Comscore Tracker

Gelombang Kedua LPDP Segera Dibuka, Ini 5 Keuntungan Jadi Awardee

Sudah siap berbakti untuk negeri? #IDNTimesLife

Scholarship hunter pasti sudah tidak asing lagi dengan beasiswa ini ya. Beasiswa LPDP umumnya diperuntukan untuk jenjang S2 dan S3 dengan pilihan kampus dalam negeri maupun luar negeri. LPDP berada di bawah Kementrian Keuangan yang dananya berasal dari APBN. 

Beasiswa LPDP menghadirkan berbagai kategori beasiswa yang berbeda; kategori umum, kategori targeted, kategori afirmasi. Pelaksanaan beasiswa LPDP tahun 2021 di buka dalam dua gelombang. Gelombang pertama sudah dibuka dari tanggal 4 Mei sampai 1 Juni 2021 lalu. Gelombang kedua rencananya akan dibuka mulai tanggal 1 Agustus--8 September 2021 mendatang. 

Peminat LPDP bisa diperkirakan akan sangat banyak. Hal ini lantaran beasiswa LPDP memberikan banyak keuntungan yang akan sangat-sangat dibutuhkan bagi mahasiswa, khususnya scolarship hunter. Nah, sambil nungguin pendaftarannya dibuka, simak dulu nih lima keuntungan yang akan kamu dapat jika terpilih sebagai awardee LPDP!

1. Biaya kuliah ditanggung pemerintah 

Gelombang Kedua LPDP Segera Dibuka, Ini 5 Keuntungan Jadi AwardeeIlustrasi mahasiswa belajar (Pexels.com/cottonbro)

Beasiswa LPDP menanggung biaya kuliah awardee nya secara full. Mulai dari awal memasuki perkuliahan hingga lulus menjadi awardee kamu akan dibiayai sepenuhnya oleh negara. Karena beasiswa LPDP memang diperuntukkan khusus untuk pendidikan tinggi yang anggarannya juga tercantum dalam APBN. 

Jadi gak perlu takut kesulitan membayar uang kuliah, bahkan kamu juga akan ditunjang segala pengeluaran di kampus seperti, uang buku, seminar/praktik dan fasilitas apapun yang diharuskan pihak kampus. Pokoknya gratis, tis, tis!

2. Uang saku dan biaya pendukung lainnya 

Gelombang Kedua LPDP Segera Dibuka, Ini 5 Keuntungan Jadi AwardeeIlustrasi mahasiswa belajar (Pexels.com/Vlada Karpovich)

Setelah biaya pendidikan kamu juga akan mendapat biaya pendukung lainnya termasuk juga biaya hidup. Kamu akan dibiayai untuk asrama, transport, hingga uang saku bulanan. Gak cuma itu, kamu juga akan mendapat asuransi kesehatan, biaya kedatangan, biaya aplikasi visa/residence permit, hingga biaya keadaan darurat (jika diperlukan). 

Ada yang lebih spesial untuk kamu yang daftar program doktor. Selain biaya pendidikan, biaya hidup dan tunjangan lainnya, LPDP juga turut memberikan tunjangan keluarga bagi awardee program doktor. 

Baca Juga: Masih Dibuka, 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Beasiswa LPDP

3. Berhak memilih kampus yang diinginkan 

Gelombang Kedua LPDP Segera Dibuka, Ini 5 Keuntungan Jadi AwardeeIlustrasi wisuda (Pexels.com/RODNAE Productions)

Beasiswa LPDP juga membebaskan para pendaftarnya untuk memilih kampus-kampus yang diinginkan. Mulai dari kampus dalam negeri ataupun luar negeri, selama kampus tersebut sudah bekerja sama dengan LPDP. 

Ketika mendaftar, kamu akan diminta mengisi tiga nama kampus pilihan. Kamu juga diharuskan memilih rumpun ilmu yang sesuai dari ketiga pilihan kampus tersebut. Kalau kamu sudah punya LoA Unconditional, kamu harus memasukkan nama kampus dan prodi mu di salah satu pilihan kampus tadi. 

Kampus dalam negeri yang bisa dipilih ada IPB, Unair, UGM, UI, UNJ dan masih banyak lagi. Untuk kampus luar negeri kamu bisa pilih Stanford University, Harvard University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of Oxford, California Institute of Technology (Caltech), dan masih banyak lagi. 

4. Khusus jalur afirmasi ada kelas pengayaan bahasa

Gelombang Kedua LPDP Segera Dibuka, Ini 5 Keuntungan Jadi AwardeeIlustrasi mahasiswa (Pexels.com/Monstera)

Seperti yang sudah dibahas di atas, LPDP membuka jalur Afirmasi yang diperuntukkan untuk daerah tertinggal, difabel dan prasejahtera (alumni bidikmisi). Nah, untuk kategori ini akan ada kelas khusus pengayaan bahasa yang semuanya juga dibayarkan LPDP. 

Syarat yang ditetapkan LPDP sedikit berbeda dari satu jalur dengan jalur lainnya. Khusus jalur afirmasi standar nilai sertifikat keahlian bahasa yang disyaratkan memang sedikit lebih rendah di banding jalur umum. Itulah kenapa LPDP memberikan layanan kelas pengayaan bahasa ini. 

5. Program persiapan keberangkatan untuk menjalin relasi

Gelombang Kedua LPDP Segera Dibuka, Ini 5 Keuntungan Jadi AwardeeIlustrasi kelas mahasiswa (Pexels.com/Ivan Samkov)

Sebelum berangkat dan memulai waktu perkuliahan, penerima beasiswa LPDP diharuskan untuk mengikuti program persiapan keberangkatan. Program ini berlangsung kurang lebih selama 5 hari. Tujuannya untuk memberikan arahan, wawasan, dan bekal-bekal soft skill lainnya.

Nah, dalam kegiatan ini tentunya kamu akan bertemu banyak orang yang juga sebagai awardee LPDP. Bisa jalin relasi serta memperbanyak wawasan dan pengetahuan kan lewat percakapan-percakapan sederhana nantinya.

Jadi, sudah siap untuk lanjut studi? Kampus mana yang kamu incar? Jangan lupa, tujuannya untuk berbakti pada negeri ya. Semoga berhasil!

Baca Juga: 5 Jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaannya, LPDP Salah Satunya!

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya