Comscore Tracker

Orangtua Kalian Protektif? Kenali 5 Penyebab Utamanya Berikut Ini!

Bisa jadi kamu yang membuat mereka bersikap seperti itu

Menjadi orangtua itu tidak mudah, banyak pengorbanan yang gak cuma menguras materi tapi juga tenaga dan pikiran. Yang menjadi salah satu permasalahan adalah sikap protektif orangtua kepada anak. Karena sudah dijaga dan dirawat sedemikian rupa wajar jika orangtua merasa was-was akan keadaan anaknya saat di luar rumah. 

Mungkin keadaan ini membuat anak terkekang dan jadi gak nyaman, tapi sebelum kamu merasa seperti itu coba ketahui dulu apa penyebab orangtua menjadi protektif di bawah ini guys!

1. Pernah mengalami hal buruk di masa lalu

Orangtua Kalian Protektif? Kenali 5 Penyebab Utamanya Berikut Ini!pexels.com/Lgh_9

Perasaan trauma sering kali membekas hingga seseorang tumbuh dewasa. Hal itu yang umumnya terjadi pada orangtua yang bersikap terlalu ketat menjaga anaknya. Pengalaman buruk di masa lampau membuat mereka takut jika sang anak nanti bisa mengalami hal serupa.

Sebagai seorang anak kita perlu menghargai perasaan khawatir tersebut, jika dengan menjaga ketat orangtua bisa tenang kamu harus berbesar hati menerima perlakuannya. 

2. Terlalu sayang sehingga bersikap berlebihan

Orangtua Kalian Protektif? Kenali 5 Penyebab Utamanya Berikut Ini!pexels.com/Albert Rafael

Alasan nomor dua ini sepertinya dimiliki oleh setiap orang tua yang bersikap protektif ke anaknya. Kasih sayang mereka memang tidak terhingga sampai terkadang melewati batas. Menyikapi perilaku seperti ini kamu harus bisa menenangkan perasaan khawatir dan memberi pengertian mengenai kondisimu yang baik-baik saja.

Jangan tersulut emosi karena akan melukai perasaan orangtua kalian. Toh, mereka melakukan ini untuk kamu dan menjadi bentuk rasa sayang kepada anak tercintanya. 

Baca Juga: 6 Tips Jitu untuk Meyakinkan Orangtua Bahwa Kamu Siap Menikah Muda

3. Kalian tidak bisa menjaga kepercayaan orangtua

Orangtua Kalian Protektif? Kenali 5 Penyebab Utamanya Berikut Ini!pexels.com/D123x

Jangan dulu berpikir orangtua kalian gak asyik karena gak bisa membiarkan anaknya yang sudah dewasa di luar hingga larut malam. Jika perilaku itu disebabkan oleh dirimu yang tidak bisa menjaga kepercayaan orangtua berarti seharusnya kita berubah.

Orangtua mengenal anaknya dengan baik, maka dari itu mereka gak akan bisa dibohongi dan membiarkan anaknya jatuh ke jurang. Menjaga kalian dengan ketat juga demi kebaikanmu di masa depan nanti kok. 

4. Lingkungan sekitar yang mengkhawatirkan

Orangtua Kalian Protektif? Kenali 5 Penyebab Utamanya Berikut Ini!pexels.com/Ana Francisconi

Anak yang bisa dipercaya dan mampu menjaga kepercayaan dari orang tua ternyata tidak cukup membuat rasa khawatir itu hilang jika pergaulan yang kamu miliki tidak menenangkan. Maksudnya adalah jika kamu berada di lingkungan pergaulan yang kurang baik. Meskipun kamu sudah bisa menjaga diri orangtua pasti was-was karena kepikiran anaknya yang bisa saja terbawa atau terpengaruh dampak negatif pergaulan. 

5. Berkeinginan memiliki anak sesuai impian orang tua

Orangtua Kalian Protektif? Kenali 5 Penyebab Utamanya Berikut Ini!pexels.com/Feedyourvision

Dan alasan atau penyebab terakhir dari orangtua protektif adalah saat mereka menginginkan anaknya menjadi seperti yang diharapkan. Demi menjaga sang anak tetap berada di jalur yang diinginkan alhasil orangtua akan bersikap sangat hati-hati dan cenderung memaksa. Tetapi meskipun begitu pasti sesuatu yang diinginkan oleh mereka adalah hal baik yang sangat berguna bagi kalian di masa depan.

Protektif adalah salah satu ungkapan rasa sayang orangtua terhadap anaknya. Jadi jangan berpikir yang aneh-aneh dan tetap positive thinking ya guys!

Baca Juga: 5 Sikap Otoriter Orangtua Ini Bikin Anak Sulit Berkembang, Hindari Yuk

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya