Jangan Remehkan, Ini 8 Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesia

Kuliah Sastra Indonesia, nanti kerjanya apa, sih?

Mungkin jurusan Sastra Indonesia termasuk yang kurang banyak diminati. Namun, jurusan yang satu ini diperkirakan akan sangat berguna di masa depan, mengingat berkembangnya penggunaan bahasa Indonesia di berbagai belahan dunia. Bahasa Indonesia juga sudah mulai diterapkan di banyak perguruan tinggi di luar negeri, loh.

Nah, meskipun sebagian besar orang Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-harinya, jangan sampai kamu menganggap remeh jurusan ini, ya!

Jurusan yang cocok untuk pencinta kesusastraan ini akan lebih banyak mendalami aneka ragam subjek sastra, puisi, maupun linguistik. Namun, masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang prospek kerja jurusan ini. Apakah kamu termasuk salah satunya?

1. Tenaga pengajar

Jangan Remehkan, Ini 8 Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesiaunsplash.com/@nicolehoneywill

Tenaga pengajar merupakan salah satu prospek kerja paling umum dari jurusan sastra Indonesia. Bisa dibilang prospek kerja yang satu ini tidak akan ada habisnya, loh. Setiap instansi pendidikan, mulai dari TK hingga perguruan tinggi, sudah pasti membutuhkan tenaga pengajar.

Belum lagi, pelajaran bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang wajib ada di sekolah-sekolah di Indonesia sehingga tidak akan mungkin dihapuskan. Jadi, kesempatan untuk menjadi tenaga pengajar amat terbuka lebar, 'kan?

2. Penulis konten

Jangan Remehkan, Ini 8 Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesiaunsplash.com/@firmbee

Teknologi yang berkembang pesat seiring perkembangan zaman, membuat banyak perusahaan atau start-up yang memiliki laman mereka sendiri. Tak hanya menguntungkan para desain atau lulusan IT saja, tetapi juga untuk lulusan sastra.

Prospek kerja ini mengharuskan para lulusan sastra Indonesia untuk mengisi laman internal dengan konten-konten yang menarik. Cocok banget buat kamu para lulusan sastra!

3. Editor

Jangan Remehkan, Ini 8 Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesiaunsplash.com/@5dworkspace

Zaman sekarang, banyak orang menulis dan mengajukan tulisannya agar dicetak sebagai sebuah buku. Setelah terbit, buku tersebut akan terpampang di banyak toko buku. Namun, di balik semua itu, tahukah kamu ada editor yang bekerja keras menyempurnakan tulisan kamu sebelum dibukukan?

Jangan khawatir, prospek kerja yang satu ini jangkauannya cukup luas, Guys. Tidak hanya di penerbit buku saja, kok, editor bahasa juga ada di industri media cetak maupun digital. Jurusan sastra Indonesia akan sangat membantumu meraih prospek kerja ini.

4. Penulis

Jangan Remehkan, Ini 8 Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesiaunsplash.com/@thoughtcatalog

Keterampilan menulis sudah sepatutnya dimiliki oleh para mahasiswa jurusan sastra Indonesia. Itu karena banyak tugas yang mengharuskan para mahasiswanya untuk menulis. Jadi, tidak salah lagi jika lulusan sastra Indonesia memiliki kemampuan menulis yang mumpuni.

Prospek kerja yang satu ini juga sangat jelas. Dengan modal menulis saja, para lulusan sastra Indonesia ini bisa mendapatkan gaji. Kamu bisa jadi penulis skenario film, naskah drama, puisi, hingga novel. Semua dapat digeluti oleh para lulusan sastra Indonesia, loh!

Baca Juga: 5 Pengalaman Berharga Kalau di SMA Masuk Jurusan Bahasa

5. Instansi pemerintah

Jangan Remehkan, Ini 8 Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesiaunsplash.com/@campaign_creators

Di instansi pemerintahan, para lulusan sastra Indonesia bisa melamar sebagai pegawai negeri sipil. Adapun, lembaga pemerintah yang paling berhubungan dengan jurusan sastra Indonesia ini adalah Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri.

Selain itu, para lulusan sastra Indonesia juga bisa bekerja di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Lembaga ini termasuk ke dalam bagian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menjanjikan, nih!

6. Industri media dan perfilman

Jangan Remehkan, Ini 8 Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesiaunsplash.com/@sharegrid

Para lulusan sastra Indonesia memiliki banyak peluang di industri media, baik cetak maupun digital. Banyak posisi yang bisa ditempati oleh para lulusan sastra Indonesia dalam industri media, seperti jurnalis, penerjemah, reporter, script writer, hingga redaktur.

Sementara, dalam dunia pertelevisian atau perfilman, para lulusan sastra Indonesia dapat menjadi penulis naskah, tim kreatif, aktor atau aktris, bahkan bisa menjadi sutradara sebuah acara atau film. Keren, ya!

7. Copywriter

Jangan Remehkan, Ini 8 Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesiaunsplash.com/@helloquence

Dapat merangkai kata-kata, meluapkan isi pikiran melalui tulisan, dan bermain-main dengan kosakata sepertinya sudah menjadi kebiasaan mutlak lulusan sastra Indonesia. Nah, prospek kerja yang satu ini membutuhkan keterampilan dalam merangkai kata-kata yang menarik, loh.

Banyak perusahaan periklanan yang tertarik mengambil lulusan dari sastra Indonesia untuk menjadi copywriterCopywriter bertugas sebagai penulis naskah sebuah iklan untuk perusahaan. Iklan tersebut nantinya akan disiarkan melalui berbagai platform seperti media cetak, media daring, radio, bahkan televisi. 

8. Pakar bahasa

Jangan Remehkan, Ini 8 Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesiaunsplash.com/benwhitephotography

Para lulusan sastra Indonesia juga memiliki kesempatan untuk menjadi ahli bahasa, loh. Para ahli pada umumnya bekerja sebagai peneliti dan pengamat. Hanya saja, mungkin prospek kerja yang satu ini kurang terkenal di kalangan masyarakat.

Namun, jangan salah, loh. Peneliti dan pengamat dalam bahasa sangat diperlukan dalam perkembangan bahasa. Selain itu, penelitian bahasa juga sangat bermanfaat untuk kemajuan bahasa agar bisa berkembang mengikuti zaman. Wah!

Nah, itulah delapan prospek kerja yang berasal dari jurusan sastra Indonesia. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang akan Kamu Pelajari Saat Mengambil Jurusan Teknik Lingkungan

Yuki Kristina Photo Community Writer Yuki Kristina

16. | Suka nulis. Nulis apa aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You