Comscore Tracker

Ada Binus, 6 Kampus Dalam Negeri dengan Lulusan Siap Kerja

Kampus prestisius yang banyak mencetak alumnus hebat, nih!

QS World University Ranking merilis sejumlah daftar universitas yang mencetak lulusan siap kerja. Lembaga survei penelitian ini fokus untuk menyajikan informasi seputar pemeringkatan kampus-kampus di seluruh dunia, untuk dapat membantu masyarakat dalam memilih kualitas pendidikan yang terbaik.

Di Indonesia sendiri, ada enam kampus yang masuk dalam kategori "mencetak lulusan siap kerja". Pemeringkatan ini didasarkan pada lima kategori penilaian. Employer reputation (35 persen), alumni outcomes (25 persen), partnerships with employers per faculty (25 persen), employer/student connections (10 persen), graduate employment rate (10 persen). Berikut daftar enam kampus tersebut. 

1. Institut Teknologi Bandung

Ada Binus, 6 Kampus Dalam Negeri dengan Lulusan Siap Kerjaitb.ac.id

Sebagai kampus favorit di Bandung, ITB memang terkenal sebagai PTN terbaik di Indonesia. Tidak heran jika banyak alumnus dari kampus ini yang tercatat sebagai orang-orang sukses. Mantan Presiden RI, B.J Habibie serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil adalah sederet lulusan ternama dari kampus bergengsi ini.

2. Binus University

Ada Binus, 6 Kampus Dalam Negeri dengan Lulusan Siap Kerjabinus.ac.id

Satu-satunya perguruan tinggi swasta yang berhasil masuk daftar kampus yang mencetak lulusan siap kerja pada survei ini. Sudah pasti, Binus University menjadi salah satu PTS yang banyak difavoritkan oleh calon mahasiswa. Binus juga kerap masuk dalam jajaran kampus swasta terbaik di Indonesia dalam beberapa survei. 

3. Universitas Diponegoro

Ada Binus, 6 Kampus Dalam Negeri dengan Lulusan Siap Kerjaum.undip.ac.id

Universitas Diponegoro, Semarang. Sebuah PTN yang kerap menjadi incaran calon mahasiswa ketika memilih kampus. Undip juga kerap masuk dalam jajaran kampus terbaik di Indonesia dalam beberapa survei penelitian. Secara skor, Undip menduduki peringkat pertama dengan kategori Graduate Employment Rate, atau lulusan yang cepat mendapat pekerjaan. 

Baca Juga: Siap SBMPTN 2021, Simak 10 PTN dengan Peminat Tertinggi di Tahun 2020

4. Institut Teknologi Sepuluh November

Ada Binus, 6 Kampus Dalam Negeri dengan Lulusan Siap Kerjaits.ac.id

Sebagai kampus terbaik di bidang teknik, ITS menjadi kampus dengan lulusan siap kerja dalam survei ini. ITS tercatat sebagai kampus dengan segudang prestasi, salah satunya di bidang sustainability. ITS merupakan kampus paling hijau di Indonesia menurut UI GreenMetric.

5. Universitas Gadjah Mada

Ada Binus, 6 Kampus Dalam Negeri dengan Lulusan Siap Kerjaugm.ac.id

Nama kampus yang satu ini sudah tidak asing lagi tercatat sebagai deretan terbaik di berbagai bidang. UGM tercatat sebagai kampus terbaik pertama di Indonesia menurut survei QS WUR 2021. Tidak aneh jika kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini juga menduduki peringkat pertama sebagai kampus paling diminati dalam pelaksanaan SBMPTN tahun 2020 lalu. 

6. Universitas Indonesia

Ada Binus, 6 Kampus Dalam Negeri dengan Lulusan Siap KerjaCommons.wikimedia.org/Ilham Kuniawan Gumilang

The Yellow Jacket, begitulah sapaan populer bagi anak-anak UI. Jakun alias jaket kuning adalah almamater kebanggaan dari kampus terbaik kedua setelah UGM dalam survei QS WUR 2021ini. Sehingga, sudah tidak diragukan lagi jika lulusan dari kampus tersebut merupakan orang-orang hebat dan sukses di bidangnya masing-masing.

Dari pejabat negara hingga deretan artis pernah mengais ilmu di kampus prestisius itu. Sebut saja Menteri Keuangan, Sri Mulyani, jurnalis Najwa Shihab, hingga mantan artis cilik Tasya Kamila adalah sederet alumnus dari Universitas Indonesia. 

Dikenal dengan deretan kampus prestisius, jadi memang sudah semestinya kampus-kampus di atas dapat mencetak lulusan yang siap kerja. Nah, daftar kampus ini tentu jadi kampus incaran kamu juga kan? 

Baca Juga: Gak Cuma PTN, Ini 10 Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2021

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya