Comscore Tracker

Social Butterfly, Tipe Sikap Kepribadian Ekstrover

Senang bersosialisasi dengan orang lain

Apakah kamu pernah mendengar kepribadian ekstrover atau introver? Kepribadian ini dimiliki oleh seseorang dengan ciri khas tertentu. Introver merupakan tipe kepribadian yang lebih senang menyendiri.

Sementara ekstrover, ini merupakan tipe kepribadian yang gemar untuk bersosialisasi bersama banyak orang. Tipe kepribadian ekstrover ternyata berbeda-beda, lho. Salah satu kepribadian yang dimiliki para ekstrover adalah social butterfly.

Orang yang memiliki tipe sikap social butterfly ini memiliki kepribadian yang lincah dan juga sangat friendly. Ingin mengenal pengertian, ciri-ciri, dan tantangan seorang social butterfly? Simak artikel berikut ini.

1. Pengertian social butterfly

Social Butterfly, Tipe Sikap Kepribadian Ekstroverilustrasi kumpul dengan teman-teman (unsplash.com/Brooke Cagle)

Social butterfly merupakan kepribadian yang ramah dan friendly sehingga disukai oleh banyak orang. Istilah ini biasanya digunakan untuk orang yang sangat mudah bergaul dengan orang lain.

Tipe kepribadian ini dimiliki oleh orang ekstrover yang menyukai kegiatan di luar ruangan dan beraktivitas dengan banyak orang. Tipe social butterfly ini memiliki kepercayaan diri yang tinggi, ramah, optimis, suka bekerja dalam tim, dan berani untuk mengambil risiko.

Baca Juga: Tes Kepribadian 15 Menit, Bisa Ungkap Kepribadian Secara Akurat!

2. Ciri-ciri social butterfly

Social Butterfly, Tipe Sikap Kepribadian Ekstroverilustrasi pertemanan (pexels.com/Afta Putta Gunawan)

Orang-orang yang memiliki tipe kepribadian social butterfly sangat mudah dikenali di lingkungan sosial karena sikapnya yang supel dan ramah kepada banyak orang. Selain itu, berikut ini beberapa ciri khusus orang-orang social butterfly:

1. Memiliki banyak teman. Orang dengan tipe kepribadian social butterfly sangat mudah untuk berteman dan bergaul dengan orang lain yang memiliki kesamaan dari segi kepribadian, hobi, pekerjaan, dan yang lainnya.

2. Sangat mudah berbaur dengan orang lain. Mereka tak segan untuk membuka percakapan terlebih dahulu, tidak memiliki rasa canggung, mudah berbaur, dan juga mudah beradaptasi dengan orang lain.

3. Cenderung lebih banyak berbicara. Mereka sangat mudah menemukan bahan pembicaraan saat diskusi atau bercakap-cakap dengan orang baru. Jika mengobrol dengan orang baru, mereka dapat bertahan untuk mengobrol dalam jangka yang lama.

4. Sangat memerhatikan penampilan. Mereka memiliki daya tarik dari segi penampilan agar lebih percaya diri.

5. Memiliki banyak aktivitas. Orang dengan tipe kepribadian social butterfly bisa dibilang cukup sibuk dan sering bertemu dengan orang-orang.

6. Senang mendapatkan perhatian. Mereka senang mendapatkan perhatian dari orang lain. Meski bukan seorang attention seeker, mereka memiliki penampilan yang menarik dan mudah untuk didekati.

7. Orang dengan tipe kepribadian social butterfly memiliki karisma yang menarik.

3. Tantangan menjadi seorang social butterfly

Social Butterfly, Tipe Sikap Kepribadian EkstroverIlustrasi teman-teman sedang mengobrol (pexels.com/RF._.studio)

Meskipun friendly, mudah didekati, dan berkarisma, terdapat beberapa tantangan menjadi seorang social butterflies. Berikut ini tantangan yang dihadapi oleh orang-orang ekstrover, termasuk social butterflies.

1. Seseorang dengan tipe kepribadian social butterfly sangat mudah bersosialisasi dengan orang lain. Namun, sikap tersebut dapat menghalangi aktivitas atau tugas lainnya jika tidak memiliki manajemen waktu yang baik.

2. Mereka sulit untuk menetapkan batasan kepada orang lain. Seseorang dengan tipe kepribadian social butterfly senang untuk mendengarkan masalah yang dihadapi orang lain, senang untuk mengiyakan ajakan orang lain. Namun, hal ini dapat menimbulkan sikap kewalahan apabila tidak diatur dengan baik.

3. Seorang social butterfly terkadang memiliki sikap impulsif dalam membuat keputusan.

4. Memiliki banyak teman, friendly, dan mudah beradaptasi, terkadang membuat seseorang yang memiliki kepribadian social butterfly kurang memiliki hubungan pertemanan yang intim dan mendalam dengan orang lain.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai social butterfly yang dimiliki oleh para ekstrover. Apakah mirip dengan tipe kepribadianmu?

Baca Juga: Tipe Kepribadian Berdasarkan Cara Mengelola Keuangan, Kamu yang Mana?

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Nadia Agatha Pramesthi
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya