Comscore Tracker

10 Kosakata Bahasa Korea untuk Percakapan, Bisa Ngobrol sama Oppa!

Annyeonghaseyo, no ireum i mwoyeyo?

Selain akting pemain dan jalan ceritanya yang seru, percakapan dalam drama Korea juga kerap mencuri perhatian. Kosakatanya yang unik dengan pengucapan khas dalam drama Korea bikin kamu jadi kecanduan mantengin serial satu ini. Bahkan, beberapa kosakata juga pasti bisa dihafal karena saking ikoniknya. 

Berikut adalah beberapa kosakata yang muncul dalam percakapan di drama Korea. Pencinta drama Korea pasti sudah hafal nih. Praktikin yuk! 

1. Annyeonghaseyo (halo/hai/selamat datang)

10 Kosakata Bahasa Korea untuk Percakapan, Bisa Ngobrol sama Oppa!Pexels.com/Fauxels

Kosakata pembuka percakapan yang umum kita dengar nih. Kosakata ini sama saja maknanya dengan "halo/hai" dalam bahasa Indonesia. Kalau untuk bicara dengan orang yang lebih tua kamu bisa gunakan "Annyeonghasimnikka" agar lebih formal. Tapi kalau kamu ingin bicara santai bisa juga gunakan "Annyeonghaseyo". 

2. Mannaseo bangapseumnida (senang bertemu denganmu)

10 Kosakata Bahasa Korea untuk Percakapan, Bisa Ngobrol sama Oppa!Pexels.com/Charlotte May

Memiliki arti "senang bertemu denganmu" kosakata ini cukup umum digunakan dalam percakapan bahasa Korea. Bahkan, kosakata ini juga cukup sering kita jumpai dalam adegan di drama Korea. Biasanya digunakan saat sudah lama tidak berjumpa dengan seseorang. Bisa banget nih kamu gunakan saat bertemu lagi dengan temanmu. 

3. Jal jinaeseumnida (dalam keadaan/kabar baik)

10 Kosakata Bahasa Korea untuk Percakapan, Bisa Ngobrol sama Oppa!Pexels.com/August de Richelieu

Kosakata ini bermakna menjawab pertanyaan yang menanyakan keadaan atau kabar baik seseorang. Saat seseorang bertanya "Jal jinaesoyo?" kamu bisa menjawabnya dengan formal menggunakan kosakata ini "Jal jinaeseumnida". Kalau kabar mu tidak dalam keadaan senang kamu bisa menjawabnya dengan "Anjoseumnida" yang artinya sedang tidak baik. 

4. Gomawoyo (terimakasih ya)

10 Kosakata Bahasa Korea untuk Percakapan, Bisa Ngobrol sama Oppa!Pexels.com/Mentatdgt

Kosakata berterima kasih dengan penggunaanya yang tidak formal. Biasanya cukup sering digunakan dalam percakapan dengan orang-orang yang memang dekat. Untuk menggunakannya dengan lebih formal kamu bisa menggunakan "Kamsahaeyo" atau "Kamsahamnida". 

Baca Juga: Beda Tipis, 12 Kosakata Bahasa Jepang Ini Mirip Bahasa Korea

5. Arasseoyo (aku paham/tahu/mengerti)

10 Kosakata Bahasa Korea untuk Percakapan, Bisa Ngobrol sama Oppa!Unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

"Arasseoyo" digunakan untuk mengatakan "oke aku paham" atau mengungkapkan bahwa kamu sudah mengetahui sesuatu yang tengah dibahas. Oppa dan eonni dalam drama Korea sangat sering mengatakan kosakata sederhana ini lho!

6. Sillyehamnida (permisi)

10 Kosakata Bahasa Korea untuk Percakapan, Bisa Ngobrol sama Oppa!Pexels.com/Fauxels

Sering digunakan dalam percakapan-percakapan dengan gaya formal. "Sillyehamnida" bermakna "permisi" dalam bahasa Korea. Biasanya digunakan saat ingin bertanya kepada seseorang atau kalimat pembuka untuk meminta bantuan agar lebih sopan. 

7. Joesungheyo/Joesunghamnida (maaf ya)

10 Kosakata Bahasa Korea untuk Percakapan, Bisa Ngobrol sama Oppa!Pexels.com/Sora Shimazaki

Kosakata yang umum digunakan untuk mengutarakan permohonan maaf. Umumnya kosakata satu ini digunakan untuk percakapan yang kurang formal.

Ada juga kosakata serupa untuk mengatakan permohonan maaf, yaitu "Mianheyo" atau dengan "Mianhamnida". Jika kamu ingin mengutarakannya kepada orang yang lebih tua kamu bisa gunakan "Joesonghamnida" agar terkesan formal. 

8. Kamsahamnida/kamsahaeyo (terimakasih)

10 Kosakata Bahasa Korea untuk Percakapan, Bisa Ngobrol sama Oppa!Unsplash.com/Akson

Serupa dengan kosakata gomawo, hanya saja Kamsahamnida digunakan dalam percakapan yang formal. Kata lain yang bisa kamu gunakan adalah "Kamsaheoyo" maknanya sama-sama digunakan untuk berterimakasih, kok. 

9. Chukhahamnida/chukhahaeyo (selamat, ya)

10 Kosakata Bahasa Korea untuk Percakapan, Bisa Ngobrol sama Oppa!Pexels.com/Cottonbro

"Saengil chukahamnida" adalah ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea. Jika kamu mengatakan "chukahamnida" artinya kamu mengucapkan selamat untuk hal baik yang terjadi pada temanmu. Sederhana, ya?

10. Gwenchanayo (Saya tidak apa-apa)

10 Kosakata Bahasa Korea untuk Percakapan, Bisa Ngobrol sama Oppa!pexels.com/Keira Burton

Tidak kalah ikonik dari kosakata lain di atas, Gwenchanayeo juga sangat sering muncul dalam tayangan drama Korea. Maksudnya, kamu mengatakan bahwa kamu baik-baik saja, sehingga orang lain tidak perlu menghawatirkanmu. Sebaliknya, jika kamu tidak baik-baik saja, kamu bisa bilang "angwenchanayo". 

Mudah kan melafalkannya? apalagi jika kamu terbiasa menonton serial drama korea, pasti akan semakin terbiasa. Yuk pelajari! 

Baca Juga: 7 Kosakata untuk Mengungkapkan Rasa Terkejut dalam Bahasa Korea

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya