Comscore Tracker

Traumatis, 5 Akibatnya kalau Anak Menyaksikan Pertengkaran Orangtua

Traumanya terbawa sampai dia dewasa kelak

Bicara tentang trauma, gak cuma orang dewasa saja yang bisa merasakannya, akan tetapi anak-anak pun juga bisa. Bahkan tidak sedikit orang yang mengalami suatu trauma yang membekas di dirinya dan terbawa hingga dia dewasa.

Salah satu hal yang bisa menjadi trauma bagi anak ialah jika ia menyaksikan orangtuanya bertengkar secara terus menerus, entah itu bertengkar dengan kata-kata ataupun dibarengi dengan kekerasan. Pertengkaran yang disaksikan anak bisa membuatnya tertekan dan traumatis hingga dewasa. Untuk lebih jelasnya bisa simak lima akibatnya di bawah ini. 

1. Menjadi trauma yang mendalam selama masa kecilnya

Traumatis, 5 Akibatnya kalau Anak Menyaksikan Pertengkaran Orangtuailustrasi anak menangis (pexels.com/Victoria Borodinova)

Banyak orangtua yang tidak paham tentang pentingnya menjaga mental anak sehingga dengan bebasnya bertengkar di depan anaknya sendiri. Padahal menyaksikan pertengkaran orangtua apalagi kalau sering, hal itu bisa menjadi trauma yang mendalam selama masa kecilnya, lho.

Orangtua mungkin tidak tahu bahwa anak yang melihat orangtuanya bertengkar akan diam-diam menangis dan mengurung diri di kamar. Hal itu akan terus teringat olehnya hingga dewasa dan membuat masa kecilnya menjadi tidak menyenangkan. 

2. Tertekan batin karena orangtua yang dia sayangi saling menyakiti

Traumatis, 5 Akibatnya kalau Anak Menyaksikan Pertengkaran Orangtuailustrasi kekerasan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Anak-anak tidak sepantasnya diperlihatkan suatu hal yang kasar dan penuh kekerasan karena itu akan berpengaruh pada mentalnya. Termasuk pertengkaran orangtua yang akibatnya bisa membuat anak tertekan batin ketika melihat orangtua yang ia sayangi malah saling menyakiti.

Entah itu saling menyakiti dari kata-kata ataupun secara fisik, keduanya akan membuat anak sedih. Dia jadi bingung dan kecewa karena orangtua yang mengajarkannya untuk jadi anak baik malah saling menyakiti. 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Anak Memergoki Orangtua Selingkuh

3. Membuatnya gak betah di rumah sampai dewasa

Traumatis, 5 Akibatnya kalau Anak Menyaksikan Pertengkaran Orangtuailustrasi teman (pexels.com/Cottonbro)

Anak yang sejak kecil disuguhi pertengkaran orangtua biasanya gak bakalan entah di rumah. Dan inilah akibatnya yang ketiga kalau anak melihat pertengkaran orangtuanya.

Ketika dia tidak mendapat ketenangan dan keharmonisan ketika di dalam rumah, maka ia akan mencarinya di luar. Entah itu dari teman-temannya atau dari pasangan, paling bahayanya kalau dia sampai salah pergaulan dan mengenal orang yang salah. 

4. Gambarannya tentang orang dewasa jadi tidak baik

Traumatis, 5 Akibatnya kalau Anak Menyaksikan Pertengkaran Orangtuailustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Bisa dibilang bahwa orangtua adalah idola pertama bagi seorang anak, yang dikagumi dan jadi panutan untuknya. Akan tetapi anak akan otomatis kecewa jika melihat orangtuanya bertengkar dengan buruk di depannya.

Ia tidak akan mengidolakan orangtuanya, bahkan pandangannya terhadap orang dewasa pun juga akan berubah dan membuatnya skeptis. Dia jadi berpikir bahwa orang dewasa tidaklah sebaik dan sebijak yang ia pikir. 

5. Memiliki mental yang lemah karena takut setiap kali menyaksikan pertengkaran orangtua

Traumatis, 5 Akibatnya kalau Anak Menyaksikan Pertengkaran Orangtuailustrasi anak (pexels.com/Cottonbro)

Akibatnya yang terakhir kalau anak melihat pertengkaran orangtuanya ialah anak akan cenderung memiliki mental lemah selama masa pertumbuhannya, bahkan mungkin sampai dewasa. Hal itu dikarenakan ia merasa takut setiap kali melihat orangtuanya bertengkar.

Bahkan tidak sedikit anak yang mengidap depresi sejak ia kecil karena tinggal di dalam keluarga broken home yang tidak harmonis. Disuguhin dengan pertengkaran hingga kekerasan setiap harinya tentu membuat siapa saja jadi lemah mental.

Kalau bertengkar dengan pasangan cobalah cari tempat sepi atau privasi. Karena kalau anak sampai menyaksikan orangtua bertengkar tentu hatinya sakit dan akibatnya bisa seperti lima poin tadi. 

Baca Juga: 5 Tanda yang Tunjukkan Anak sedang Stres, Orangtua Harus Tahu!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya