Comscore Tracker

5 Peran Seorang Kakak Ini Sebenarnya Berarti Banget Bagi Adik, lho

#IDNTimesLife Adik bisa banyak belajar dari sosok kakaknya

Bisa dibilang bahwa memiliki saudara seperti kakak dan adik merupakan suatu anugerah dalam hidup. Karena selain bisa menjadi sahabat bagi satu sama lain, juga sebagai sosok yang saling mengajari hingga dewasa kelak.

Baik kakak ataupun adik punya peran dan tanggung jawabnya sendiri di dalam keluarga, jadi jangan pernah menyesal jika kamu terlahir sebagai kakak, ya. Karena meskipun tanggung jawab dan bebannya besar, justru ada banyak hal darimu yang sangat berarti bagi adikmu. Contohnya seperti lima hal di bawah ini.

1. Mengajari adik hal-hal yang tidak dia tahu

5 Peran Seorang Kakak Ini Sebenarnya Berarti Banget Bagi Adik, lhoIlustrasi mengajar(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orangtua gak bisa selalu berada di sisinya, sehingga kamu yang merupakan kakaknyalah yang mengajarkannya hal-hal baru yang tidak dia ketahui sebelumnya. Mulai dari pelajaran sekolah, pergaulan, hingga hal penting dalam hidup.

2. Hadir di hari penting sang adik ketika orangtua sibuk

5 Peran Seorang Kakak Ini Sebenarnya Berarti Banget Bagi Adik, lhoIlustrasi kelulusan(pexels.com/Sharon McCutCheon)

Tidak semua orangtua memiliki waktu yang bebas dan fleksibel untuk dihabiskan bersama anak, sebagian besar orangtua menghabiskan waktunya di tempat kerja dan sibuk sepanjang hari demi menafkahi keluarga. Sehingga, kakaklah yang menggantikan sosok orangtua untuk menghadiri hari penting sang adik. Membuatnya tidak merasa sendiri karena kamu bersedia ada untuknya, hal sederhana seperti ini sangat berarti, lho.

Baca Juga: 5 Dampak Baik jika Terbiasa Saling Curhat dengan Kakak dan Adik

3. Membantunya menyelesaikan masalah

5 Peran Seorang Kakak Ini Sebenarnya Berarti Banget Bagi Adik, lhoIlustrasi diskusi(pexels.con/Armin Rimoldi)

 Dengan cara pengajaran yang mungkin lebih santai dan mudah dimengerti sang adik, dirinya jadi tahu dan belajar banyak hal untuk bisa seperti sang kakak. Makanya sering banget adik yang mengidolakan kakaknya sendiri karena dianggap hebat sebab selalu bisa membantu dan mengajarkannya hal penting.

4. Membantunya membangun rasa percaya diri

5 Peran Seorang Kakak Ini Sebenarnya Berarti Banget Bagi Adik, lhoIlustrasi percaya diri dan sukses(pexels.com/Gustavo Fring)

Orang terdekat bisa menjadi sumber rasa insecure, namun orang terdekat juga bisa menjadi sumber kekuatan dan dibangunnya rasa percaya diri seseorang. Seperti peran seorang kakak yang sangat penting dalam membangun rasa percaya diri sang adik. Mempunyai hubungan persaudaraan yang sehat dan saling support menjadi kunci dari hal ini.

5. Menjadi peneman terbaik hingga membuatnya tak pernah kesepian

5 Peran Seorang Kakak Ini Sebenarnya Berarti Banget Bagi Adik, lhoIlustrasi kakak adik(pexels.com/Cleyder Duque)

Kelima, peran seorang kakak lainnya yang sangat berarti bagi adik ialah kehadirannya sebagai peneman layaknya sahabat sehingga sang adik pun tak pernah kesepian. Orangtua sibuk, tetangga dan teman gak bisa selalu ada, maka kakaklah yang lebih banyak wkatu dalam menemaninya setiap hari. Apalagi kalau kakak dan adik tahu cara main bareng dan menghabiskan waktu dengan asyik, dijamin hidup akan terasa bahagia.

Menjadi seorang kakak mungkin berat, tapi juga harus ingat bahwa ada banyak peran dari seorang kakak yang justru sangat berarti bagi adik dan membahagiakannya.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Akrab dengan Saudara Pasangan, Jangan Caper!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya