Comscore Tracker

5 Langkah Mudah Membuat Cat Air Buat Anak, Aman dari Zat Kimia!

Jadi gak perlu khawatir lagi saat anak bebas berkreasi moms!

Anak-anak sangat menyukai mainan karena itu salah satu caranya untuk bisa belajar  sekaligus bersenang-senang. Mewarnai atau melukis menjadi salah satu pilihan permainan edukasi yang menarik perhatian anak. Sayangnya banyak cat air yang dijual di pasaran menggunakan zat kimia dalam campuran pewarnanya.

Kurang aman bagi anak-anak, orangtua yang ingin mencoba membuat cat air sendiri di rumah juga bisa lho. Berikut lima cara mudah membuat cat air untuk anak

1. Persiapkan bahan-bahannya

5 Langkah Mudah Membuat Cat Air Buat Anak, Aman dari Zat Kimia!notimeforflashcards.com

Untuk membuat cat air anak yang aman, bahan dasarnya bisa menggunakan bahan-bahan terdekat yang biasa ada di dapur. Seperti baking soda, cuka, pewarna makanan, tusuk gigi, wadah, sirup jagung dan tepung maizena. Gunakan perbandingan 1 : 2 antara baking soda dan cuka yang ingin digunakan. 

2. Campurkan baking soda dan cuka secara perlahan

5 Langkah Mudah Membuat Cat Air Buat Anak, Aman dari Zat Kimia!brasseriebread,com.au

Kegiatan membuat cat air ini juga bisa menjadi eksperimen sederhana bersama anak. Reaksi cuka yang dicampur perlahan dengan baking soda akan menghasilkan busa mengembang yang bakal bikin anak-anak terpana melihatnya. 

Baca Juga: 10 Travel Hacks untuk Keluarga yang Membawa Anak-anak Pelesiran

3. Beri tambahan sirup jagung dan tepung maizena

5 Langkah Mudah Membuat Cat Air Buat Anak, Aman dari Zat Kimia!diynetwork.com

Setelah mencampurkan baking soda dan cuka, kini masukan sirup jagung dan tepung maizena. Sirup jagung digunakan sebagai penetralisir aroma cuka yang tajam dan tepung maizena untuk pengental cairan cat agar tidak terlalu cair.

4. Pindahkan adonan cat ke dalam pallete lukis atau wadah yang bersekat

5 Langkah Mudah Membuat Cat Air Buat Anak, Aman dari Zat Kimia!entertainyourtoddler.com

Agar lebih menarik adonan cat yang masih polos diberi warna-warni disukai anak. Gunakan pallete lukis atau wadah yang bersekat seperti cetakan muffin, agar semakin banyak variasi warna yang tercipta. 

5. Beri warna dengan menggunakan pewarna makanan

5 Langkah Mudah Membuat Cat Air Buat Anak, Aman dari Zat Kimia!makeandtakes.com

Agar aman bahan pewarna yang digunakan juga harus berjenis pewarna makanan. Cukup beri 2-3 tetes pewarna di setiap bagian. Atau orangtua juga dapat membimbing anaknya untuk mencampur beberapa warna untuk menghasilkan warna yang baru yang lebih menarik. 

Dari pada membeli cat air mahal yang aman tanpa zat kimia, orangtua bisa melakukan ide kreatif seperti ini. Selain hemat biaya anak-anak pun jadi punya pengalaman seru bereksperimen sederhana.

Baca Juga: 8 Tips Mudah Snorkeling untuk Pemula, Anak-anak Juga Saja Bisa Lho!

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya