Comscore Tracker

Sering Diabaikan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Anak Jadi Pemalas Lho

Stop lakukan hal-hal di bawah ini sebelum terlambat!

Terkadang untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dengan meninggalkan hal buruk itu tidaklah mudah. Butuh motivasi tinggi dan tekad yang kuat agar selama berproses kita tak goyah dan bisa menciptakan hasil yang sesuai keinginan. 

Terlebih lagi bagi orangtua yang memiliki anak kecil, perlu bimbingan ekstra agar anak bisa tumbuh secara benar dengan sifat-sifat terpuji. Maka dari itu, yuk mulai hilangkan lima kebiasaan yang bisa membuat anak menjadi pemalas berikut ini!

1. Orangtua yang terlalu sering membantu

Sering Diabaikan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Anak Jadi Pemalas Lhoimdb.com

Naluri alami sebagai orangtua salah satunya adalah membuat anaknya nyaman dan tidak merasa kesusahan. Namun sadar gak nih kalau ternyata hal itu dapat membuat anak menjadi pemalas lho, moms. Pasalnya orangtua yang terlalu meringankan beban anak hingga mereka sering membantu tugas yang sebenarnya dapat dilakukan oleh anak, akan memunculkan rasa ketergantungan karena sudah terlalu nyaman. 

Jangan heran kalau anak enggan malas melakukan ini itu, pada akhirnya sifat apatis dan tidak ringan tangan pun bisa bersarang dalam kepriadiannya. 

2. Fasilitas yang selalu siap tersedia 

Sering Diabaikan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Anak Jadi Pemalas Lhoimdb.com

Lagi-lagi secara tidak sadar perilaku orangtua bisa memicu sifat pemalas pada anak, contoh lain ialah karena fasilitas yang selalu siap sedia. Memang tidak salah untuk bisa memberi yang terbaik untuk anak, tapi perlu diketahui untuk tidak melakukannya secara berlebihan khususnya kepada anak yang perlahan tumbuh remaja. 

Orangtua perlu mengajarkan arti kerja keras dan usaha sebelum mendapatkan sesuatu. Bisa dimulai dari hal kecil yang sederhana, seperti membereskan kamar tidur sebelum pergi keluar rumah, menyelesaikan pekerjaan ringan di rumah sebelum mendapat uang jajan tambahan, dan lain-lain. 

Baca Juga: 6 Bahan Makanan Superfood yang Cocok Dikonsumsi oleh Anak-anak

3. Pemilihan jalan praktis dibanding usaha 

Sering Diabaikan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Anak Jadi Pemalas Lhoimdb.com

Anak-anak pada dasarnya memiliki tingkat kreativitas dan rasa penasaran yang tinggi, hal ini bila tidak ditanggapi dengan benar maka berpotensi jadi rasa malas. Di zaman era modern seperti ini bukan hal asing bila orangtua sering kali melepas anak untuk mengeksplor semua sendiri dengan kecanggihan teknologi. Padahal yang namanya anak-anak sulit untuk bisa fokus bila ada hal yang lebih menyenangkan dari itu, seperti permainan online atau sosial media. 

Karena itu pemilihan jalan praktis dibanding usaha merupakan hal yang salah. Ini dapat memicu anak mencari jalan yang juga sederhana dan mudah. Mereka malas untuk berusaha lebih misalnya dengan menganalisa sendiri lewat barang-barang yang ada di sekitarnya atau bertanya kepada orang-orang yang juga ada di sekelilingnya. 

4. Minimnya rutinitas kegiatan anak   

Sering Diabaikan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Anak Jadi Pemalas Lhoimdb.com

Membiasakan anak dengan rutinitas kegiatan yang teratur ampuh menjadi pola asuh untuk mendidiknya jadi sosok pekerja keras. Jangan menyalahkan anak yang sukanya hanya berdiam di kamar bermain gadget, bila orangtua tidak memberi kegiatan edukasi untuk mereka.

Minimnya rutinitas anak membuat mereka cenderung malas melakukan kegiatan berarti, anak-anak perlu arahan karena belum bisa mandiri seperti orang dewasa. 

5. Tidak ada figur yang memberi contoh 

Sering Diabaikan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Anak Jadi Pemalas Lhoimdb.com

Hal yang paling penting juga adalah ketika tidak ada figur yang memberi contoh. Anak gak akan bisa menjadi seorang yang rajin tanpa ada orangtua yang rajin pula di hadapannya. Karena sejatinya anak mencontoh apa yang ada di sekitar mereka. Jadilah orangtua yang merangkap sebagai pionir dalam hidup anak. 

Banyak hal sepele yang secara tidak langsung dapat memicu anak menjadi pemalas. Orangtua harus paham betul dan berhati-hati agar hal ini bisa diperbaiki sebelum terlambat. Karena sifat pemalas nantinya akan sangat merugikan anak di masa depan. 

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya