Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Banyak-banyak Terbuka dan Jujur pada Orangtua

Karena orangtualah yang paling mengenalmu sebagai anaknya

Jika kamu memiliki sahabat dan orang-orang terdekat yang bisa kamu jadikan tempat berbagi, maka jangan lupakan pula sosok orangtua yang mestinya jadi orang pertama yang kamu beritahu. Karena selain keluarga, orangtua itu adalah orang yang sangat mengenalmu sebagai anaknya, merawat dan membesarkanmu dengan sepenuh hati.

Makanya gak salah bahwa penting banget untuk banyak-banyak terbuka pada orangtua, mengapa begitu? Berikut ini adalah lima alasannya.

1. Orangtualah yang banyak memahami tentang dirimu

5 Alasan Kamu Harus Banyak-banyak Terbuka dan Jujur pada OrangtuaPexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu ingin sharing dengan teman-teman dan memberitahu mereka tentang hal-hal yang kamu alami tentu itu adalah hak kamu, namun kamu juga harus ingat untuk terbuka pada orangtua. Sebab dibanding orang lain, merekalah yang sangat mengenal dirimu.

Ketika orang lain mungkin menghakimi dirimu, orangtua justru akan mencoba memahami dan berada di sampingmu.

2. Mempererat hubunganmu dengan mereka

5 Alasan Kamu Harus Banyak-banyak Terbuka dan Jujur pada OrangtuaPexels.com/Andrea Piacquadio

Kedua, alasan kuat mengapa kamu harus banyak terbuka dengan orangtua adalah karena penting banget untuk mempererat hubungan. Yang mana komunikasi antara kamu dan mereka jadi lebih baik, bisa saling berbagi cerita yang bikin ikatan hati semakin terjalin kuat. Hal ini bukan sesuatu yang remeh, lho.

Baca Juga: 5 Tips Bagi Kamu yang Sedang Berbakti Merawat Orangtua di Masa Tuanya

3. Keterbukaan membuat mereka jadi lebih bisa menjagamu

5 Alasan Kamu Harus Banyak-banyak Terbuka dan Jujur pada OrangtuaPexels.com/Julia M Cameron

Kemudian, dengan adanya keterbukaan dari dirimu membuat mereka sebagai orangtua jadi lebih tahu cara tepat untuk menjagamu. Supaya gak ada hubungan toxic dan keterpaksaan dalam hal menjaga yang membuat kamu malah jadi tertekan. Makanya penting banget kan?

4. Orangtua berhak tahu apa saja yang terjadi padamu

5 Alasan Kamu Harus Banyak-banyak Terbuka dan Jujur pada OrangtuaPexels.com/Cottonbro

Dan orangtua itu bisa dibilang mempunyai hak untuk tahu apa saja yang terjadi padamu. Kamu merupakan darah dagingnya, anak yang dibesarkan dengan tulus dan tanpa pamrih. Bukankah aneh jika kamu justru banyak menyembunyikan sesuatu mereka? Padahal merekalah yang mengajarkanmu banyak hal dulu.

5. Bagaimana mereka bisa tahu apa yang kamu inginkan kalau gak terbuka

5 Alasan Kamu Harus Banyak-banyak Terbuka dan Jujur pada OrangtuaPexels.com/Cottonbro

Kelima, bisa dikatakan bahwa alasan terakhir ini sangat logis, yaitu bagaimana bisa orangtua tahu dan mengerti apa yang kamu inginkan jika kamu sendiri tidak jujur dan terbuka? Entah itu bagaimana cara yang benar dalam memperlakukanmu, apa yang mengganggu pikiranmu, dan bagaimana kamu ingin mereka lebih mengerti tentang perasaanmu. Semua itu tidak akan bisa terwujud kalau kamu tidak terbuka dan banyak jujur.

Orangtua itu tempat pertama yang mestinya kita jadikan teman berbagi cerita, dan lima alasan di atas menjelaskan bahwa kamu harus banyak terbuka dan jujur pada orangtua demi kebaikanmu dan hubungan. 

Baca Juga: 5 Cara Bijak Hadapi Orangtua yang Sedang Marah, Bicarakan Baik-baik!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya