Comscore Tracker

7 Hal Penting Dilakukan Saat Ada yang Meninggal, Aset hingga Finansial

Kadang diremehkan, jangan sampai lupa

Kehilangan seseorang tentu suatu kondisi yang menyakitkan. Tak jarang banyak orang merasa terpukul dengan kepergian kerabat, kekasih, keluarga yang mereka sayangi.

Dilanda kesedihan terkadang membuat beberapa hal kecil terlupakan. Terlalu bersedih hingga menunda banyak hal. Meski sedang berduka, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan, lho. Berikut ulasannya:

1. Mengurus seluruh keperluan administratif pasca kematian

7 Hal Penting Dilakukan Saat Ada yang Meninggal, Aset hingga Finansialpexels.com/pixabay

Penting untuk tahu setiap proses administasi dan dokumen apa saja yang diperlukan. Kehadiran seseorang untuk mendampingi setiap proses itu sangat diperlukan, lho. Yang pasti, harus ada surat kematian dari rumah sakit, KTP, KK, surat pengantar dari RT/RW sehingga prosesi pemakaman bisa berlangsung.

Penting juga untuk mengurus surat kematian. Selengkapnya bisa cek disdukcapil daerahmu berada. Jangan menunda untuk mengurus surat atau akta kematian. Dari proses ini barulah kamu bisa lanjut untuk mengurus hal lainnya.

2. Cek apakah ada hutang yang belum terbayar

7 Hal Penting Dilakukan Saat Ada yang Meninggal, Aset hingga Finansialpexels.com/Karolina Gabrowska

Masalah keuangan sifatnya harus terbuka. Mengapa? Agar anggota keluarga atau orang yang ditinggalkan mengetahui hal finansial apa saja yang belum beres, termasuk hutang.

Misal, ketika ditinggalkan oleh keluarga kita perlu lho untuk cari tahu apakah ada hutang yang belum terbayar. Supaya tidak menjadi tanggungan yang berlarut, semua hutang dan tanggungan lain juga harus diselesaikan.

3. Mengubah status kepemilikan aset pada orang atau anggota keluarga yang ditinggalkan

7 Hal Penting Dilakukan Saat Ada yang Meninggal, Aset hingga Finansialpexels.com/Gustavo Fring

Selain akta kematian, hal penting lainnya adalah kamu perlu mengurus kepemilikan aset. Mungkin pasangan atau orangtua meninggalkan aset berupa rumah atau barang.

Jangan lupa untuk berdiskusi dengan anggota keluarga lain, jalan apa yang harus diambil. Mengubah status kepemilikan aset itu perlu, maka perlu diskusi pada siapa sajakah aset itu diserahkan.

4. Menutup asuransi atau memindahkan rekening

7 Hal Penting Dilakukan Saat Ada yang Meninggal, Aset hingga Finansialpexels.com/pixabay

Jangan lupa untuk memberitahu pihak bank, asuransi, ataupun kreditur yang bersangkutan. Cek terlebih dahulu apakah orang yang meninggal tersebut memiliki rekening, asuransi, atau kredit yang masih aktif.

Cari tahu juga prosedurnya seperti apa. Jika ingin ditutup atau pindah nama, pastikan bahwa tidak ada lagi santunan dana duka atau transaksi lain yang masuk.

Baca Juga: Gak Perlu Sedih dan Kepikiran, Kalau Teman Menjauhimu Karena 5 Hal Ini

5. Simpel tapi penting, buat salinan untuk semua dokumen apa pun

7 Hal Penting Dilakukan Saat Ada yang Meninggal, Aset hingga Finansialunsplash.com/@shyshkina

Nah, ini hal yang remeh namun sebenarnya penting, lho! Setiap dokumen yang kamu miliki sangat perlu digandakan. Harus punya cadangan, entah dalam bentuk fotokopi atau file scan. Yang pasti, seluruh dokumen harus dijaga dan dicadangkan.

Apabila ingin mengurus rekening, menutup klaim asuransi, atau keperluan lainnya terkadang memerlukan surat atau akta kematian. Karenanya, salinan dokumen apa pun harus banyak!

6. Kumpul dan simpan seluruh dokumen penting dalam suatu tempat atau brankas

7 Hal Penting Dilakukan Saat Ada yang Meninggal, Aset hingga Finansialpexels.com/pixabay

Selain disalin, dokumen-dokumen penting tersebut wajib hukumnya untuk disimpan dalam suatu tempat dan diketahui oleh keluarga lain. Agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak terduga padamu, orang lain pun dengan cepat tahu dan bisa mengelolanya.

Dokumennya apa saja? Apa pun seperti dokumen kematian, dokumen identitas, dokumen kepemilikan aset, dokumen terkait akun-akun finansial, dan lainnya.

7. Selalu belajar memahami bahwa untuk bangkit dan kembali normal itu butuh proses

7 Hal Penting Dilakukan Saat Ada yang Meninggal, Aset hingga Finansialhancinema.net

Mengurus segala keperluan administratif dan finansial memang sangat penting. Namun, ada yang gak kalah penting dan tak boleh terlupakan yaitu fase berduka.

Baru saja Sabtu (10/10/2020), dunia memperingati World Mental Heath Day. Sampai sekarang isu-isu terkait kesehatan mental masih jadi permasalahan serius. Maka untuk siapapun yang saat ini masih diliputi suasana duka, berduka itu wajar tapi ingat bahwa kita harus bangkit lagi untuk kembali menjalani hidup.

Ada waktu untuk berduka, terkadang diam adalah emas. Tidak perlu sibuk memberi penghiburan yang berlebih pada mereka yang berduka. Kehadiran saja sudah lebih dari cukup untuk sekadar mendampingi dan memberi support.

Baca Juga: Bikin Sedih! 9 Ilustrasi Ironi Kehidupan Manusia dan Teknologi

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya