Comscore Tracker

5 Basic Manners yang Akan Membentuk Kepribadian Baik pada Anakmu 

Sederhana namun sangat mempengaruhi kepribadian anak 

Setiap orangtua yang memiliki anak pasti memikirkan banyak hal perihal tumbuh kembang anak di masa depan. Mulai dari jaminan pendidikannya, menjaga kesehatan, hingga apa yang harus dilakukan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Membentuk kepribadian anak dengan tepat memang perlu waktu dan banyak usaha, namun ada beberapa basic manners yang konon dapat membentuk kepribadian baik pada anakmu jika ia memilikinya.Simak pembahasan di bawah ini jika kamu ingin tahu lebih jelasnya, ya!

1. Masuk ke rumah orang jika sudah dipersilakan

5 Basic Manners yang Akan Membentuk Kepribadian Baik pada Anakmu Pexels.com/Mentatdgt

Basic manners yang berpengaruh dan membentuk kepribadian anakmu dengan baik ialah jika ia terbiasa untuk masuk ke rumah orang lain jika sudah dipersilakan. Meskipun terlihat sangat sepele, namun ini sangat berdampak besar hingga ia dewasa. Ia jadi paham bahwa selain di rumahnya sendiri dia tidak bisa bersikap sembarangan, dan memang hal ini adalah dasar dari kesopanan.

2. Meminta maaf jika melakukan kesalahan 

5 Basic Manners yang Akan Membentuk Kepribadian Baik pada Anakmu Pexels.com/Matthias Zomer

Ajarkanlah anak untuk meminta maaf ketika ia melakukan kesalahan, jangan membela dan biarkan dia tahu bahwa perbuatannya itu salah. Jadi ketika anakmu sudah terbiasa melakukannya dan paham bahwa meminta maaf itu penting maka ia pun akan tumbuh menjadi pribadi yang bisa menghargai orang lain dengan baik. Tidak asal menyakiti hati orang dan tidak sombong.

Baca Juga: Doa Agar Jadi Anak Saleh, Ini 10 Ide Nama Anak Islami buat Buah Hatimu

3. Membuang sampah pada tempatnya 

5 Basic Manners yang Akan Membentuk Kepribadian Baik pada Anakmu Pexels.com/Polina Tankilevitch

Tata krama dasar lainnya yang membentuk kepribadian baik dalam diri anakmu ialah membuang sampah pada tempatnya. Kebersihan bisa dibilang sangat mencerminkan kepribadian seseorang, dan jika sejak kecil ia sudah diajarkan untuk menjaga kebersihan dan tidak buang sampah sembarangan itu bisa jadi poin plus untuk dirinya. Ia merasa bertanggung jawab bahkan pada hal kecil seperti sampah.

4. Mendahulukan orang yang lebih tua 

5 Basic Manners yang Akan Membentuk Kepribadian Baik pada Anakmu Pexels.com/Zydeaosika

Basic manners lainnya yang juga berpengaruh baik pada kepribadian anak ialah dengan mengajarkannya untuk mendahulukan yang lebih tua. Contohnya seperti memberi tempat duduk bagi orang tua, atau mendahulukan orang yang lebih tua untuk menyelesaikan urusan dan bersedia mengalah dan menunggu.

5. Menggunakan tata bahasa yang sopan dan enak didengar 

5 Basic Manners yang Akan Membentuk Kepribadian Baik pada Anakmu Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kelima, menggunakan tata bahasa yang sopan dan enak didengar. Manners atau tata krama dasar ini sangat penting untuk dimiliki anak, sebab hal ini menjadi modal utama baginya ketika keluar rumah dan bertemu dengan banyak orang. Orangtua dan keluarga bisa dibilang berperan besar dalam hal ini karena anak pertama kali mempelajarinya dari rumah.

Intinya jika ingin anak tumbuh menjadi pribadi yang baik, maka buatlah ia paham dan menanamkan basic manners dalam dirinya, sebab hal ini sangat berpengaruh bahkan lebih dari yang kita kira.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Orangtua Lakukan untuk Mendukung Bakat Anak 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya