

Beberapa tempat kursus menyediakan paket tata rias wajah sekaligus tata rambut. Dengan begitu, kamu memiliki keahlian yang komplet. Pelanggan pun tidak perlu memanggil orang lagi untuk styling rambut. Keuntunganmu akan lebih besar!

5. Bermodalkan kursus fashion design, kamu bisa punya merek pakaian sendiri bak Christian Dior lho!

Tanpa Kuliah, Kursus Ini Cocok untukmu yang Ingin Punya Gaji Sendiricareergirls.org

Industri kreatif di Indonesia semakin berkembang dan semakin diterima masyarakat. Salah satu profesi yang berkembang dari industri tersebut adalah fashion designer. Kini, merek dalam negeri sedang marak bermunculan. Kamu pun bisa melakukan hal yang sama.

Peluang pekerjaan bagi fashion designer sangat terbuka lebar. Manusia membutuhkan bahan sandang setiap harinya. Selain membuka usaha sendiri, kamu juga bisa menjadi konsultan mode untuk merek tertentu.

Baca Juga: 5 Situs Kursus Online Terbaik Buat Kamu yang Mempersiapkan UN 2018

Topic:

  • Yolanda Vania
  • Febriyanti Revitasari

Just For You