Comscore Tracker

5 Alasannya Membebaskan Bakat Anak Justru Lebih Baik

Biar anak merasa lebih senang dan bebas mengembangkan diri

Bicara soal orangtua dan anak, semua orangtua pastinya ingin dan sangat senang jika mempunyai anak yang berbakat pada bidang tertentu. Akan tetapi kebanyakan orangtua tidak tahu bagaimana cara mengarahkan anak sehingga malah mengatur anaknya untuk mengikuti keinginannya. Padahal tugas orangtua hanyalah mendukung yang terbaik untuk anak.

Jadi daripada mengatur-atur anak, justru akan lebih baik jika kamu membebaskannya untuk mengembangkan bakat yang ia sukai. Lima alasan di antaranya pun ada dalam pembahasan di bawah ini, simak penjelasannya dengan baik ya.

1. Anak jadi gak tertekan dalam mengembangkan kemampuannya 

5 Alasannya Membebaskan Bakat Anak Justru Lebih BaikPexels.com/Gustavo Fring

Alasan utama mengapa membebaskan bakat anak justru lebih baik daripada mengatur-aturnya ialah demi menghindari anak dari rasa tertekan. Karena kalau orangtua membebaskannya dalam memilih dan mengembangkan bakat tentu saja dia jadi lebih leluasa untuk mengembangkan kemampuannya sendiri, kan? Sebab tidak ada tuntutan orangtua yang harus ia penuhi.

2. Hidupnya jadi terasa bahagia dengan kebebasan yang kamu beri 

5 Alasannya Membebaskan Bakat Anak Justru Lebih BaikPexels.com/Cottonbro

Percaya atau tidak, sebagai orangtua kamu harusnya tahu bahwa anak justru akan merasa hidupnya bahagia jika diberi kebebasan. Meski tidak sepenuhnya membebaskan karena kamu tetap mengawasinya agar dijalan yang positif, setidaknya dia bebas untuk memilih bakat dan passionnya sendiri.

3. Tugas orangtua hanyalah mengarahkan dan mendukung pilihan terbaiknya 

5 Alasannya Membebaskan Bakat Anak Justru Lebih BaikPexels.com/Andrea Piacquadio

Bicara tentang bakat anak, sebagai orangtua seharusnya kamu sadar bahwa tugas utama orangtua ialah mendukung pilihan terbaik bagi anak. Bukan menuntut atau mengaturnya untuk memiliki bakat seperti apa. Jadi bebaskan saja dia mengembangkan diri sendiri dan beri dia dukungan yang dibutuhkan agar pertumbuhannya maksimal.

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Menunjukkan Bakti ke Orangtua Setelah Kamu Menikah

4. Anak bukan boneka, jadi jangan diatur 

5 Alasannya Membebaskan Bakat Anak Justru Lebih BaikPexels.com/Ketut Subiyanto

Pada dasarnya mengatur anak terutama perihal bakat tidaklah baik untuk dilakukan karena anak bukanlah boneka, jadi jangan diatur terlalu ketat. Cukup beri dia kebebasan dan arahkan dia untuk tetap berada pada hal yang positif. Dengan begitu anak pun bisa lebih menikmati hidupnya dengan melakukan apa yang ia mau.

5. Bakat dan passion-nya justru berkembang maksimal jika kamu bebaskan

5 Alasannya Membebaskan Bakat Anak Justru Lebih BaikPexels.com/Cottonbro

Kemudian alasan yang kelima ialah karena bakat dan passionnya justru akan jauh lebih berkembang dengan maksimal jika kamu memberi anak ruang dan kebebasan. Selain itu dia juga akan bertanggung jawab terhadap pilihannya sendiri, berjuang mengembangkan bakat dengan dukungan yang kamu berikan. Hal ini justru lebih berharga dibanding dirinya yang hanya mengikuti keinginan orangtua.

Memahami lima alasan di atas tentu kamu menyadari bahwa membesarkan anak, terutama membuatnya berkembang dengan bakat yang dimiliki harusnya dengan mendukungnya dengan tulus serta memberi dia kebebasan. Bukankah begitu?

Baca Juga: Bukan dengan Materi, Ini 6 Cara Sederhana Membuat Orangtua Bangga

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya