Comscore Tracker

Penting! 5 Alasan Logis Orangtua Semestinya Mendukung Keunikan Anak

Berbeda secara positif justru bisa jadi kelebihannya

Pembahasan yang satu ini mungkin bukan suatu hal yang asing lagi, bahwa para orangtua harus memahami bahwa semua anak itu berbeda dan punya keunikannya sendiri. Jadi sangat penting bagi orangtua untuk mendukung keunikan yang dimiliki anak agar dia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Lima alasan masuk akal di antaranya akan dibahas berikut ini, jadi simak baik-baik ya.

1. Unik dan berbeda itu bukan suatu hal yang salah 

Penting! 5 Alasan Logis Orangtua Semestinya Mendukung Keunikan AnakPexels.com/Polesie Toys

Alasan pertama mengapa orangtua semestinya mendukung keunikan yang dimiliki anak ialah karena menjadi pribadi yang unik dan berbeda itu bukan suatu hal yang salah selama masih dalam kategori positif. Anakmu bukan aneh, namun ia hanya berbeda dengan kebanyakan orang dan punya cara berpikir serta kepribadiannya sendiri.

2. Keunikan anak justru bisa menjadi bakat atau kelebihannya lho 

Penting! 5 Alasan Logis Orangtua Semestinya Mendukung Keunikan AnakPexels.com/Tatiana Syrikova

Lalu keunikan anak justru busa menjadi suatu bakat atau kelebihannya lho, makanya peran orangtua dalam memberikan dukungan itu sangat diperlukan. Supaya anak tidak stres ketika menemukan bahwa dirinya sosok yang unik, selain itu juga menjadi peluang baginya untuk sukses dengan jati dirinya itu.

3. Orangtua mestinya bangga seperti apa pun anaknya 

Penting! 5 Alasan Logis Orangtua Semestinya Mendukung Keunikan AnakPexels.com/Luis Quintero

Alasan logis lainnya adalah bukankah semestinya orangtua bangga seperti apa pun anaknya? Karena anak merupakan harta berharga orangtua, jadi segala hal yang ada pada diri anak mestinya bukan suatu hal yang memalukan dan patut diterima. Karena anak-anak yang memiliki sisi unik pada dirinya rata-rata akan stres jika orangtuanya tak menerima keunikannya itu.

Baca Juga: 7 Tips agar Anak Menuruti Nasihat Orangtua tanpa Rasa Terpaksa

4. Dukungan itu penting untuk perkembangan mental anak 

Penting! 5 Alasan Logis Orangtua Semestinya Mendukung Keunikan AnakPexels.com/Polina Zimmerman

Dukungan itu penting untuk perkembangan mental anak agar dia tidak merasa stres dini dengan keunikannya di banding orang lain. Sebab orangtua itu bukan hanya bertanggung jawab pada perkembangan fisik anak namun juga menjaga mentalnya dengan baik. Maka dari itu penting bagi orangtua untuk memberi dukungan agar anak lebih percaya diri dengan dirinya sendiri.

5. Justru bagus kalau anak berani berbeda dan unik 

Penting! 5 Alasan Logis Orangtua Semestinya Mendukung Keunikan AnakPexels.com/Victoria Borodinova

Orangtua juga mestinya mendukung keunikan anak karena justru sangat bagus jika dia berani menjadi berbeda dan percaya diri dengan keunikannya. Tugas orangtua adalah mendukung dan menjaga anak agar tidak mengarah ke hal negatif dan mencintainya dengan tulus. Jadi baik kamu sebagai orangtua dan anak pun sama-sama merasa bahagia.

Memiliki anak yang unik itu bukan suatu hal yang memalukan, anakmu tetaplah berharga dan berhak untuk mendapat dukungan dari orangtuanya. Jadi pahami lima alasan di atas dengan baik, ya.

Baca Juga: 5 Cara Jadi Anak yang Mandiri tanpa Jadi Bayang-bayang Orangtua

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya