Comscore Tracker

Rutin Lakukan 5 Hal Ini Bareng Keluarga? Tanda Family Goals

Ternyata gak serumit itu buat jadi family goals 

Definisi “family goals” setiap keluarga pasti berbeda-beda. Kamu pun pasti memiliki definisi family goals yang kamu yakini. Namun kali ini IDN Times akan membahas secara garis besar, apa sih definisi family goals untuk keluarga sebenarnya.

Simak terus ulasan selengkapnya di artikel ini ya. Kita bakal ulas beberapa aktivitas yang biasa dilakukan oleh keluarga yang masuk ke dalam predikat family goals. Apa saja ya rutinitas aktivitasnya, siapa tahu keluargamu sudah biasa melakukannya. Check this out!

1. Dari yang paling sederhana, membiasakan makan bersama di meja makan

Rutin Lakukan 5 Hal Ini Bareng Keluarga? Tanda Family GoalsMakan bersama keluarga (Shutterstock/AlessandroBiascioli)

Hal sederhana yang selalu jadi rutinitas keluarga yang mendapat predikat family goals adalah makan bersama di meja makan. Gak hanya berkaitan dengan kedisiplinan dan kerapian saat makan saja, hal ini juga sebenarnya jadi ukuran kekompakan keluarga lho.

Selain itu, acara makan bareng di meja makan juga bisa jadi sarana untuk bonding dan quality time apalagi jika semua anggota keluargamu punya mobilitas yang tinggi. Di meja makan, kamu bisa memuji masakan Mama yang pastinya bikin dia senang hingga menceritakan kegiatanmu selama sehari penuh. Keluarga jadi semakin erat deh!

2. Punya hobi keluarga yang dilakukan bersama-sama juga seru

Rutin Lakukan 5 Hal Ini Bareng Keluarga? Tanda Family GoalsStaycation bersama keluarga (Shutterstock/Sellwell)

Hobi memang terdengar sesuatu yang sifatnya sangat personal, apalagi setiap orang memiliki preferensi kegiatannya sendiri. Tapi gak ada salahnya lho kamu dan keluarga bikin kegiatan rutin bersama-sama dalam jangka waktu tertentu baik itu seminggu sekali hingga sebulan sekali.

Misalnya, kamu bisa staycation bareng ke suatu tempat, kulineran bareng bahkan hingga melakukan charity project bersama dari hasill declutter barang-barang di rumah. Dari hobi bersama ini mungkin banget buat diteruskan ke anak cucu nanti. Seru! 

3. Gak harus berupa hadiah, apresiasi antar anggota keluarga itu tetap wajib

Rutin Lakukan 5 Hal Ini Bareng Keluarga? Tanda Family GoalsUcapan terima kasih dari anak (Shutterstock/Vizilla)

Saat mendengar kata apresiasi yang seringkali muncul di pikiran adalah memberikan hadiah. Padahal pemberian apresiasi maknanya luas dan gak selalu harus berbentuk barang. Selain itu, gak hanya di sekolah atau di kantor, apresiasi juga penting banget nih buat dilakukan ke sesama anggota keluarga.

Apresiasi bisa berbentuk ucapan “terima kasih” kepada kakak atau adik yang membantumu membuat tugas. Malu mengungkapkan apresiasimu ke orangtua? Bikin notes atau greeting card yang diselipkan di tempat yang biasa mereka lihat deh, pasti orangtuamu bakal happy banget!

4. “Investasi” quality time bareng keluarga dengan nonton bareng

Rutin Lakukan 5 Hal Ini Bareng Keluarga? Tanda Family GoalsMenonton film dengan saudara (Shutterstock/TORWAISTUDIO)

Siapa bilang investasi itu harus melulu berupa uang dan instrumen finansial lainnya? Investasi juga bisa berupa waktu yang kamu berikan khusus untuk keluargamu kok. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan nobar film sama keluarga. Apalagi saat ini kamu gak perlu jauh-jauh ke bioskop untuk bisa nonton bareng keluarga.

Cukup manfaatkan layanan TV dan film streaming di rumah, kamu bisa nonton acara atau film favorit keluargamu deh. Biar pengalaman menonton jadi makin seru, kamu bisa menggunakan produk terbaru dari XL Axiata yaitu XL SATU Fiber. Apa itu? XL SATU adalah produk terbaru dari XL Axiata, pertama di dunia yang bisa dibuat untuk internetan di rumah dan di mana saja. Kamu bisa menikmati internet rumah super cepat tanpa batas dengan teknologi fiber optic yang punya kecepatan hingga 50Mbps dan kuota bersama untuk keluarga sebesar 25GB. 

Rutin Lakukan 5 Hal Ini Bareng Keluarga? Tanda Family GoalsXL SATU by XL Axiata (Dok. XL Axiata)

Dengan XL SATU kamu bisa menikmati beragam hiburan di rumah seperti Netflix, Vidio, Catchplay+, AirConsole, Youtube dan masih banyak lagi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk pakai XL SATU sekarang juga biar quality time bareng keluarga makin seru! Untuk info selengkapnya langsung klik di sini ya!

5. Keluarga bebas dari physical maupun emotional abused

Rutin Lakukan 5 Hal Ini Bareng Keluarga? Tanda Family GoalsIbu dan anak yang bahagia (Shutterstock/Urbanscape)

Nah, untuk yang satu ini sering banget dibahas di media sosial nih beberapa waktu yang lalu. Salah satu tanda keluargamu adalah keluarga yang family goals adalah bebas dari kekerasan fisik maupun emosi. 

Kekerasan fisik sih pasti semua sudah bisa membedakannya ya karena yang ini selalu menggunakan kontak fisik. Sementara kekerasan emosi lebih sulit dibedakan nih, tandanya bisa berupa gaslighting, manipulasi emosi bahkan hingga konfrontasi yang sifatnya merendahkan seseorang. Semoga keluarga kamu jauh-jauh dari hal yang ini ya!

Nah, itu tadi beberapa rutinitas yang jadi tanda kalau keluargamu sudah memenuhi definisi family goals. Dari kelima hal tadi, keluargamu sudah biasa melakukan berapa poin nih? (WEB)

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi
  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya