Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Meminta Saran Orangtua saat Memilih Pasangan Hidup

Karena saran orangtua adalah yang terbaik

Bisa dibilang memilih pasangan hidup merupakan dilema dan fase puncak orang dewasa untuk menempuh hidup barunya. Termasuk dalam urusan pribadi seseorang yang gak bisa sembarangan ikut campur, akan tetapi beda ceritanya dengan orangtua.

Meski mungkin kamu bisa memilih pasangan hidup sendiri namun ada baiknya jika kamu juga meminta saran dan masukan dari orangtua. Beberapa alasannya pun akan kita bahas di bawah ini, jadi simak pembahasannya baik-baik ya.

1. Supaya mereka bisa memberimu gambaran tipe pasangan yang cocok denganmu

5 Alasan Pentingnya Meminta Saran Orangtua saat Memilih Pasangan HidupPexels.com/Edmond Dantes

Orangtua hidup bersamamu dalam jangka waktu yang lama, sosok yang konon paling tahu tentangmu yang merupakan anaknya. Maka dari itu gak ada salahnya menanyakan saran orangtua perihal pasangan hidup karena mungkin saja mereka bisa memberikan gambaran tipe pasangan yang cocok denganmu. 

2. Menghindari ketidak hati-hatian jika hanya berpatokan pada pilihan sendiri

5 Alasan Pentingnya Meminta Saran Orangtua saat Memilih Pasangan HidupPexels.com/Ba Tik

Ketika orang jatuh cinta dan kasmaran jarang sekali tetap stabil logikanya dalam berpikir, maka dari itu meminta saran dari orangtua dapat menjagamu untuk tetap logis dan realistis. Menghindari ketidak hati-hatian gara-gara cinta, karena kalau sampai salah pilih menyesalnya justru seumur hidup.

Baca Juga: Sering Gak Disadari, 8 Kelakuan Ini Ternyata Bikin Orangtua Sakit Hati

3. Tentunya mereka sudah lebih pengalaman dan bisa memberi masukan yang baik

5 Alasan Pentingnya Meminta Saran Orangtua saat Memilih Pasangan HidupPexels.com/Gustavo Fring

Gak ada salahnya bagimu untuk menanyakan saran orangtua mengenai pasangan hidup, karena tentu saja mereka sudah berpengalaman dan mungkin bisa memberimu saran yang bijak. Mereka telah mengalami banyak hal terkait pasangan hidup dan pernikahan, jadi ambillah pelajaran dari pengalaman mereka ya.

4. Agar kamu gak dibutakan oleh cinta dan bisa berpikir logis dengan adanya masukan orangtua

5 Alasan Pentingnya Meminta Saran Orangtua saat Memilih Pasangan HidupPexels.com/Ketut Subiyanto

Alasan keempat mengapa penting bagimu meminta saran orangtua dalam memilih pasangan hidup ialah agar mereka menjagamu tetap logis. Memberitahumu seperti apa pasangan yang baik dan yang tidak, sebab cinta bisa membutakan seseorang dan membuatnya ceroboh dalam memilih.

5. Sebab pasanganmu akan menjadi bagian keluarga juga, jadi gak ada salahnya meminta saran orangtua

5 Alasan Pentingnya Meminta Saran Orangtua saat Memilih Pasangan HidupPexels.com/Cottonbro

Siapapun yang menjadi pasangan hidupmu kelak maka dia juga akan menjadi bagian dari keluargamu, maka dari itu gak ada salahnya meminta saran orangtua. Supaya kamu juga tahu tipe orang seperti apa yang mereka restui dan sukai untuk menjadi teman hidupmu. Karena jangan sampai kamu membuat pilihan sendiri namun berakhir tak direstui oleh mereka.

Pokoknya, baik itu pernikahan maupun pasangan hidup diskusikanlah dengan orangtua dan libatkan mereka sewajarnya. Karena meskipun kamu punya pendapat dan pilihan sendiri, mungkin saja saran dari mereka justru baik untukmu.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Membuatmu Menjadi Pasangan Gak Tergantikan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya