Comscore Tracker

10 Kampus Terbaik Dunia Versi Times Higher Education 2021

Yang mana nih kampus incaranmu?

Times Higher Education, sebuah lembaga penerbitan majalah yang berfokus pada penelitian di bidang pendidikan, baru saja merilis daftar peringkat universitas terbaik dunia untuk tahun 2021. Penilaian ini mencakup lebih dari 1.500 universitas di 93 negara.

Penilaian ini didasarkan pada 13 indikator diantaranya mengukur kinerja lembaga di bidang pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional. Pemeringkatan tahun ini didasarkan juga pada analisa dari lebih 80 juta kutipan di lebih dari 13 juta publikasi penelitian yang mencakup tanggapan survey dari 22.000 lulusan di seluruh dunia.

Simak 10 peringkat teratas dari universitas terbaik dunia di bawah ini, yuk!

1. University of Oxford, United Kingdom

10 Kampus Terbaik Dunia Versi Times Higher Education 2021commons.m.wikimedia.org/Andrew Shiva

Salah satu kampus tertua di dunia yang sudah berdiri sejak awal abad ke-11. Artis kebanggaan tanah air, Maudy Ayunda merupakan alumnus dari kampus bergengsi ini. Ia mengambil jurusan Philosophy, Politics dan Economics. University of Oxford menduduki peringkat ke-1 dunia sejak lima tahun terakhir secara berturut-turut dalam survey yang dilakukan Times Higher Education. Keren banget, ya!

2. Stanford University, United States

10 Kampus Terbaik Dunia Versi Times Higher Education 2021commons.wikimedia.org/Frank Schulenburg

Terletak di daerah California, Amerika Serikat. Didirikan tahun 1885 dan telah meluluskan sekitar 6.996 sarjana. Lagi-lagi, setelah lulus dari kampus bergengsi Oxford University, Maudy Ayunda melanjutkan S2 nya di Stanford University.

Maudy mengambil Master of Business Administration (MBA) sebagai jurusannya. Selain itu, mantan Staf Khusus Kepresidenan sekaligus founder dari Ruangguru, Belva Devara juga merupakan lulusan dari kampus bergengsi ini. 

3. Harvard University, United States

10 Kampus Terbaik Dunia Versi Times Higher Education 2021unsplash.com/Pascal Bernardon

Nama Harvard sendiri diambil dari nama seorang pendeta, yaitu John Harvard yang pada tahun 1639 memberikan sumbangan terbesar berupa 400 juta buku dan setengah dari kekayaannya. Sejak saat itu, kampus yang awalnya bernama New College ini berganti menjadi Harvard College untuk menghormati penyumbangnya tersebut. Kemudian berganti menjadi 'University' di tahun 1780.

Program andalannya adalah Master of Business, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia saat ini, Nadim Makarim merupakan salah satu lulusan Master of Business Administration (MBA) dari Harvard University. Pada wisuda kelulusan pertamanya, Harvard University hanya meluluskan 9 orang lho!

Baca Juga: 8 Peringkat Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2021 Versi QS WUR

4. California Institute of Technology (Caltech), United States

10 Kampus Terbaik Dunia Versi Times Higher Education 2021commons.wikimedia.org/Steve Ryan

Didirikan tahun 1891 dan terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat. Caltech berfokus pada bidang sains dan teknik, Setiap mahasiswa baru di sini diwajibkan untuk tinggal di asrama kampus selama satu tahun. Seru, ya!

5. Massachusetts Institute Of Technology (MIT), United States

10 Kampus Terbaik Dunia Versi Times Higher Education 2021commons.wikimedia.org/John Phelan

Didirikan sejak tahun 1861, Massachusetts Institute Of Technology (MIT) berfokus pada penelitian ilmiah dan teknologi. Program Pascasarjana MIT dikenal kualitasnya di bidang Teknik dan Manajemen. 

6. Univeristy of Cambridge, United Kingdom

10 Kampus Terbaik Dunia Versi Times Higher Education 2021commons.m.wikimedia.org/Andrew Dunn

Berdiri sejak 800 tahun lalu menjadikan University of Cambridge sebagai universitas tertua kedua berbahasa inggris di dunia. Ada lebih dari 120 negara dengan sekitar 4000 perwakilan siswa yang berbeda. Kampus ini memiliki lebih dari 100 perpustakaan yang diantaranya menyimpan total lebih dari 15 juta buku. Wah, keren banget, ya?

7. University of California, Berkeley

10 Kampus Terbaik Dunia Versi Times Higher Education 2021commons.m.wikimedia.org

Terdiri dari 14 sekolah dan kampus termasuk sejumlah sekolah pascasarjana dan profesional diantaranya Sekolah Optometri dan Sekolah Pascasarjana Jurnalisme. Selain itu, ada juga Sekolah Pascasarjana Pendidikan, Sekolah Hukum dan Sekolah Tinggi Teknik.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil diketahui adalah salah satu alumni dari Universitas of California, Berkeley. Ia mengambil Master of Urban Design di tahun 1999-2001. 

8. Yale University, United States

10 Kampus Terbaik Dunia Versi Times Higher Education 2021pexels.com/pixabay

Terkenal dengan program drama dan musiknya yang luar biasa. Tidak hanya itu, Yale University juga memiliki Sekolah Pascasarjana di bidang Manajemen, Kedokteran, Kehutanan dan Lingkungan.

9. Princeton University, United States

10 Kampus Terbaik Dunia Versi Times Higher Education 2021commons.wikimedia.org/Ilya Chugunov

Didirikan tahun 1746 menjadikannya sebagai salah satu universitas tertua di Amerika Serikat, terletak di Kota Princeton, New Jersey. Program pascasarjana andalannya adalah Sekolah Urusan Publik, Internasional Woodrow Wilson, dan Sekolah Teknik dan Sains Terapan. 

10. University of Chicago, United States

10 Kampus Terbaik Dunia Versi Times Higher Education 2021commons.m.wikimedia.org/Karla Kaulfuss

Memiliki sejumlah sekolah berstandar tinggi diantaranya Sekolah Bisnis, Sekolah Hukum, sekolah Kedokteran Pritzker dan Sekolah Studi Kebijakan Publik Harris. Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama diketahui adalah salah satu tokoh besar yang pernah mengajar di University of Chicago Law School.

Itulah sepuluh universitas terbaik dunia versi Times Higher Education 2021. Daftar tersebut didominasi oleh kampus-kampus asal Inggris dan Amerika Serikat. Nah, yang mana, nih kampus incaranmu?

Baca Juga: Tertarik Kuliah Sastra Jepang? Ini 12 Rekomendasi Kampus Terbaik

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya