Comscore Tracker

5 Alasan Orangtua Harus Rajin Menanyakan Anak Soal Harinya di Sekolah 

Agar orangtua tahu apa saja yang dialami anak di sekolah

Bicara soal parenting, banyak para orangtua salah kaprah bahwa ia bisa lepas tangan ketika anak pergi sekolah dengan pikiran bahwa sang anak akan dijaga oleh gurunya. Padahal sebenarnya tetap ada peran orangtua perihal sekolah anak lho, salah satunya ialah rajin menanyakan tentang hari yang dilalui anak di sekolah.

Tidak boleh acuh, dan sangat penting bagi orangtua untuk tahu apa saja yang dialami anak. Lima alasan di antaranya pun akan dibahas di bawah ini, yuk simak!

1. Agar tahu perkembangan anak di sekolah 

5 Alasan Orangtua Harus Rajin Menanyakan Anak Soal Harinya di Sekolah Pexels.com/Arthur Krijghman

Pertama, perlunya bagi orangtua untuk menanyakan bagaimana hari sang anak selama di sekolah ialah agar tahu bagaimana perkembangannya. Seperti apa-apa saja yang ia pelajari, sudah sampai mana pemahaman atau pengetahuannya. Jangan sampai sebagai orangtua kamu malah tidak tahu tingkat perkembangan anak sendiri.

2. Kamu jadi tahu apa saja yang ia alami  

5 Alasan Orangtua Harus Rajin Menanyakan Anak Soal Harinya di Sekolah Pexels.com/Ketut Subiyanto

Hal ini penting dilakukan bagi para orangtua karena kalau menanyakannya kamu bakal tahu apa saja yang anak alami selama di sekolah. Mungkin tentang hubungan pertemanannya, atau kejadian-kejadian tak terduga yang ia alami. Hal seperti ini justru bisa menjadi obrolan seru bersama anak, lho.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif yang Terjadi Ketika Anak Tidak Dekat dengan Orangtua

3. Cara tepat mengembangkan komunikasi yang sehat 

5 Alasan Orangtua Harus Rajin Menanyakan Anak Soal Harinya di Sekolah Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian jangan lupakan juga kalau hal ini bisa menjadi salah satu cara tepat untuk mengembangkan komunikasi bersama anak. Jadi komunikasi antara orangtua dan anak tidak hanya sebatas asuhan selama di rumah, namun juga tentang sekolahnya dan bagaimana ia beradaptasi di sana.

4. Adanya pengertian yang dibangun dengan anak 

5 Alasan Orangtua Harus Rajin Menanyakan Anak Soal Harinya di Sekolah Pexels.com/Cottonbro

Keempat, dengan rajin menanyakan hari anak selama di sekolah para orangtua juga bisa membangun pengertian  dengan anak. Karena sering ngobrol bareng tentang sekolah, kamu jadi pelajaran apa yang paling ia sukai dan tidak suka. Jadi di masa depan tidak akan memaksakan kehendak hingga membuat anak menekuni hal yang tidak ia suka.

5. Supaya anak tidak memendam ketakutan atau trauma  

5 Alasan Orangtua Harus Rajin Menanyakan Anak Soal Harinya di Sekolah Pexels.com/Ketut Subiyanto

Terakhir di urutan kelima, alasan mengapa orangtua harus rajin menanyakan anak selama di sekolah ialah supaya anak tidak memendam ketakutan atau trauma sendirian. Ada orangtua yang bisa menjadi tempat berbagi cerita, karena siapa tahu dia mengalami bullying atau perlakuan buruk saat di sekolah.

Dari lima alasan di atas kita mengetahui bahwa meskipun terkesan sepele, namun sangat penting bagi para orangtua untuk menanyakan hari anak selama di sekolah. 

Baca Juga: 6 Sikap Orangtua yang Berbahaya untuk Kepribadian Anak

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya