Comscore Tracker

Jadi Penengah, Ini 5 Peran Penting Anak Tengah di dalam Keluarga

Anak tengah itu penyeimbang di dalam keluarga

Jika biasanya yang dibahas adalah anak sulung dan bungsu, maka kali ini kita akan membahas tentang anak tengah. Lahir di antara yang lebih tua dan muda, anak tengah biasanya tidak terlalu menonjol dan bisa dibilang sebagai penengah dalam hubungan keluarga.

Anak tengah biasanya jarang banget buat masalah, karena dia belajar dari kesalahan yang dilakukan kakaknya dan menjaga agar dirinya tidak menyusahkan sang adik. Bisa dibilang peranan anak tengah dalam keluarga itu banyak dan penting banget, beberapa contohnya ada dalam pembahasan berikut ini. Simak baik-baik, ya. 

1. Menjadi penengah jika terjadi konflik dalam keluarga

Jadi Penengah, Ini 5 Peran Penting Anak Tengah di dalam Keluargailustrasi bicara (pexels.com/SHVETS Production)

Entah itu konflik kecil atau besar, jika orangtua sudah kesulitan menengahinya maka anak tengah lah yang biasanya mengambil peran itu untuk menjadi penengah supaya suasana tidak semakin memanas.

Sebab di antara anak-anak lain, anak tengah biasanya yang paling bijak dan stabil. Sebab dari kecil ia sudah terbiasa bersikap netral sebab berada di tengah-tengah dan diapit oleh saudaranya. 

2. Menjaga hubungan antar saudara

Jadi Penengah, Ini 5 Peran Penting Anak Tengah di dalam Keluargailustrasi teman (pexels.com/Fauxels.com)

Jika si sulung dan bungsu sedang bertengkar maka anak tengahlah yang menengahi pertengkaran dan membuat mereka baikan. Intinya anak tengahlah yang biasanya menjaga ikatan saudara antara yang lebih tua dan muda, melakukan hal ini tidak mudah, lho. 

Baca Juga: 5 Ciri Anak Mengalami Middle Child Syndrome, Orangtua Jangan Abai!

3. Paling sering mengalah demi kakak dan adik

Jadi Penengah, Ini 5 Peran Penting Anak Tengah di dalam Keluargailustrasi bicara (pexels.com/Cottonbro)

Yang mana dengan sikapnya yang pengalah ia jadi menjaga kerukunan dengan saudaranya, meski terkadang harus memendam keinginannya sendiri. Pokoknya jarang banget anak tengah yang egois, keseringan malah menjadi yang paling berjasa untuk kemajuan kakak dan adiknya. 

4. Sosok penyokong di dalam keluarga jika terjadi suatu krisis

Jadi Penengah, Ini 5 Peran Penting Anak Tengah di dalam Keluargailustrasi sedih (pexels.com/Liza Summer)

Jika biasanya anak sulung yang menjadi tulang punggung keluarga, jika krisis yang terjadi terlalu parah dan tak bisa ditangani anak pertama maka dialah yang membantu menyokong keluarga. Entah itu sokongan dalam bentuk tenaga, atau juga biaya, pokoknya apapun akan dilakukan anak tengah demi menjaga keluarganya tetap aman. 

5. Mood booster di dalam keluarga

Jadi Penengah, Ini 5 Peran Penting Anak Tengah di dalam Keluargailustrasi bicara (pexels.com/Askar Abayev)

Terakhir dan yang seringkali terjadi ialah anak tengah menjadi sosok mood booster di dalam keluarga. Lebih peka daripada yang lain, dan dapat bersikap netral ketika di hadapkan berbagai keadaan, anak tengahlah yang biasanya menghidupkan suasana agar tetap nyaman dan menyenangkan. Makanya meskipun dirinya tidak begitu menonjol namun kehadirannya dalam keluarga sangatlah berarti.

Itulah tadi lima peranan penting yang biasanya dimiliki anak tengah dalam keluarga. Yang mana kehadiran dirinya merupakan sosok penyeimbang dan penengah. 

Baca Juga: 5 Suka Duka Menjadi Anak Tengah, Kadang Merasa Terasing Itu Wajar

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya