Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Anakmu Tumbuh Menjadi Pribadi yang Gak Egois

Anak yang gak egois tentu dididik dengan baik sejak kecil

Bicara tentang baik dan buruknya pribadi anak tentu gak lepas dari peran orangtua dalam mendidiknya, karena orangtua dan lingkunganlah yang berpengaruh besar dalam pembentukan anak, yang mana mendidik anak dengan baik adalah sesuatu yang susah-susah gampang.

Begitu pula jika ingin anakmu tumbuh menjadi pribadi yang gak egois, ada hal-hal yang membentuknya menjadi seperti itu. Nah, untuk mengetahui apa-apa saja itu simak pembahasannya di bawah ini ya!

1. Dibiasakan untuk berbagi dengan orang sekitarnya sejak kecil

5 Hal yang Membuat Anakmu Tumbuh Menjadi Pribadi yang Gak EgoisPexels.com/Gabby K

Hal pertama yang membuat anakmu tumbuh menjadi pribadi yang gak egois ialah jika sejak kecil dia dibiasakan berbagi dengan orang di sekitarnya. Entah itu dengan teman, saudara, kakak dan adik, atau bahkan dengan orangtua dan orang dewasa. Dengan terbiasa berbagi ia jadi gak kepikirkan untuk mementingkan ego sendiri.

2. Disayang tapi gak dimanja

5 Hal yang Membuat Anakmu Tumbuh Menjadi Pribadi yang Gak EgoisPexels.com/Elly Fairytale

Kemudian hal lainnya yang juga membuat anakmu tumbuh menjadi pribadi yang gak egois ialah jika dia disayang tetapi gak dimanja. Disayang dan dimanja itu dua hal yang berbeda, lho. Kalau disayang, dia dicintai namun diajarkan untuk mandiri serta diberi ketegasan. Berbeda dengan dimanja yang semua keinginannya dituruti sehingga membuatnya jadi bossy dan egois.

Baca Juga: Sibuk? Simak 5 Tips Mendampingi Anak Belajar untuk Orangtua Bekerja

3. Dia diajarkan untuk memikirkan perasaan orang lain

5 Hal yang Membuat Anakmu Tumbuh Menjadi Pribadi yang Gak EgoisPexels.com/Katerina Holmes

Hal ketiga yang membuat anakmu tumbuh menjadi pribadi yang gak egois adalah jika dia diajarkan untuk memikirkan perasaan orang lain sejak kecil. Gak boleh berbuat jahat sehingga membuat temannya sedih, hati-hati dalam berbicara supaya gak menyinggung orang dan yang lain-lainnya. Terbiasa memikirkan orang lain dan gak hanya tentang dirinya sendiri tentu membentuknya menjadi gak egois. Benar?

4. Diberi nasihat secara moral jika berbuat salah

5 Hal yang Membuat Anakmu Tumbuh Menjadi Pribadi yang Gak EgoisPexels.com/Cottonbro

Memberi anak pelajaran dan nasihat secara moral saat dia berbuat salah juga membentuk anak menjadi gak egois. Sebab kamu gak menghukumnya secara fisik, akan tetapi membuatnya paham bahwa kesalahannya bisa berdampak pada orang lain bahkan membuatmu kecewa. Seiring beranjak dewasa dia belajar untuk gak egois hanya memikirkan dirinya sendiri saja saat melakukan sesuatu.

5. Adanya perilaku saling memahami di dalam keluarga sehingga dia gak memiliki contoh orang yang egois

5 Hal yang Membuat Anakmu Tumbuh Menjadi Pribadi yang Gak EgoisPexels.com/Askar Abayev

Kelima, anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang gak egois tentu tak lepas dari keluarga dan lingkungannya yang menerapkan perilaku saling memahami dan memikirkan satu sama lain. Sebab hubungan yang sehat tentu akan menciptakan kepribadian yang baik dan sehat pula, jadi akan sangat baik jika kamu bisa membangun hubungan keluarga yang harmonis, sebab segala hal baik berasal dari sana.

Itulah tadi lima hal yang membentuk dan membuat anak tumbuh menjadi seorang yang v egois, sebab anak yang baik tentu dibentuk dari hal-hal baik. Benar?

Baca Juga: 5 Nutrisi Ini Bantu Mencegah Kondisi Stunting pada Anak

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya