Comscore Tracker

5 Tips Efisien Menghafalkan Alquran, Yuk Coba!

Bisa kamu lakukan mulai sekarang

Alquran adalah kitab suci orang Islam. Membaca setiap ayatnya akan mendapatkan pahala. Tidak hanya itu, dengan membaca dan mengamalkan setiap isi kandungannya, maka hati terasa lebih tenang dan gundah dalam hati menghilang. Kebanyakan mukmin mengatakan bahwa menghafalkan lebih sulit daripada mendengarkan tilawah berhari-hari.

1. Menghafalkan pukul 03.00 pagi hari

5 Tips Efisien Menghafalkan Alquran, Yuk Coba!pixabay.com/pexels

Pagi hari adalah waktu paling efektif menghafalkan Alquran, kenapa begitu? Karena otak yang masih fresh dan belum terbebani oleh pikiran-pikiran yang lebih berat. Otomatis otak akan lebih mudah mengingat hafalan setiap hurufnya.

2. Memilih surah yang disukai

5 Tips Efisien Menghafalkan Alquran, Yuk Coba!pexels.com/Pok Rie

Kadang kita mendengarkan tilawatil quran dan merasakan nyaman. Maka, tanpa disadari kita mencari surah apa yang tadi didengarkan. Nah, itu hal yang paling mudah memasukkan hafalan agar selalu teringat oleh otak. Maka cari surah yang paling disukai dan didengarkan berkali-kali.

Baca Juga: Jangan Nyerah! 13 Ayat Alquran Ini Punya Tips Atasi Rasa Putus Asamu

3. Menghafal secara rutin

5 Tips Efisien Menghafalkan Alquran, Yuk Coba!pexels.com/Abdullah Ghatasheh

Baca Alquran secara rutin akan mempercepat hafalan. Rutin menghafal setelah melaksanakan salat 5 waktu. Ini akan efektif dalam memperlancar setiap bacaan surahnya.

4. Fokus

5 Tips Efisien Menghafalkan Alquran, Yuk Coba!Pixabay.com/mufidpwt

Fokus dalam membaca, akan menambah daya ingat otak. Ulangi per ayat sebanyak 7 kali. Hal ini akan mendorong kita susah lupa dengan apa yang baru saja dipelajari.

5. Menghafal dengan ikhlas

5 Tips Efisien Menghafalkan Alquran, Yuk Coba!pexels.com/omar alnahi

Ketika kita ikhlas menghafal Alquran maka akan sangat mudah. mengingatnya. Kadang, ketika membaca kitab suci ini jiwa akan merasa sedih dan merasa berdosa. Inilah kelebihan Alquran yang telah turun dengan segala kesempurnaannya. Menghafal tidak dengan hati yang ikhlas hanya akan sia-sia dan tidak akan masuk pikiran, maka dari itu ikhlas adalah kunci utamanya. 

Tidak selamanya menghafal itu sulit. Kesulitan berawal dari diri kita yang tidak ada keniatan. Sekarang sudah paham bukan? Bahwa sebenarnya menghafal itu mudah. Selamat mencoba dan diamalkan ya. Semoga bermanfaat. Jazakumullah khairan katsiran.

Baca Juga: 5 Ayat Alquran Ini Punya Tips Biar Enteng Jodoh. Yuk, Cepat Amalkan!

Yuliana Sukma Lestari Photo Writer Yuliana Sukma Lestari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya