Comscore Tracker

5 Tips Berguna Ini Baiknya Dicatat Pasangan Muda Saat Baru Punya Anak!

Jangan terlalu memusingkan perkataan orang lain ya

Usia muda bukan masa-masa yang menciptakan berbagai momen menyenangkan, apalagi jika mereka yang memutuskan untuk menikah muda. Memasuki dunia baru dengan menikah akan membuat banyak perubahan dan penyesuaian, terlebih bila pasangan muda ini dikaruniai anak dalam waktu dekat.

Tanggung jawab, status dan peran langsung bertambah karena perihal anak bukan urusan main-main. Jika kamu mengalami kejadian seperti di atas, simak lima tips yang harus diketahui pasangan muda saat baru punya anak di bawah ini!

1. Menyusun prioritas yang jelas berubah

5 Tips Berguna Ini Baiknya Dicatat Pasangan Muda Saat Baru Punya Anak!imdb.com

Kehadiran anak tak hanya membuatmu harus siap begadang semalaman tapi juga merombak daftar prioritas dalam hidup. Kini sudah ada tanggungan yang lebih berat untuk dirawat dan dibesarkan. Waktu untuk bersantai bersama teman, menghabiskan quality time sendirian, beli ini itu tanpa pertimbangan, dan hal lain yang berhubungan sama keuangan harus dipikirkan dengan matang. 

Sekarang kamu harus lebih berhati-hati sebab ada bayi kecil yang mengandalkan kalian hingga akhirnya mereka perlahan tumbuh besar dan dewasa. 

2. Jangan terlalu memikirkan apa kata orang

5 Tips Berguna Ini Baiknya Dicatat Pasangan Muda Saat Baru Punya Anak!imdb.com

Banyak komentar miring yang bakal bermunculan seiring dengan kehadiran buah hati di tengah-tengah kalian. Kondisi ini sebaiknya gak perlu diributkan, jangan memikirkan apa kata orang. Percaya saja dengan orang sekitar yang memang bermanfaat dan siap membantu. Apa kata tetangga atau rekan kerja anggap saja angin lalu, toh yang menjalani semua ini kalian bukan mereka. 

Baca Juga: 6 Hal yang Terjadi pada Tubuh Dalam 24 Jam Setelah Melahirkan

3. Gunakan daftar keinginan sebagai bentuk evaluasi

5 Tips Berguna Ini Baiknya Dicatat Pasangan Muda Saat Baru Punya Anak!imdb.com

Ekspektasi menjadi orangtua baru cenderung beragam, membayangkan bisa melakukan hal ini dan itu dengan lancar, tanpa gangguan dan cobaan berarti. Sayangnya ketika realita terjadi kadang semua prediksi manis itu berubah drastis.

Biar gak stress, jangan jadikan daftar keinginan sebagai target, jadikan saja sebagai evaluasi bersama pasangan. Namanya juga orangtua baru pasti banyak suka duka dan hal tak terduga yang terjadi. Nikmati prosesnya dan jalani dengan perasaan ikhlas. 

4. Saling terbuka terhadap koreksi dan saran

5 Tips Berguna Ini Baiknya Dicatat Pasangan Muda Saat Baru Punya Anak!imdb.com

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, bahwa penting adanya kekompakan dengan pasangan saat baru menjadi orangtua. Bersikap saling terbuka terhadap koreksi dan saran bagus untuk menetralkan situasi.

Hindari merasa paling benar dan mau menang sendiri saat diberi komentar oleh pasangan tentang gaya mengasuh kita. Anggap saja ini proses belajar bersama yang dimana tidak ada pihak paling benar dan paling ahli melakukannya. 

5. Mau bekerjasama dalam mengurus anak

5 Tips Berguna Ini Baiknya Dicatat Pasangan Muda Saat Baru Punya Anak!imdb.com

Bekerja sama dalam mengurus anak bukan sekadar sang ayah memenuhi tugas mencari rezeki dan ibu mengurus semua perlengkapan anak hingga rumah sendiri. Anak butuh perhatian dari kedua belah pihak secara khusus.

Lakukan bounding dengan anak dengan bergantian menggantikan popoknya, menidurkannya, memberi susu, mengajak bermain dan berbicara dengan mereka. Anak yang dibesarkan dengan pola asuh seperti ini kemungkinan besar tumbuh menjadi seorang yang penuh kasih sayang dan menuruti apa kata orang tuanya. 

Perasaan bahagia jadi orang tua baru gak ada duanya, tapi demi kebaikan bersama baik ayah dan ibu harus mengetahui hal apa saja yang harus dan tidak perlu dilakukan. Semoga tips-tips di atas tadi bisa membantu para orang tua baru ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengencangkan Kulit & Menguruskan Tubuh Setelah Melahirkan

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya