Comscore Tracker

5 Cara Membantu Anak Temukan Potensinya, Orangtua Wajib Banget Paham

Agar kelak dewasa nanti mereka bisa tumbuh jadi orang sukses

Masa depan anak tak hanya ditentukan dari di mana dan bagaimana mereka bersekolah. Tapi ada peran besar orangtua yang harus ikut membantu mengarahkan anak untuk menemukan potensinya. Pasalnya potensi anak sudah bisa digali sejak ia kecil, bahkan sebelum mengenyam bangku pendidikan.

Lakukan lima cara ini untuk mencoba menemukannya, moms!

 1. Menjajal banyak hal baru di masa perkembangan   

5 Cara Membantu Anak Temukan Potensinya, Orangtua Wajib Banget Pahamunsplash.com/@joshapplegate

Walaupun apa yang dilihat anak kecil belum bisa dipahami dengan sempurna seperti orang dewasa, tapi memori dalam otaknya sudah mulai merekam. Jadi ketika umurnya bertambah, anak yang sebelumnya sudah pernah mengenal suatu bidang dapat menentukan apa hal yang disukainya. 

2. Beri ruang untuk mengasah hal yang disukainya

5 Cara Membantu Anak Temukan Potensinya, Orangtua Wajib Banget Pahamunsplash.com/@kellysikkema

Jika dirasa sudah ada satu bidang tertentu maka tempatkan anak dengan cara memberinya wadah. Misalnya jika mereka suka menggambar, mewarnai, mencampur warna, maka fasilitasi dengan barang-barang yang bisa jadi objek dari karya perdananya. 

Namun bila sang anak tidak menunjukkan apa yang disukai, orang tua bisa memilih apa hal yang paling mendominasi ada dalam potensi anaknya. Jangan bosan untuk mencari tahu dengan mengajaknya sering berinteraksi. 

Baca Juga: 5 Tindakan Disiplin Positif pada Anak, Ini Bukan Kekerasan Lho!

3. Bantu mereka melakukannya secara konsisten

5 Cara Membantu Anak Temukan Potensinya, Orangtua Wajib Banget Pahamunsplash.com/@rioseco

Bakat yang sudah ada sejak kecil akan terbuang sia-sia bila tidak ditekuni secara konsisten. Ini akan memberi pengaruh besar kepada minat anak-anak yang cenderung masih memiliki suasana hati yang mudah berubah-ubah.

Dengan dilakukan secara konsisten, lama-kelamaan mereka akan terbiasa melakukan bidang yang dikuasainya tanpa terasa terbebani. 

4. Jangan terburu-buru dan sabar saat menjalani prosesnya

5 Cara Membantu Anak Temukan Potensinya, Orangtua Wajib Banget Pahamunsplash.com/@lesanderson

Porsi yang diberikan kepada anak-anak harus diperhatikan. Jangan sampai orang tua terlalu memaksa dan mengambil seluruh waktu bermainnya karena terlalu fokus mengasah bakat sang anak.

Lewati prosesnya perlahan dengan jeda dan arahan yang lembut. Anak juga butuh istirahat dan kenyamanan dalam melakukan hal yang disukainya. 

5. Mantapkan pilihan anak dengan bantuan tenaga profesional

5 Cara Membantu Anak Temukan Potensinya, Orangtua Wajib Banget Pahamunsplash.com/@scoutthecity

Meski sudah dibantu orangtua, namun anak akan lebih matang lagi bila mereka didampingi tenaga profesional. Hadirkan guru les privat untuk membimbingnya lebih dalam atau konsultasi ke psikolog anak untuk mengetahui kondisi kesiapan mentalnya dalam suatu bidang khusus.

Agar ia tumbuh jadi anak yang sukses di masa depan, maka orangtua mesti tahu apa minat dan hal yang disukai mereka. Pastikan memahami cara dan langkah-langkah yang harus dilakukan ya, moms!

Baca Juga: 5 Hal yang Disesalkan Orangtua Jika Mengabaikan Masa Golden Age Anak

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya